ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Siapakah Orang yang Dirindukan Surga

03 October 2020 20:49:53
Siapakah Orang yang Dirindukan Surga
Siapakah Orang yang Dirindukan Surga

ChanelMuslim.com - Ustadzah Dra. Hj Nani Handayani menjelaskan dalam tafsir Surat Al Mukminun seperti apa orang yang dirindukan surga. Seorang yang dirindukan surga adalah orang yang beriman, yaitu orang yang melibatkan semua aktivitasnya karena Allah swt.

Manusia hidup untuk mengabdikan segenap jiwa, raga, perasaan, pikiran, dan hatinya kepada Allah Swt dan perintah-Nya.

“Ayat pertama Qad aflahal-mu’minun, sungguh beruntung orang-orang beriman (siapa itu orang beriman? Orang beriman itu orang yang yakin kepada Allah, yang melibatkan apapun aktivitasnya karena Allah. Kenapa demikian, karena bisa menjadi hamba Allah yang terbaik, semuanya untuk Allah inilah orang yang senantiasa melibatkan dirinya yang dirindukan Allah. Maka kita akan melihat Qad aflahal-mu’minun itu adalah senantiasa apapun yang dia lakukan ‘Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil alamin’ adalah yang mengandung arti "Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam,” ungkap Ustazah Hani Handayani.

Ustazah Hj. Nani Handayani yang kerap mengisi kajian-kajian keagamaan di berbagai acara televisi ini menceritakan bagaimana Allah menciptakan surga dengan sangat indah dan diliputi berbagai macam kenikmatan luar biasa, kemudian Allah memanggil malaikat, lalu malaikat pun terpesona melihat begitu indahnya surga ciptaan Allah swt.

“Seandainya, kata Allah swt, aku beritahu manusia bahwa yang aku ciptakan ini surga begitu nikmat dan bagusnya kira-kira manusia itu mau enggak ya masuk surga?

Malaikat menjawab, wahai Allah seandainya manusia kau beritahu tentang begitu nikmatnya surga, mereka pasti akan berlomba-lomba untuk masuk surga, karena semua nikmat akan didapatkan di sana,” katanya.

Dalam kajian tersebut, dijelaskan bahwa untuk meraih surga itu tidak mudah. Penduduk surga adalah orang-orang yang diuji dengan berbagai perjuangan dan orang-orang yang rela berkorban tanpa pamrih kecuali cinta Robb mereka.

“Maka Allah swt berfirman, durga aku lingkari dengan hal-hal yang tidak enak, untuk masuk surga itu capek, harus sabar, karena surga hanya untuk orang yang bersungguh-sungguh, hanya untuk orang yang berkorban. Tidak ada masuk surga gratis, maka untuk itulah Allah menciptakan surga yang begitu nikmat dengan ikatan-ikatan yang begitu banyak dan dengan bermacam-macam pintu. Ada pintu khusus masuk surga yang disebut babun rayyah (pintu ar rayah),” ungkapnya.

Kemudian jika ingin masuk surga, maka mintalah kepada Allah karena nikmat surga bersifat kekal. Dari semua kenikmatan tersebut, nikmat ini yang paling tinggi yang akan dirasakan penghuni surga.

Rasulullah Saw bersabda, hendaklah kamu kalau ingin masuk surga, mintalah kepada Allah, masuk surga itu minimal 3 kali setelah beraqidah, beriman, tidak syirik, tidak menyekutukan Allah, maka ucapkanlah satu kalimat permintaan kepada Allah. Beliau membaca ayat Alquran, “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu surga, dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka."

“Maka Allah akan berikan ampunan kepada kita, dan Allah akan berikan surga kepada kita, apalagi orang-orang yang dirindukan surga, yaitu orang-orang yang yang khusyuk dalam shalatnya, maka inilah orang-orang dirindukan Allah,” ungkapnya.

Selanjutnya orang-orang yang dirindukan surga adalah orang-orang yang meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya, dan yang paling utama orang yang dirindukan surga adalah ketika Allah berikan rezeki, ia tunaikan zakatnya, tidak melampaui batas, dan ia menjaga kemaluannya.

Ustadzah Nani Handayani mengatakan bahwa perlu diketahui tujuan hidup manusia di dunia ini, maka siapakah orang yang dirindukan surga? Tentu ialah orang yang memelihara shalatnya, menunaikan amanat dan janjinya, manusia pernah berjanji ketika ditanya di dalam ruh ibunya, ketika kita masih berbentuk ruh dalam rahim ibu, apakah kamu mengakui bahwa Allah adalah penciptamu?

“Kita ini diciptakan oleh Allah tujuannya adalah untuk beribadah kepada Allah, melaksanakan semua aktivitasnya semata-mata untuk mencari ridho Allah swt, maka tujuan kita agar dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga,” tutupnya.

PD Salimah (Pimpinan Daerah) Kota Bekasi menggelar Kajian Online [email protected] yang mengangkat tema “Orang yang Dirindukan Surga” digelar lewat aplikasi Zoom pada Sabtu (03/10/2020).

Kajian online tafsir Surat Al Mukminun ini menghadirkan Ustazah Dra. Hj. Nani Handayani. Kajian ini diakses oleh muslimah-muslimah yang menyimak kajian secara live di Youtube Salimah maupun melalui Zoom.

Ketua PD (Pimpinan Daerah) Salimah kota Bekasi Hj. Atiek Sulistyowati, S.H. menjelaskan program-program Salimah yang sudah dijalankan, meminta doa dan bantuan agar Salimah bisa mewujudkan wakaf Alquran dan wakaf Baitul Quran.

“Salimah adalah ormas yang mempunyai dedikasi yang tinggi, dan mencari ridha Allah swt dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. Alhamdulillah, termasuk pada tahun 2019 ini, Salimah sudah menyalurkan wakaf Alquran ke pelosok dengan jumlah 4500 Alquran. Salimah juga akan mewakafkan kembali Alquran ini yang akan kita salurkan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah,” ujar Atiek.[ind/Walidah]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
siapakah orang yang dirindukan surga
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
27 June 2020 06:40:46

Berlebihan dalam Beragama Sumber Kerusakan

 
KHAZANAH
01 February 2020 08:00:01

Percaya pada Kesetiaan Pasangan

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284