ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 09 Agustus 2020 | 20 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Meneladani Cara Tarbiyah Nabi Ibrahim kepada Istri dan Anaknya

01 August 2020 08:09:52
Ustazah Aan Rohanah, akhlak mulia keluarga, Keluarga Muslim, , suami istri, , parenting suami, meneladani cara Tarbiyah nabi Ibrahim
Ilustrasi (source: booking.com)

Oleh: Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

ChanelMuslim.com - Seorang suami sebagai pemimpin (qawwam) bertanggung jawab untuk mentarbiyah (mendidik / membina) dan menjaga istri dan anak agar mereka hidup lurus dalam ketaatan kepada nilai-nilai agama dan terhindar dari kemaksiatan sehingga mereka selamat dan bahagia bersama-sama di dunia dan di akhirat.

Untuk bisa menghasilkan tarbiyah suami kepada istri dan anak dengan sebaik-baiknya sehingga istri bisa menjadi ibu shalihah yang bisa diajak bekerjasama berkorban untuk keberhasilan yang besar dalam pendidikan anak dan anakpun mudah untuk diarahkan pada pencapaian visi keluarga maka para suami harus belajar kepada cara tarbiyah Nabi Ibrahim sebagai mana yang sudah dikisahkan oleh alquran, yaitu:

1. Mendidik istri dan anak untuk beriman dengan yakin dan kokoh kepada Allah Subhanallahu Wa Taala sehingga suami harus menjadi teladan dalam keimanan kepada Allah (16:120).

Maka mereka mempersembahlan hidup ini untuk taat kepada Allah dan mencari ridha Nya.

2. Mendidik istri dan anak untuk bertawakkal kepada Allah sehingga bisa menjalani hidup dengan usaha yang maksimal kemudian pasrah kepada kebaikan dan kekuasaan Allah, maka mereka bisa hidup dengan damai tidak setres (14 : 37).

3. Suami harus menjadi teladan dalam segala kebaikan agar pendidikan suami kepada istri dan anak bisa berjalan dengan efektif tidak sia-sia (60 :4).

4. Mencintai istri dan anak karena Allah sehingga selalu mengutamakan perintah Allah dan melaksanakan tanggung jawab kepada mereka karena Allah.

5. Membangun kedekatan anak kepada Allah sehingga menjadi anak yang rajin beribadah kepadaNya (14 : 40).

6. Mengajak anak untuk bersama-sama beramal shaleh sehingga ada banyak kesempatan bagi anak untuk dekat dengan ayah dan banyak belajar kepada ayah serta bisa meneladani kebaikan-kebaikannya (2: 127)

7. Menjalin komunikasi yang baik dengan istri dan anak sehingga sering berdialog dengan mereka dalam berbagai urusan (37 : 102).

8. Banyak berdoa kepada Allah untuk kebaikan istri dan anak (2 : 127 - 129) (14 : 37).

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc. M.Ag di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak.[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
akhlak mulia keluarga
keluarga muslim
suami istri
parenting suami
meneladani cara tarbiyah nabi ibrahim
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
10 February 2020 16:35:01

Anak-anak yang Dekat dengan Alquran

 
KHAZANAH
28 March 2020 23:27:51

Membantu dalam Masa Wabah Penyakit

 
KHAZANAH
02 February 2020 11:00:02

Posisi Imam Wanita dalam Shalat Berjamaah

 
KHAZANAH
13 January 2019 21:22:41

Renungan Hikmah dari Seorang Ulama Hatim al-A'sham

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga