ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 20 Oktober 2019 | 21 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Makna Hijrah Menurut KH Didin Hafidhuddin

29 August 2019 20:13:54
Tahun Baru Hijriyah
KH Didin Hafidhuddin, foto: Riaumandiri.co

ChanelMuslim.com- Banyak hikmah yang bisa digali dari momen tahun baru Hijriyah. Selain sebagai waktu yang pas untuk introspeksi diri sebagai muslim yang tidak lepas dari insan sosial, awal tahun Hijriyah juga bisa dijadikan titik tolak untuk melakukan perubahan diri.

Seperti apa di antara perubahan yang bisa dilakukan. Dua tokoh pendidik Islam berikut ini mungkin bisa diserap gagasannya. Hal tersebut beliau sampaikan di momen pergantian tahun Hijriyah seperti dilansir Republika.co.id, pada beberapa waktu lalu.

Cendekiawan Muslim yang juga Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr KH Didin Hafidhuddin mengungkapkan, Tahun Baru Hijriyah bagi umat Islam mempunyai makna yang sangat dalam dan strategis.

''Yaitu, agar umat Islam berhijrah, meninggalkan perbuatan-perbuatan yang buruk, yang tidak ada manfaatnya dan diganti dengan perbuatan-perbuatan yang produktif, yang dampak positifnya sengat besar bagi umat dan bangsa,'' ungkap kiai Didin.

Lebih lanjut, mantan ketua umum Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ini menjelaskan, agar umat Islam meninggalkan kebiasaan ghibah dan diganti dengan tabayyun, agar umat Islam meninggalkan kebiasaan malas dan diganti dengan sikap aktif dan produktif.

''Hadirnya Tahun Baru Hijriyah juga hendaknya umat Islam meninggalkan kebiasaan makshiyat dan diganti dengan kebiasaan ketaatan, meninggalkan kebiasaan merokok dan membuang uang secara mubazir diganti dengan kebiasaan berinfak dan yang lainnya,'' ujar kiai Didin.

Hal senada diungkapkan praktisi pendidikan, Dr Hasan Basri Tanjung MA. Ketika memberi taushiyah pada acara Semarak Muharram yang digelar di halaman Masjid Riyadlush Shalihin Parung. Hasan Basri menjelaskan, makna hijrah itu adalah bergerak.

''Kita harus hijrah dari kemusyrikan menuju ketauhidan, kita juga harus hijrah dan kemalasan menuju sungguh-sungguh dan kita harus hijrah dari kemiskinan menuju kekayaan,'' ungkap dosen Universitas Djuanda (Unida) Bogor ini. (Mh)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tahun baru hijriyah
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
01 September 2018 07:16:24

Seribu Satu Keistimewaan Wanita di Balik Keterbatasannya

 
KHAZANAH
13 August 2017 10:38:32

Beginilah Visi Nazmuddin Ayub dalam Mencari Jodoh

 
KHAZANAH
16 February 2019 08:28:56

Kena Gangguan Setan, Seperti Ini Cara Ruqyah Mandiri

 
KHAZANAH
08 June 2018 21:32:51

Alquran Menjawab Tantangan Musuh-musuh Islam

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284