ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 02 Desember 2020 | 17 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Hikmah Islam Melarang Pelihara Anjing dalam Rumah

08 August 2017 08:26:11
Hikmah Islam Melarang Pelihara Anjing dalam Rumah

ChanelMuslim.com- Musibah seorang anak perempuan 8 tahun di Malang Jatim yang tewas digigit anjing peliharaannya, mengingatkan kita tentang hikmah Islam melarang pelihara anjing. Selain untuk menjaga tanaman dari hewan dan untuk berburu, Islam mengharamkan seorang muslim memelihara anjing.

Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa memanfaatkan anjing selain untuk menjaga hewan ternak, anjing untuk berburu, atau anjing yang disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth.” (HR. Muslim)

Selain itu, ada hikmah lain yang baru saat ini dipahami manusia kenapa Islam melarang anjing dipelihara dalam rumah. Yaitu, adanya beberapa jenis cacing dari tubuh anjing yang sangat berbahaya untuk manusia. Antara lain.

1. Cacing Dibeld Cuninam. Cacing yang banyak dalam perut anjing ini bisa mengakibatkan kerusakan pada pencernaan, pankreas, kantong empedu, dan radang prostat.

2. Cacing Miletbisip. Telur cacing ini akan keluar bersama kotoran anjing. Jika berpindah ke manusia akan membentuk kantong pada otak, sehingga terjadinya kerusakan pada otak seperti hilangnya keseimbangan tubuh.

3. Cacing pita taenia akenoks. Cacing ini begitu banyak terdapat pada dubur anjing. Biasanya anjing akan memindahkan cacing dengan moncongnya dengan maksud untuk membersihkan. Cacing yang akhirnya berkumpul di moncong ini jika berpindah ke manusia melalui liur atau bersentuhan dengan moncong anjing akan mengakibatkan penyakit hepatitis.

Itulah hikmah kenapa Rasulullah saw. mengajarkan untuk mencuci tubuh atau benda yang tersentuh anjing dengan mencuci 7 kali dan salah satunya dengan tanah, agar cacing yang terlanjur melekat di tubuh manusia bisa bersih total. (Mh/foto: surya.co.id)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
01 December 2018 21:41:23

Menjaga Spirit 212

 
KHAZANAH
04 May 2020 19:24:24

Ayat-ayat Tentang Prasangka

 
KHAZANAH
11 February 2020 07:15:01

Selamatkan Kebahagiaan Keluarga Kita

 
KHAZANAH
17 July 2020 10:00:01

Tabah

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284