ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Fitnah Syahwat Dunia

16 July 2019 21:11:51
Fitnah Syahwat Dunia
Foto: Prestige Digital

oleh: Muhammad Fauzil Adhim

ChanelMuslim.com - Aku menatap diriku sendiri. Termangu merenungi perjalanan yang berlalu; dari diriku dan orang-orang yang telah lalu. Betapa banyak yang lebih berilmu, perjuangannya pun mengharu biru, tetapi runtuh wibawa hilang muru’ah dakwahnya ketika hatinya telah gemetar di hadapan gemerincing dinar. Ketika dunia telah bertahta di hati, maka saudara seperjuangan dalam dakwah pun mudah dilupa, bahkan idealisme yang ia perjuangkan bisa bertukar. Boleh jadi masih disebut, tetapi hambar terasa.

Sungguh, fitnah yang menjadikan seorang ‘alim kehilangan ketajaman ‘ilmunya ialah syahwat terhadap dunia. Bermula darinya berubah cara bicaranya, berubah pula cara ia berbusana hingga akhirnya pada perilaku khasnya.

Seseorang yang terjatuh karena syahwat terhadap dunia boleh jadi ia berlimpah dunia, boleh jadi terjauh darinya. Sebagaimana ada orang yang menggenggam dunia, sementara hatinya sepi dari hasrat terhadapnya.

Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً وَإِنَّ فِتْنَةَ أُمَّتِي الْمَالُ

.

“Sesungguhnya masing-masing ummat itu ada fitnahnya dan fitnah bagi ummatku adalah harta.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Fitnah ini dapat menimpa orang-orang awam, tetapi yang lebih mengkhawatirkan apabila menimpa orang-orang yang mengemban amanah dakwah. Dan kelak akan ada masa ketika manusia berlomba-lomba menjadi penceramah, tetapi yang benar-benar memahami agama ini (fuqaha) semakin sedikit.

Termenung aku mengingati kembali sabda Rasulullah shallaLlahu ‘alaihi wa sallam seraya memandangi diriku sendiri:

فَوَاللَّهِ مَا الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ وَلَكِنِّي أَخْشَى أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمْ الدُّنْيَا كَمَا بُسِطَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُهْلِكَكُمْ كَمَا أَهْلَكَتْهُمْ

.

“Demi Allah! Bukan kefakiran yang aku takutkan atas kalian, tetapi yang aku takutkan adalah kalian diberi kemakmuran dunia sebagaimana pernah diberikan kepada umat sebelum kalian, lalu kalian berlomba-lomba sebagaimana mereka sehingga akhirnya dunia menyebabkan kalian binasa sebagaimana mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lengkaplah sudah apabila syahwat terhadap harta itu berkelindan dengan kecintaan terhadap popularitas. Ulama mengingatkan bahwa cinta kemasyhuran itu induk segala keburukan.

O Allah, tolonglah diriku dan saudara-saudaraku seiman yang telah memberanikan diri mengemban amanah dakwah. Sungguh, aku tidak melihat diriku kecuali dalam keadaan lemah. Maka kepada Engkau aku memohon, kuatkanlah aku dan jauhkan dari fitnah.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
fitnah syahwat dunia
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
21 January 2018 17:45:53

Ketika Wanita Diingatkan untuk Tidak Mencela

 
KHAZANAH
14 September 2019 22:28:34

Mengenal M.H. Thamrin yang Dilupakan dalam Sejarah

 
KHAZANAH
06 September 2019 21:58:43

Bulan Muharram dan Keutamaannya

 
KHAZANAH
17 June 2018 21:41:23

Tahniah di Hari Raya Bukan Bidah

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284