ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 20 Oktober 2020 | 4 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Fase Pendidikan Anak di Rahim dan Tahap Usia 0-2 Tahun

24 June 2020 07:00:01
Ustazah Aan Rohanah, Muhasabah, Adab-Adab Muhasabah, parenting anak,
Source: The Statesman

Oleh: Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, pendidikan anak harus dilakukan oleh ayah dan bunda sesuai dengan perkembangan usianya sehingga tidak terlambat dalam mengembangkan pertumbuhan mental, akal, fisik, dan interaksi sosialnya.

Bahkan pola pendidikan yang diberikan harus sesuai dengan cara pandang Islam dalam masa pertumbuhan anak.

Islam memandang bahwa semua potensi anak harus dikembangkan tapi harus dilandasi oleh pengokohan keyakinan yang sesuai dengan fitrah penciptaannya yaitu Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasul Allah.

Setiap fase membutuhkan jenis dan cara pendidikan yg berbeda sehingga pendidikan berjalan efektik dan pertumbuhan mental spritual, intelektual , fisik, keahlian dan kemandirian serta interaksi sosial bisa melahirkan banyak kebaikan.

Alquran telah menjelaskan perkembangan usia manusia dalam beberapa surat yaitu : Ar Rum : 4, Al Ahqaf : 15 dan Al Mukmin : 40 yaitu :

1. Perkembangan janin dalam rahim

Saat ini ayah dan ibu berupaya melakukan amalan-amalan yang bisa menambah iman, khusyuk beribadah, berakhlak mulia, interaksi yang baik dengan alquran , berdoa, menyiapkan nama yang baik untuk anak dan membekali diri dengan ilmu yang terkait dengan peran sebagai orang tua.

2. Tahap anak setelah lahir (0-2 tahun )

Menguatkan 3 keyakinan : Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasul, sebab anak saat masih janin sudah berjanji kepada Allah akan bertuhan dan beribadah kepada Allah semata (7:176).

Memberikan nama yang baik (nama itu sebagai doa), banyak memperdengarkan alquran , dzikir dan kalimat-kalimat yang baik.

Memberikan ASI selama 2 tahun, membangun kasih sayang, cinta dan kenyamanan bagi anak, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi, halal dan baik.

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc. M.Ag di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak.[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
muhasabah
adab-adab muhasabah
parenting anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
30 November 2018 20:50:15

Kenapa Ikut Reuni 212?

 
KHAZANAH
25 March 2019 08:23:13

Jauhkan Dirimu dari Neraka dengan Bersedekah

 
KHAZANAH
02 November 2018 21:22:57

Bertanggung jawab pada Ingatan

 
KHAZANAH
08 August 2020 10:15:01

Dzulhijjah Bulan Ekonomi Syariah

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284