ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 12 Agustus 2020 | 23 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Ayah Bunda Kenali Fase Penting Pendidikan Anak, Berikut Detailnya

19 June 2020 07:30:01
Ustazah Aan Rohanah, corona, pendidikan anak, nasihat mengenai corona
Ilustrasi (alamy stock photo)

Oleh: Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

ChanelMuslim.com - Pendidikan anak harus dilakukan oleh ayah dan bunda sesuai dengan perkembangan usianya sehingga tidak terlambat dalam mengembangkan pertumbuhan mental, akal, fisik, dan interaksi sosialnya.

Bahkan pola pendidikan yang diberikan harus sesuai dengan cara pandang Islam dalam masa pertumbuhan anak. Islam memandang bahwa semua potensi anak harus dikembangkan tapi harus dilandasi oleh pengokohan keyakinan yang sesuai dengan fitrah penciptaannya yaitu Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasul Allah.

Setiap fase membutuhkan jenis dan cara pendidikan yang berbeda sehingga pendidikan berjalan efektik dan pertumbuhan mental spritual, intelektual , fisik, keahlian dan kemandirian serta interaksi sosial bisa melahirkan banyak kebaikan.

Alquran telah menjelaskan perkembangan usia manusia dalam beberapa surat yaitu : Arrrum : 4. Al-ahqaf : 15. almukmin : 40

1. Perkembangan janin dalam rahim

Saat ini ayah dan ibu berupaya melakukan amalan-amalan yang bisa menambah iman, khusyuk beribadah, berakhlak mulia, interaksi yang baik dengan alquran, berdoa, menyiapkan nama yang baik untuk anak dan membekali diri dengan ilmu yang terkait dengan peran sebagai orang tua.

2. Tahap anak setelah lahir (0-2 tahun )

Menguatkan 3 keyakinan : Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasul. Sebab anak saat masih janin sudah berjanji kepada Allah akan bertuhan dan beribadah kepada Allah semata (7:176).

Memberikan nama yang baik (nama itu sebagai doa), banyak memperdengarkan alquran , dzikir dan kalimat-kalimat yang baik.

Memberikan ASI selama 2 tahun, membangun kasih sayang, cinta dan kenyamanan bagi anak, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi, halal dan baik.

Ayah Bunda Kenali Fase Penting Pendidikan Anak, Berikut Detailnya shutterstock

3. Fase Anak usia 3- 10 tahun

Pada usia ini memperkenalkan:

a. Berbagai macam makhluk di muka bumi yg ada di daratan, di lautan atau di angkasa dikaitkan dg Allah sebagai Dzat Maha Pencipta untuk mengokohkan keimanannya dan kesaksiannya atas keagungan kekuasaan dan keesaan Allah sebagai Tuhan seluruh alam.

b. Memperkenalkan Islam sebagai agama yang harus ditaati. Memperkenalkan rukun iman dan rukun Islam.

c. Memperkenalkan hukum halal, haram , wajib, sunnah, mubah dan makruh. Dan memperkenalkan penerapan tingkatan dan skala prioritas yang wajib dari yang sunnah, yang haram dari yang makruh, melatih bersegera melakukan yang wajib dan gemar melakukan yang sunnah, melatih bersegera meninggalkan yang haram dan gemar meninggalkan yang makruh.

d. Memperkenalkan perintah dan larangan dalam Islam serta balasan untuk orang yang taat dengan surga dan hukuman bagi orang yang melanggar dengan neraka dan memberikan motivasi untuk menjadi anak yang taat dan shaleh , rajin dan gemar melakukan kebaikan-kebaikan

e. Mengajarkan membaca alquran dengan benar, menghafalkannya dan menjelaskan maksud dari ayat dan surat yg dihafal sesuai dengan kemampuan akal dan usianya. Seperti itu pula dalam mengajarkan hadits-hadits shahih dari Rasulullah.

f. Mengajarkan shalat dan membiasakannya untuk melakukan shalat dan dzikir 5 waktu setiap hari.

g. Mengajarkan adab, sopan santun, kejujuran, tanggung jawab dan kedisiplinan serta akhlak yang mulia yang harus diterapkan dalam prilakunya setiap hari agar bisa berhubungan baik dengan Allah dan dengan manusia.

h. Memperkenalkan aurat dan membiasakan menutup aurat sehingga terbiasa berpakaian sesuai syar'iat.

i. Memperkenalkan jenis kelamin dan adab-adab pergaulan dengan yang mahram dan yang bukan mahram.

g. Memperkenalkan ilmu-ilmu pengetahuan dasar yg berwawasan luas dan keterampilan yang berguna untuk hidupnya kelak.

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc. M.Ag di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak.[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
corona
pendidikan anak
nasihat mengenai corona
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
22 April 2020 21:58:47

Arti Kehilangan

 
KHAZANAH
26 October 2019 21:23:25

Bye Bye Baper

 
KHAZANAH
30 March 2020 21:25:28

Mengubah Takdir dengan Doa

 
KHAZANAH
10 May 2020 01:30:55

Memperbanyak Doa dalam Bulan Ramadan

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga