ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 01 November 2020 | 16 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Arti Kehilangan

22 April 2020 21:58:47
Arti Kehilangan
Foto: Pinterest

oleh: Mohammad Fauzil Adhim

ChanelMuslim.com - Tahukah engkau artinya kehilangan? Ramadan tahun lalu, aku sempat menyaksikannya, tetapi tidak bisa ikut berpuasa. Saat-saat ketika orang menikmati makan sahur adalah waktu untuk menahan airmata. Inilah kesempatan berharga yang aku tak mampu meraihnya. Sesuap makanan di waktu sahur, atau seteguk minuman, adalah asupan yang penuh barakah. Ia bukan sekadar makanan yang menguatkan badan menegakkan punggung untuk beribadah. Makan sahur itu sendiri, meski hanya dengan seteguk air, adalah ibadah.

Apabila pagi telah datang, lalu matahari bergerak meninggi, maka itu saatnya perawat datang mengantarkan makanan. Bukan olahan masakannya yang kadang membuatku sedih, tetapi karena pada saat itu berjuta-juta manusia meraih pahala dengan menahan dirinya dari makan dan minum. Padanya ada kebaikan. Dan bagi orang-orang beriman yang sedang berpuasa, Allah Ta’ala berikan hidangan istimewa berupa diijabahi-Nya doa-doa. Maka pantaslah apabila orang-orang yang telah wafat amat ingin memperoleh kesempatan untuk berpuasa, meski hanya sehari.

Aku tak kecewa dengan takdir-Nya. Banyak nikmat yang kuraih saat sakit dan tak kuperoleh di waktu sehat. Banyak anugerah yang baru kurasakan, atau baru kusadari di saat sakit dan ini adalah nikmat yang sangat besar. Sedemikian besarnya sehingga seringkali aku takut ketika ada yang mendoakan, “Semoga segera kembali seperti sediakala.” Tetapi aku meminta didoakan dengan kesembuhan yang penuh barakah, sebab segala sesuatu yang tidak barakah akan mendatangkan berbagai keburukan, termasuk kesembuhan, kebugaran maupun rezeki kita. Maka yang selalu aku mohon adalah kesembuhan yang barakah, sebagaimana rezeki pun aku berharap yang barakah agar keluarga ini juga barakah.

Tahukah engkau artinya tak berdaya? Ingin berpuasa, tetapi ada uzur yang menyebabkan diri ini tak kuasa. Memaksakan diri justru berbahaya dan bisa terjatuh kepada dosa, sedangkan melepaskannya berlalu adalah kesedihan yang begitu membekas di jiwa.

Tahukah engkau artinya bodoh? Di akhir Ramadan merasa sedih karena kesempatan besar meraih pahala dan ampunan telah berakhir, tetapi saat kesempatan itu datang lagi, kita membiarkannya tanpa sambutan berarti. Tak sebanding dengan airmata yang sudah pernah jatuh menangisi kepergiannya. Lalu kita pun kembali menangis di akhir Ramadan karena merasa kehilangan kesempatan yang memang kita sia-siakan.

Ramadan sudah dekat. Semoga umur kita sampai, dan Allah Ta’ala pertemukan kita dengan Ramadan-Ramadan berikutnya. Semoga pula kebodohan kita di tahun-tahun sebelumnya tak berulang. Setidaknya semakin berkurang sehingga kita dapat menjalani Ramadan dengan lebih baik dan ujungnya adalah taqwa.

Semoga Allah Ta’ala meridhai kita dan menolong kita agar termasuk orang yang berpuasa dengan sepenuh taqwa.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
arti kehilangan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
09 August 2020 07:00:01

Hubungan Asmara Suami Istri

 
KHAZANAH
03 August 2020 13:15:01

Seri Cinta Sahabat, Rabi'ah Ibnu Ka'ab

 
 
KHAZANAH
27 May 2020 08:00:01

New Normal

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284