ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 23 Februari 2020 | 29 Jumadil Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Mengenal Daun Ketumbar dan 9 Manfaat Kesehatan Mengkonsumsinya

02 April 2019 07:00:02
Daun ketumbar, manfaat daun. Ketumbar, manfaat cilantro,
Coriander (source: naturalfoodseries.com)

ChanelMuslim.com - Daun Ketumbar atau Cilantro dikenal juga dengan peterseli Cina. Karena awal penggunaan Daun Ketumbar ini sejak dahulu adalah masyarakat Cina.

Meski di Indonesia kurang familiar, tetapi kini mulai banyak yang menggunakan sebagai obat, lalapan dan taburan di berbagai makanan.

Daun Ketumbar dikenal dengan nama ilmiah Coriandrum Sativum L, dan milik keluarga Apiaceae (yang termasuk tanaman lain seperti wortel) ketumbar dibudidayakan di seluruh dunia, dalam beberapa kasus membuatnya sulit untuk menentukan dengan tepat di mana itu "asli".

Dalam 9 Tangkai Daun Ketumbar memiliki kandungan gizi sebanyak:

Total Karbohidrat- 0.7g

Serat Makanan-0.6g 2% RDA

Protein-0.4g

Vitamin A-1350IU 27% RDA

Vitamin C-5mg 9% RDA

Vitamin E-0.5mg 3% RDA

Vitamin K-62.0mcg 78% RDA

Niacin-0,2mg 1% RDA

Folate12,4-mcg 3% RDA

Pantothenic Acid-0,1mg 1% RDA

Kalsium-13,4mg 1% RDA

Besi-0,4mg 2% RDA

Magnesium-5,2mg 1% RDA

Fosfor-9,6mg 1% RDA

Potassium-104mg 3% RDA

Zinc-0.1mg 1% RDA

Mangan-0.1mg 4% RDA

Dilansir laman naturalfoodseries.con memaparkan Manfaat Luar Biasa dari Filantropi atau Daun Ketumbar):

1. Membantu Mengurangi Tingkat Kolesterol

Ketumbar mengandung asam lemak seperti asam linoleat , asam palmitat dan asam stearat, yang dapat berperan dalam mengurangi kolesterol darah.

Mereka juga membantu mencegah penumpukan asam lemak pada bagian dalam dinding pembuluh darah, mengurangi dampak aterosklerosis pada sistem peredaran darah. Kehadiran Vitamin C juga mengurangi oksidasi kolesterol pada dinding pembuluh darah, yang membuat plak resisten terhadap pengangkatan. Akhirnya, ketumbar dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, membantu menjaga rasio ideal.

2. Bantu Sembuhkan Bisul Mulut

Salah satu minyak atsiri yang terkandung dalam ketumbar, citronelol, memiliki sifat anti-septik yang menjaga bisul mulut memburuk karena pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Banyak semua pencuci mulut dan pasta gigi alami menggunakan i8ni sebagai bahan karena manfaatnya pada kebersihan mulut sudah mapan.

3. Membantu Mengelola Tekanan Darah

Konsumsi ketumbar dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, berkat kemungkinan interaksi ion kalsium dan asetilkolin. Interaksi mereka membantu meningkatkan vasodilatasi pembuluh darah, dan ketika dikombinasikan dengan makanan kaya kalium, menawarkan kombinasi alami yang efektif untuk mengelola tekanan darah.

4. Membantu Mengurangi Sensitivitas Alergen

Cilantro telah ditemukan memiliki sifat anti-histamin, mampu mengurangi dampak alergen musiman pada sistem kekebalan tubuh. Secara tradisional, ketumbar telah digunakan oleh beberapa budaya untuk mengurangi respon alergi setelah terpapar secara tidak sengaja tanaman beracun atau sangat alergi di alam liar. Saat ini, konsumsi daun ketumbar secara teratur dapat digunakan untuk mengurangi respons alergi atau bahkan meringankan gejala rinitis (seperti pilek, bersin dan hidung tersumbat).

5. Membantu Melindungi Diri Dari Keracunan Makanan

Salah satu penyebab utama keracunan makanan adalah bakteri salmonella, yang membusuk saat makanan mendekati pembusukan, atau ketika disiapkan di bawah kondisi yang tidak sehat. Ini berkat kehadiran senyawa yang dikenal sebagai dodecanal, yang memiliki potensi anti-bakteri yang diklaim hampir dua kali lebih kuat dari terapi anti-biotik yang direkomendasikan. Meskipun kami tidak menyarankan Anda melakukan ini sebagai pengganti rekomendasi dokter Anda, menyiapkan makanan dengan ketumbar dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri ini, dan mengawetkan makanan untuk jangka waktu yang lebih lama.

6. Merangsang Pencernaan

Aroma ketumbar menyebabkan respons otak yang merangsang produksi enzim dan bahan kimia yang terlibat dalam pencernaan makanan. Ini dimulai di mulut, dan melewati perut dan usus.

Cilantro mampu mengobati gangguan pencernaan sesekali dan mengurangi kolik, jadi masuk akal untuk menambahkannya ke lebih banyak makanan.

Mengenal Daun Ketumbar dan 9 Manfaat Kesehatan  Mengkonsumsinya

7. Dapat Mengurangi Nyeri Haid

Cilantro dapat membantu meringankan kejang rahim selama siklus menstruasi, dan dapat membantu mengatur sekresi hormon pada saat ini. Ini memastikan durasi siklus yang lebih pendek, dan meningkatkan keteraturan.

Mengenal Daun Ketumbar dan 9 Manfaat Kesehatan  Mengkonsumsinya

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Cilantro kaya akan anti-oksidan dan phytocompounds yang dapat mengurangi dampak kerusakan oksidatif dan menjaga penglihatan. Ini juga mengurangi perkembangan degenerasi makula dan dapat mempertahankan penglihatan hingga usia tua.

9. Membantu Manajemen Diabetes

Cilantro memiliki efek stimulasi endokrin, di antaranya adalah peningkatan sekresi insulin. Ini dapat membantu mengelola kadar glukosa darah, jika sensitivitas insulin belum memburuk secara signifikan.

Apapun itu, ia memiliki indeks glikemik inheren yang rendah dan membuat makanan Anda lebih bergizi, sehingga harus dikonsumsi terlepas dari apakah secara langsung meningkatkan produksi insulin atau tidak.

Nah, jangan ragu mengkonsumsi Cilantro ya. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
daun ketumbar
manfaat daun. ketumbar
manfaat cilantro
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
22 February 2019 08:00:02

5 Alasan Sarapan Itu Penting bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
04 January 2020 10:00:01

15 Tips Sehat di Musim Hujan

 
KESEHATAN
04 November 2019 07:30:01

Manfaat Semangka bagi Kesehatan

Bantu Korban Banjir Jakarta bersama CHANELMUSLIM
 
 
Muslim Fashion Festival 2020
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284