ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Masya Allah, Ini Tujuh Kandungan Nutrisi Alpukat Baik untuk Kesehatan

01 October 2020 10:30:01
Kandungan nutrisi kesehatan alpukat, nutrisi alpukat untuk kesehatan, tips kesehatan.
Alpukat (source: FoodNDTV)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, tahukah menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, dikutip laman halodoc menyebutkan mengkonsumsi alpukat dapat mendukung kesehatan jantung, menstabilkan berat badan, dan tetap sehat meski usia sudah menua.

Alpukat diakui mengandung nutrisi, kaya serat, vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C bahkan alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak tak jenuh yang menyehatkan.

Berikut kandungan nutrisi yang ada pada buah Alpukat:

1. Protein

Protein adalah salah satu kandungan nutrisi penting pada buah alpukat. Alpukat menyediakan 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap.

Berbeda dengan protein dalam daging yang sulit untuk dicerna, protein pada alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena mengandung serat.

Jika sahabat muskimt sedang mengurangi sumber protein hewani atau vegetarian, alpukat bisa menjadi pilihan untuk memenuhi nutrisi dan sebagai pengganti protein hewani.

2.  Lemak Bermanfaat

Alpukat mengandung jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Seperti minyak zaitun, alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol "baik"). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes.

Masya Allah, Ini Tujuh Kandungan Nutrisi Alpukat Baik untuk Kesehatan

3.  Karotenoid

Alpukat merupakan sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient. Alpukat, juga dikenal sebagai buah yang menawarkan beragam jenis karotenoid tidak hanya seperti beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient. contohnya neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin, dan violaxanthin.

Mengonsumsi makanan yang kaya karotenoid akan memberikan tubuh banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan fungsi sistem reproduksi. Karotenoid dapat larut dalam lemak, sehingga dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

4. Lutein

Salah satu kandungan nutrisi yang paling penting dari alpukat adalah lutein, yaitu senyawa karotenoid, phytonutrient dan antioksidan alami. Satu buah alpukat mengandung 81 mcg lutein yang dapat membantu kesehatan mata. Mengonsumsi lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula mata karena usia.

5. Vitamin dan Mineral

Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral yang berbeda, meskipun dalam jumlah kecil, menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan vitamin dan mineral harian dalam setiap porsinya. Beberapa vitamin dan mineral yang paling banyak terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6. 

Masya Allah, Ini Tujuh Kandungan Nutrisi Alpukat Baik untuk Kesehatan Healthline

6.  Anti-inflamasi

Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-peradangan. Kombinasi unik dari buah alpukat, seperti vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

7.  Natrium (Sodium) dan Kolestrol

Dalam satu alpukat mengandung 3 gram karbohidrat dalam setiap porsinya dan 1 gramnya adalah serat makanan (dietary fiber). Oleh karena itu, alpukat menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang yang diet rendah karbohidrat.

Di dalam alpukat terkandung folat, kalium, lemak monosaturated, dan serat yang sangat tinggi. Lemak monosaturated di dalam alpukat mengandung asam oleat, berfungsi untuk meningkatkan tingkat lemak di dalam tubuh dan membantu mengendalikan diabetes.

Dengan menggunakan alpukat sebagai sumber utama lemak dalam diet, pengidap diabetes dapat menurunkan kadar trigliserida mereka hingga 20 persen. Selain membantu mereka yang mengidap diabetes, lemak monounsaturated dalam alpukat juga baik untuk menurunkan kolesterol.

Diet rendah lemak yang menyertakan alpukat di dalamnya terbukti dapat menurunkan kolesterol lipoprotein low-density yang berbahaya dan meningkatkan kolesterol lipoprotein high-density yang sehat.

Masya Allah, ternyata banyak sekali kandungan nutrisi pada buah Alpukat ya. Jadi jangan sampai buah satu ini jangan di-skip ya di daftar menu harian keluargamu.

Semoga bermanfaat. Sumber; hallodoc [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kandungan nutrisi kesehatan alpukat
nutrisi alpukat untuk kesehatan
tips kesehatan.
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
03 September 2019 09:00:03

5 Tanda Tubuh Butuh Detoks, Kenali Gejalanya

 
KESEHATAN
25 September 2019 09:00:01

Mengenal Metode Clean Eating dan Manfaatnya bagi Kesehatan

 
 
KESEHATAN
01 January 2020 18:26:49

Banjir, Waspadai 4 Penyakit Ini

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284