ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Masya Allah, Ini 7 Manfaat Adas bagi Kesehatan

07 August 2019 06:53:34
Manfaat Kesehatan Adas, Adas, teh Adas
Times of India

ChanelMuslim.com - Sekilas Adas dan jinten memiliki bentuk yang sama. Tapi sebenarnya tidak, adas lebih kasar dari jinten.

Adas adalah tanaman yang berasal dari kawasan Mediterania. Nama latin dari tanaman adas adalah Foeniculum vulgare Miller. Tanaman adas berasal dari famili Apiaceae dan biasa juga disebut adas pedas karena ada pula jenis tanaman adas manis.

Semua bagian adas yang meliputi daun, batang, tangkai, biji, dan bonggolnya memiliki manfaat. Pengonsumsian adas dalam berbagai bentuk seperti bumbu masakan, ekstrak, dan lainnya bisa meningkatkan kesehatan dan mengatasi beberapa masalah medis.

Kandungan zat gizi adas

Ada beberapa kandungan zat gizi yang penting di dalam tanaman adas. Kandungan-kandungan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Adas mengandung serat makanan, karbohidrat, protein, dan lemak tetapi tanpa kolesterol.

Vitamin yang dikandung oleh adas di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin b2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (asam folat), vitamin E, dan vitamin K.

Masya Allah, Ini 7 Manfaat Adas bagi Kesehatan

Adas juga mengandung berbagai mineral penting, seperti fosfor, zat besi, kalsium, seng, natrium, potasium, mangan, selenium, magnesium, sodium, dan tembaga. Di samping itu, ada juga beberapa zat lain yang dikandung oleh tanaman adas.

Kandungan zat lainnya yang terkandung di dalam adas, seperti kolin, lutein, zeaxantin, anetol, flavonoid, asam rosmarinic, asam klorogenik, terpen, dan beberapa asam amino esensial seperti leusin, isoleusin, triptofan, dan fenilalanin.

Adas memang telah lama dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Manfaat adas juga bisa mengatas beberapa masalah medis. Kandungan zat gizi yang kaya manfaat memiliki peranan yang sangat besar dalam hal ini.

Dilansir laman doktersehat.com, berikut manfaat adas bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat adas yang utama bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa zat seperti selenium, antioksidan, dan lainnya memiliki efek untuk merangsang produksi sel T yang bisa menyingkirkan berbagai zat asing penyebab penyakit.

2. Melawan peradangan dan infeksi di dalam tubuh

Jika kita menderita rasa nyeri atau sakit akibat peradangan atau infeksi maka gunakanlah adas. Adas juga bermanfaat untuk melawan infeksi dan peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh.

Beberapa zat seperti kolin dan anetol memiliki sifat antiinflamasi. Adas juga mengandung zat yang bisa mencegah reaksi radang dan alergi. Selain itu, adas juga mengandung zat yang bersifat antibakteri. Ini bisa melawan serangan bakteri seperti Salmonella dan E. coli.

Masya Allah, Ini 7 Manfaat Adas bagi Kesehatan

3. Menjaga kesehatan jantung

Adas mengandung banyak zat-zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa zat tersebut di antaranya adalah kalium, serat, piridoksi, asam folat, dan vitamin C. Manfaat adas bisa mencegah penyakit jantung melalui zat-zat tersebut.

Berbagai zat gizi yang telah disebutkan bisa menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah. Selain itu, kandungan vitamin B juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah yang sangat terkait dengan kesehatan jantung.

Masya Allah, Ini 7 Manfaat Adas bagi Kesehatan

4. Mencegah penyakit tulang

Manfaat adas juga bisa mencegah dari penyakit tulang dan menjaga kesehatannya. Kandungan mineral seperti kalsium, mangan, zat besi, dan seng bisa menjaga struktur tulang tetap kokoh.

Selain itu, beberapa vitamin seperti vitamin B9 atau asam folat dan vitamin K bisa menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Vitamin K juga sangat penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

5. Memperbaiki metabolisme tubuh

Adas bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme tubuh terutama terkait sistem pencernaan. Pengonsumsian adas bisa meningkatkan sistem pencernaan di dalam tubuh yang berdampak pada berat badan tubuh.

6. Membantu mengontrol tekanan darah

Tanaman adas juga mengandung natrium dan kalium yang memiliki peran penting terhadap tekanan darah. Kandungan natrium bisa menurunkan tekanan darah, sedangkan kandungan kalium bisa membantu kontraksi pembuluh darah.

7. Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan, folat, dan selenium di dalam tanaman adas menjadikan adas bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker bisa dicegah karena adas membantu menangkal radikal bebas dan melakukan detoksifikasi racun penyebab kanker.

Adas juga tidak hanya untuk olahan masakan tetapi juga banyak digunakan untuk herbal. Salah satu minuman yang bisa disajikan dengan Adas adalah Teh Biji Adas.

Masya Allah, Ini 7 Manfaat Adas bagi Kesehatan

Teh Biji Adas (Foto dan Resep milik akun Instagram @setya.pavo)

Bersumber dari akun Instagram Setya @setya.pavo mengunggah resep Teh Biji Adas.

Berikut cara membuatnya: 2 sdt biji Adas, diseduh air panas 1 gelas/cangkir terus disaring. Jangan direbus tapi diseduh. Tunggu dingin dulu baru diminum.

Manfaat Teh Adas/Fennel Seeds Tea diantaranya:

1. Menyembuhkan Radang Perut

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

3. Menurunkan Berat Badan

4. Menjaga Keseimbangan Hormon

5. Menjaga Kesehatan Mata

6. Menghilangkan Bau Mulut

7.Menurunkan Tekanan Darah

8. Menghilangkan Dahak dan Lendir

Semoga bermanfaat sahabat muslim. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat kesehatan adas
adas
teh adas
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KESEHATAN
28 November 2018 06:40:01

Lima Manfaat Almond bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
17 December 2015 14:30:31

Prinsip 5S Bantu Anak Tumbuh Menjadi Sehat

 
KESEHATAN
29 June 2019 08:00:02

Ini 5 Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Keluarga

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

ProfilRedaksi & ManajemenPeta IklanProfil PembacaKontak KamiIklanPeta SitusKarir

© Copyright ChanelMuslim.com | Media Online Keluarga Muslim No. 1 di Indonesia
 
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284