ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 07 Juni 2020 | 16 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Manfaat Mencuci Tangan bagi Kesehatan

16 October 2019 07:52:12
Manfaat Mencuci Tangan bagi kesehatan,
Kidspot

ChanelMuslim.com - Mencuci tangan adalah hal paling penting dalam aktifitas kita sehari-hari lho sahabat muslim. Berapa banyak penyakit pada tubuh berawal dari tangan. Bahkan penelitian menyebutkan Sekitar 98 persen penyebaran kuman di tubuh bersumber dari tangan kita sendiri.

Begitu juga Badan kesehatan dunia (WHO) juga menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit.

Dilansir laman healthfully, berikut manfaat Mencuci tangan bagi kesehatan:

1. Mengurangi Risiko dalam Pengaturan Medis

Mencuci tangan adalah perilaku sederhana namun vital di rumah sakit dan fasilitas medis lainnya.

Arti pentingnya pertama kali disadari di rumah sakit Wina pada abad ke-19. Pasien bersalin sekarat pada tingkat tinggi. Ignaz Semmelweis mulai memerintahkan anggota stafnya untuk mencuci tangan sebelum merawat pasien, akibatnya secara drastis menurunkan tingkat kematian.

Pemindahan bakteri dari mayat ke pasien dari tangan staf adalah penyebab kematian. Memastikan bahwa profesional medis saat ini menjadikan mencuci tangan sebagai prioritas adalah penting.

Manfaat Mencuci Tangan bagi Kesehatan

2. Menurunkan Risiko Diare dan Masalah Usus

Mencuci tangan menurunkan risiko diare dan infeksi usus, manfaat penting terutama bagi anak-anak. Penyakit diare adalah salah satu penyebab utama kematian pada anak di bawah 5 tahun di seluruh dunia.

Kontak dengan kotoran dapat menyebabkan penyakit seperti itu dan dapat dicegah dengan mencuci tangan dengan sabun. Ini juga dapat mencegah komplikasi yang terhubung dengan cacing usus.

Manfaat Mencuci Tangan bagi Kesehatan

3. Mencegah Infeksi Mata

Penyebaran infeksi mata bakteri, seperti trakoma, dapat dikurangi dengan mencuci tangan secara teratur. Ini juga dapat menurunkan kemungkinan tertular konjungtivitis, atau mata merah muda. Kondisi mata yang mengiritasi ini menyebabkan sakit mata, gatal, kepekaan dan keputihan.

Ini menyebar sejumlah cara, dengan yang paling umum adalah melalui virus. Selalu cuci tangan sebelum memasukkan kontak, karena menjadi pemakai kontak meningkatkan risiko mata merah jambu.

4. Menurunkan Risiko Infeksi Saluran Pernafasan

Kita dapat menurunkan kemungkinan terkena infeksi pernapasan akut dengan menjadikan cuci tangan sebagai prioritas. Patogen yang menyebabkan komplikasi pernapasan umumnya ditemukan pada permukaan dan tangan.

Beberapa patogen yang terkait dengan diare juga menyebabkan masalah pernapasan. Mencuci tangan secara signifikan mengurangi kemungkinan kita sakit.

Nah, sudah tahu bukan banyak sekali manfaat kita mencuci tangan. Yuk budayakan mencuci tangan setelah beraktifitas di dalam maupun luar rumah. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat mencuci tangan bagi kesehatan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
22 February 2019 08:00:02

5 Alasan Sarapan Itu Penting bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
29 October 2019 09:10:40

Resep JSR untuk Anak Kost

 
KESEHATAN
09 April 2019 07:00:02

4 Alasan Pentingnya Konsumsi Salad Setiap Hari

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284