ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 05 Juli 2020 | 15 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan

20 December 2018 08:00:02
Manfaat biji wijen untuk kesehatan, biji wijen
Biji Wijen (Source: livestrong)

ChanelMuslim.com - Biji Wijen atau sesame seeds merupakan biji yang telah digunakan bertahun-tahun lamanya. Wijen di Indonesia sendiri familiar digunakan sebagai pelapis jajanan pasar tradisional seperti onde-onde.

Nah, tahukah ternyata biji wijen ini tidak saja sekedar hiasan pada makanan tetapi banyak khasiat lain dari biji satu ini.

Berikut 5 Manfaat Biji Wijen untuk Kesehatan dilansir laman alivebynature:

1. Biji Wijen Tambahkan Protein ke Diet yang Seimbang

Protein sangat penting untuk setiap fungsi tubuh kita. Ini digunakan untuk membuat tulang, rambut, kuku, dan kulit, serta sel dan otot. Konsumsi protein makanan mengirim sinyal ke tubuh kita, memberitahu mereka untuk menghasilkan protein, yang kemudian meningkatkan komposisi tubuh, dan dapat membantu kenyang lebih lama yang dapat menyebabkan hilangnya lemak. Konsumsi protein secara teratur juga dapat membantu mencegah banyak penyakit dan penyakit umum, termasuk diabetes tipe-2, penyakit kardiovaskular, dan kanker usus besar.

2. Biji Wijen Kaya Magnesium, Yang Dapat Mencegah Diabetes

Magnesium adalah mineral yang sangat diremehkan, tetapi sangat penting, diperlukan untuk banyak fungsi seluler dan molekuler tubuh. Ia bekerja sebagai pengatur metabolisme dan keseimbangan elektrolit, serta memainkan peran penting dalam stabilitas DNA. ( 3 )

Tanda-tanda kekurangan magnesium bisa datang dalam berbagai bentuk. Gejala dapat berkisar dari sistem kekebalan yang lemah dan insomnia hingga nyeri otot dan gangguan perilaku. Asupan magnesium yang tidak mencukupi juga dapat menyebabkan peningkatan risiko untuk masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit kardiovaskular, osteoporosis, penyakit Alzheimer, dan kerusakan ginjal dan hati. ( 4 )

3. Biji Wijen Bisa Juga Menurunkan Tekanan Darah dengan Magnesium

Hipertensi mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 3 orang, dan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke. Banyak yang tidak mencari pengobatan, atau mereka memutuskan untuk minum obat tekanan darah selama sisa hidup mereka. Perubahan sederhana diet dan gaya hidup (menambahkan latihan rutin), bagaimanapun, dapat sangat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius.

Magnesium memainkan peran besar dalam fungsi kardiovaskular. Ini membantu untuk melarutkan gumpalan darah, melebarkan pembuluh darah, dan mencegah aritmia. Studi bahkan menunjukkan bahwa peningkatan magnesium dapat menurunkan risiko stroke sekitar 8%. ( 7 , 8 )

4. Biji Wijen Memperbaiki Kesehatan Pernapasan dan Mencegah Asma

Asma menjadi semakin umum di antara penduduk Amerika, dengan sekitar 1 dari setiap 12 orang yang menderita. Khususnya, ada kenaikan 1% antara tahun 2001 dan 2009, yaitu sekitar 5 juta orang tambahan. Kabar baiknya adalah bahwa asupan magnesium yang meningkat dapat membantu untuk memerangi serangan dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Ini adalah fakta bahwa sebagian besar serangan asma dipicu oleh debu, serbuk sari, dan alergen umum lainnya yang kita kontak dengan setiap hari. Magnesium memiliki kemampuan untuk mengatur dan menekan produksi histamin. Hal ini mengurangi pelepasan antibodi tubuh yang menyerang area yang terkena (paru-paru) yang dapat menyebabkan serangan. ( 9 )

5. Biji Wijen Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Phytosterol

Mirip dengan struktur kolesterol, pitosterol adalah zat yang ditemukan pada tumbuhan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mereka bersaing dengan kolesterol untuk penyerapan tanpa mudah diserap diri, yang berarti lebih sedikit kolesterol jahat yang diserap, yang menurunkan kadar kolesterol LDL ("buruk") hingga 14%. Kolesterol yang lebih rendah juga berarti penurunan risiko untuk penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

Ada dikenal lebih dari 200 jenis pitosterol yang ditemukan dalam makanan nabati. Mereka paling banyak ditemukan pada biji dan kacang, dengan konsentrasi tertinggi ditemukan pada biji wijen dan bibit gandum (sekitar 400 mg per 100 g). ( 14 )

Bottom Line: Biji wijen tinggi di pitosterol, yang memerangi penyerapan kolesterol.

Selain itu biji wijen juga baik untuk kesehatan pencernaan dan jantung.

Nah mulai sekarang jangan ragu mengkonsumsi wijen ya.

Semoga bermanfaat. (jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat biji wijen untuk kesehatan
biji wijen
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
26 February 2018 15:23:33

Risiko Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

 
ADVERTORIAL
05 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KESEHATAN
12 April 2019 08:00:02

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

 
KESEHATAN
26 April 2019 08:00:02

4 Manfaat Puasa Ramadan bagi Kesehatan

 
KESEHATAN
22 August 2019 11:13:32

Tips Menjaga Kesehatan Payudara bagi Remaja

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284