ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Ini 5 Manfaat Konsumsi Keju untuk Kesehatan

28 January 2019 14:00:02
Manfaat keki, manfaat konsumsi kejinbagi kesehatan, keju,
Cheese (source: medicalnewstoday)

ChanelMuslim.com - Keju sudah kian familiar dan di konsumsi secara rutin untuk berbagai makanan. Tahukah ternyata selain keju gurih dan enak, ternyata juga sangat penting kesehatan.

Dilansir laman EatingWell.com, berikut 5 manfaat keju untuk kesehatan:

1. Memotong Risiko Penyakit Jantung

Beberapa peneliti berpikir keju mungkin menjelaskan apa yang disebut Paradox Prancis — bahwa orang Prancis memiliki tingkat penyakit jantung yang rendah terlepas dari ketertarikan mereka terhadap keju dan makanan kaya lemak jenuh lainnya, seperti mentega dan bebek.

Lalu ada laporan tahun 2016 yang menganalisis hasil dari 31 studi kohort prospektif (yang mengamati orang sepanjang hidup mereka) yang membandingkan berapa banyak orang yang makan susu dengan apakah mereka mengembangkan penyakit kardiovaskular. Satu temuan utama adalah bahwa makan hampir 2 ons keju setiap hari (1 ons sama dengan kubus 1 inci) dikaitkan dengan risiko 18 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Menulis di British Journal of Nutrition, para penulis mengusulkan bahwa mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium dan vitamin seperti riboflavin dan B12 dapat berperan. Temuan kunci lainnya: makan hanya 1/2 ons keju sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga 13 persen.

2. Menangkal Diabetes

Makan 1 3/4 ons keju sehari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 8 persen, kata sebuah analisis studi kohort di American Journal of Clinical Nutrition .

Ada lebih banyak berita baik dari penelitian yang sama — orang yang makan sekitar 3/4 cangkir yogurt setiap hari memiliki risiko lebih rendah. Studi lain di AJCN, yang satu ini dari Swedia, menemukan bahwa wanita yang makan hanya di bawah 2 ons keju juga menurunkan risiko diabetes tipe 2 mereka. Lemak jenuh rantai pendek dalam keju dikaitkan dengan risiko lebih rendah dari diabetes tipe 2. Juga, kalsium — yang meningkatkan sekresi insulin dan dapat mengurangi resistensi insulin — dapat menangkis penyakit ini, kata para peneliti. Protein whey juga berperan, karena dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Memperpanjang Umur

Makan keju benar-benar dapat membantu hidup lebih lama, menurut sebuah studi tahun 2016 di European Journal of Clinical Nutrition , yang diikuti 960 pria Prancis selama hampir 15 tahun untuk melihat apakah makanan yang mereka makan memiliki hubungan ketika mereka mati. Temuan yang menyenangkan?

Makan sekitar 2 ons keju sehari dikaitkan dengan kemungkinan 38 persen lebih rendah bahwa mereka mati selama penelitian. Mungkin efek penurun tekanan darah kalsium berperan atau kemampuannya untuk mengekang penyerapan lemak dalam usus, tulis para peneliti.

4. Menurunkan Kolesterol

Menjaga kesehatan jantung, camilan keju harian dapat menurunkan kolesterol. Sebuah analisis 2015 dari uji coba terkontrol secara acak (standar emas penelitian) di Ulasan Nutrisi dibandingkan dengan kolesterol darah orang yang mengonsumsi makanan yang diresepkan yang termasuk mentega atau keju. Meskipun kedua diet memiliki jumlah lemak dan kalori jenuh yang sama, para pemakan keju mengakhiri percobaan mereka dengan kolesterol total dan LDL yang lebih rendah daripada rekan-rekan mereka yang makan mentega. Kolesterol HDL "baik" mereka juga lebih rendah — kebalikan dari yang Anda inginkan.

Perubahan kolesterol bisa jadi karena kemampuan kalsium untuk mengangkut lemak melalui usus sehingga tidak menyerapnya dan kalori yang terkait (jumlah kalsium jauh lebih banyak dalam keju daripada dalam mentega). Vitamin K2, yang ditemukan dalam produk susu fermentasi seperti keju, juga dapat berperan.

5. Membuat Anda Lebih Kuat

Makan hampir secangkir keju ricotta sehari selama 12 minggu meningkatkan massa otot dan meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa yang sehat lebih dari 60 tahun. Para peneliti dari penelitian ini - yang diterbitkan pada tahun 2014 di Clinical Interventions in Aging - mengatakan bahwa protein susu kasein dan whey mungkin telah memicu perbaikan.

So, jangan ragu yang mengkonsumsi keju. Tapi tetap dalam porsi yang sesuai. (Jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
manfaat keki
manfaat konsumsi kejinbagi kesehatan
keju
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
06 September 2018 14:42:36

Waspada Penyakit Setelah Gempa

 
KESEHATAN
09 April 2018 13:53:41

Inilah Makanan Terbaik Untuk Ginjal Sehat

 
KESEHATAN
09 November 2018 08:30:02

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284