ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Ibu-ibu Juga Bisa Bugar Jiwa Raga Lewat Tai Chi

27 October 2019 17:40:05
Ibu-ibu Juga Bisa Bugar Jiwa Raga Lewat Tai Chi
Foto: dok. Pribadi

oleh: Eka Bilbiya Er (ibu rumah tangga, pengajar, penulis dan founder Smart Moms Community)

ChanelMuslim.com - Berawal dari program ibu tangguh yang digagas oleh team pengurus Sekolah Ibu Inspirasi (SII) Darul Maza, dipilihlah Tai Chi sebagai salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Team SII. Di antaranya bertujuan sebagai sarana berolah raga bagi anggota SII dan ibu – ibu di sekitar Jatisari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Meskipun pada akhirnya tidak hanya raga saja yang menjadi lebih sehat dan bugar namun juga jiwa para anggota Tai Chi ini. Kenapa? Nanti kita lihat penjelasannya.

Tai Chi ini diampu oleh seorang guru yang biasa kita panggil Shifu Ar. Dilaksanakan setiap Sabtu pukul 06.30 – 08.00 pagi, yang sudah dimulai sekitar 2 tahun yang lalu. Anggota dari team Tai Chi ini adalah ibu – ibu muda sampai lansia, jadi kita bisa tebak ya kalau gurunya memang satu – satunya yang paling ganteng karena semua muridnya adalah kaum hawa yang cantik dan sholiha InsyaAllah.

Saya mengikuti Tai Chi memang sedang dalam proses mencari olah raga yang bisa rutin dijalankan dan menyenangkan. Karena sadar betul perlunya olah raga untuk menyeimbangkan kebutuhan fisik kita. Awalnya, saya merasa agak aneh dengan gerakannya yang terlampau pelan dan asing menurut saya. Tapi tetap saya coba ikuti meskipun kadang terasa kurang faham dengan gerakannya yang tidak boleh lurus tangan dan kakinya yaitu agak sedikit melengkung dan gerakan yang lamban saat pemanasan jurus 8 dan jurus 18. Shifu Ar menjelaskan bahwa gerakan lamban itu untuk menghindari cedera saat latihan, di antara manfaat lainnya adalah justru dengan tangan yang melengkung itulah kekuatan bisa maksimal saat menghadapi serangan.

Seiring berjalannya waktu, saya merasakan manfaat dari Tai Chi dalam badan saya. Saat latihan jurus 8 dan jurus 18 dengan gerakan lamban dan mengatur pernapasan, membuat pikiran kita lebih rileks dan lebih tenang. Menghayati setiap gerakanya membuat aliran darah kita lebih lancar dan akhirnya kita menjadi lebih segar. Manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah kondisi kejiwaan kita akan lebih tenang, lebih bisa menahan diri dan belajar bersabar.

Selanjutnya adalah jurus kipas, di jurus kipas ini kita memakai kipas khusus untuk latihan Tai Chi yang bisa kita beli melalui online maupun di toko perlengkapan Tai Chi.

Jurus kipas gerakannya lebih atraktif dan lebih cepat dibandingkan jurus 8 dan senam jurus 18. Awalnya agak lamban namun kemudian lebih cepat. Setelah mengikuti gerakan jurus kipas ini membuat kita mandi keringat, terlebih dilakukan di pagi hari saat sinar matahari pagi yang sehat turut menyertai latihan kita. Bisa dibayangkan, lengkap sekali ya latihan olah raga dan jiwa plus vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Alhasil seringkali justru malah terasa ada yang kurang jika berhalangan ikut Tai Chi di Sabtu pagi.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ibu-ibu juga bisa bugar jiwa raga lewat tai chi
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
KESEHATAN
10 January 2018 21:50:08

Mengenal Press Needle Therapy, Akupunktur Tanpa Jarum

 
KESEHATAN
18 March 2019 09:00:03

Tips Menjaga Gigi saat Flu dan Batuk Melanda

 
KESEHATAN
18 December 2019 14:00:01

Ini Dia Jus Pembersih Liver ala Resep JSR

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284