ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 27 Oktober 2020 | 11 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Cegah Kanker Usus Besar dengan 9 Makanan Berikut

05 February 2018 15:25:49
kesehatan, kanker, usus besar, makanan, colon cancer, kacang, ikan, bij-bijian
Foto: Istockphoto

ChanelMuslim.com – Di Indonesia, kanker usus besar (colon cancer) menjadi penyakit mematikan kedua. Hal ini dikarenakan gejala dari kanker usus besar tidak mudah terdeteksi sehingga butuh penanganan dari para ahli. Umumnya, pemeriksaan baru dilakukan setelah kanker usus besar menjadi parah.

Namun, saat ini telah banyak dilakukan penelitian terkait kanker usus besar. Salah satu solusinya dengan melakukan kebiasaan diet atau mengikuti gaya hidup sehat dengan pola makan tertentu yang disarankan. Dikutip dari Boldsky, terdapat 9 jenis makanan umum yang membantu mencegah kanker usus besar.

1. Biji Jinten (Jeera)

Biji jinten biasanya digunakan untuk menghias dan menambahkan rasa di beberapa masakan. Biji jinten juga sering digunakan sebagai bahan banyak obat alami, karena memiliki kemampuan untuk mengobati dan mencegah sejumlah penyakit. Biji jinten memiliki senyawa yang dikenal sebagai cuminaldehyde dapat mencegah pertumbuhan dan perbanyakan sel kanker di usus sehingga mencegah kanker usus besar.

2. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Jambu biji banyak mengandung vitamin C dan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan tingkat metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan kulit. Vitamin C dalam jambu biji dapat membantu sel-sel usus besar melawan sel kanker sehingga mampu mencegah kanker usus besar.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, daun mint, kangkung atau sawi sangat banyak kandungan nutrisinya seperti antioksidan, zat besi, mineral dan vitamin. Antioksidan dalam sayuran hijau memiliki kemampuan mencegah perbanyakan sel kanker yang tidak normal dalam usus besar sehingga mampu mencegah kanker usus besar.

4. Pisang

Pisang, salah satu buah khas Indonesia rupanya mampu mencegah penyakit kanker usus besar. Selain enak, pisang kaya akan kandungan kalium, yang dapat memperbaiki fungsi metabolik, energi, mengobati depresi dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi pisang secara teratur dapat membuat usus tetap sehat dan mencegah sakit maag dan kanker usus besar.

5. Okra

Okra adalah sayuran yang sangat populer juga disebut sebagai buah. Okra mampu mengobati masalah perut seperti gastritis, keasaman dan sembelit. Bahkan enzim yang ada dalam okra dapat membantu mencegah penyakit kanker usus besar karena enzim ini memperkuat sel-sel usus yang baik dengan melawan sel-sel kanker.

6. Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan dalam pola makan sehat. Ikan mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E sehingga memiliki manfaat seperti membantu menurunkan berat badan, meningkatkan aktivitas otak dan metabolisme. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan seperti salmon memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara, usus besar dan beberapa bagian tubuh lainnya.

7. Yoghurt

Tentu saja khasiat yoghurt sudah banyak didiketahui untuk menjaga kesehatan khususnya pada organ pencernaan. Yoghurt memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di usus dan penting untuk menjaga kesehatan usus besar. Dengan menjaga usus besar tetap sehat maka risiko terkena kanker usus besar bisa diturunkan hingga batas tertentu.

8. Biji-bijian

Mengonsumsi biji-bijian seperti barley (jelai), beras merah, millet, oatmeal, atau wijen setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan di usus besar. Biji-bijian ini kaya akan kandungan serat, mereka dapat membuang racun dari usus besar dengan mudah, sehingga mencegah kanker usus besar.

9. Kacang

Mengkonsumsi kacang secara teratur juga mampu mencegah kanker usus besar menurut penelitian. Kacang kaya akan asam lemak omega-3 dan kandungan magnesium, yang keduanya dapat mencegah pertumbuhan dan perbanyakan sel kanker di usus sehingga mengurangi risiko kanker usus besar.

Demikianlah 9 makanan yang dapat mencegah kanker usus besar. Masukan 9 makanan ini dalam menu makanan sehari-hari di rumah agar membantu mencegah anggota keluarga terkena penyakit kanker usus besar. (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
kesehatan
kanker
usus besar
makanan
colon cancer
kacang
ikan
bij-bijian
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
21 June 2019 23:32:33

Rajin Shalat Tahajjud Bisa Sembuhkan Kanker

 
KESEHATAN
02 May 2019 09:41:04

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil

 
KESEHATAN
07 November 2019 05:47:03

Manfaat Tinta Cumi-Cumi bagi Kesehatan

 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284