ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 14 Oktober 2019 | 15 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

12 April 2019 08:00:02
Tips kesehatan. Tips atasi perut kembung pada bayi,
Ilustrasi (source: hindustantime.com

ChanelMuslim.com - Perut kembung pada bayi merupakan hal yang biasa dialami. Apalagi pada bayi hingga usia 3 bulan mereka akan sering mengalami perut kembung akibat saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna.

Seiring bertambahnya usia, penyebab lainnya bayi mengalami perut kembung karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya.

Jangan panik, jika menemukan kasus seperti ini pada bayi kita. Hal yang perlu dilakukan adalah kenali penyebab kembung dan mengenali perut kembung pada bayi, penyebabnya serta cara mengatasinya.

Penyebab perut kembung pada bayi bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Bayi yang masih minum ASI dapat menghasilkan gas yang berlebihan saat ibu si kecil makan sayuran pembentuk gas seperti kembang kol, brokoli, kol, bawang bombai, atau kacang.

Selain itu juga bisa karena ibu salah posisi saat menyusui. Udara yang masuk lebih banyak akibatnya perut kembung

Bisa juga disebabkan oleh sistem pencernaan yang belum matang.Bayi belum belajar mengolah makanan, gas, dan feses dengan sempurna. Usus juga belum menghasilkan mikroflora (keseimbangan bakteri baik) yang normal. Padahal, semua hal ini diperlukan untuk kerja sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang dikonsumsi bayi. Jika bayi sudah mulai makan, kita perlu memerhatikan makanannya. Kurangi porsi sayuran yang mengandung gas secara berlebihan agar mereka tidak sering kembung.

Nah, jika kita sudah mengetahui penyebab perut bayi kembung, maka kita bisa membatasi konsumsi buah asam saat menyusui. Batasi konsumsi kacang-kacangan, seperti walnut, kacang tanah, kecang mete, hazelnut, dan kacang kedelai, serta hasil olahannya. Batasi konsumsi olahan susu dan hasil olahannya seperti es krim, keju, yoghurt dan mentega. Hal ini disebabkan karena zat laktosa pada susu jika diuraikan akan menghasilkan gas.

Usahakan jangan memberikan botol dot untuk meminimalkan kemungkinan berlebihnya gas atau udara di perut bayi. Ketika bayi merasa lapar, dia akan menangis. Nah, saat menangis ini, bayi akan cenderung menelan udara lebih banyak. Usahakan menyusui bayi langsung dari payudara ketika bayi menunjukkan gejala-gejala perut kembung, bayi yang minum susu dari botol lebih mudah menelan udara.

Ingat jangan panik, jika semua usaha pencegahan telah dilakukan dan bayi masih mengalami kembung, berikut tips mengobati Perut Kembung pada bayi dilansir laman liputan6:

1. Menggosok perut bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah dengan menggosok perut bayi. Jika perut bayi kembung dan ketika ditepuk pelan mengeluarkan suara nyaring, maka kita bisa menggosok perut bayi.

Cara ini sangat baik untuk menghangatkan perut bayi dan membantu perut bayi bisa kembali seperti semula. Bahkan membantu bayi sering buang angin sehingga tidak kembung.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan menggosok perut bayi dari arah punggung ke pusar. Kemudian berikan tekanan yang sangat lembut ketika akan mendekati pusar. Perhatikan cara menekannya, jangan terlalu menekan keras karena bisa membuat perut bayi sakit.

2. Beri pijatan lembut

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memberi pijatan lembut. Pijat lembut anggota tubuh bayi seperti perut, punggung dan dada. Anda juga dapat menggunakan minyak yang menghangatkan tubuh bayi untuk dibalurkan di area perut, punggung dan dada sembari memijat sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Lakukan pemijatan satu jam setelah bayi menyusui. Hentikan pemijatan bila bayi menangis atau menunjukkan tanda-tanda tak nyaman.

3. Menepuk punggung bayi dengan lembut

Perut bayi kembung bisa disebabkan karena masalah angin yang terperangkap dalam perut. Kondisi ini biasanya terjadi setelah bayi minum susu formula, minum ASI atau bahkan mendapatkan makanan pendamping ASI. Efek dari makanan atau minuman ini bisa menyebabkan bayi sulit bersendawa.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi adalah setelah bayi menyusu, usahakan untuk menggendongnya dengan posisi tubuh bayi menghadap kamu, tempelkan perutnya pada dadamu, lalu tepuk-tepuk kecil punggungnya sehingga si kecil terpancing untuk bersendawa. Setelah bersendawa maka biasanya perut kembung bayi sembuh. Jika ia tak bersendawa juga, baringkan bayi dengan posisi tengkurap selama beberapa menit, agar perutnya tertekan dan gas bisa keluar dari perutnya.

4. Perbaiki posisi menyusui

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan memperbaiki posisi menyusui. Saat sedang menyusuinya atau memberikan susu lewat botol dot, cobalah untuk memosisikan kepalanya lebih tinggi dari perutnya.

Dengan begini, susu akan lebih mudah masuk ke dalam perut dan udara menuju ke atas sehingga bayi dapat bersendawa. Gunakan bantal menyusui guna memudahkan untuk menyusui dengan posisi yang tepat tersebut.

5. Beri air hangat

Air hangat sangat baik untuk membantu perut bayi menjadi lebih nyaman dan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Cara ini bisa dilakukan untuk bayi yang baru lahir maupun bayi yang sudah berumur beberapa bulan. Jika bayi masih bayi maka cukup mandikan bayi dengan air hangat.

Bila si kecil berusia di atas 6 bulan dan sudah mulai makan, bisa meminumkan air hangat padanya.

Namun, jika si kecil belum mulai makan, kamu bisa mengompres perut dan punggungnya dengan kain lap hangat. Rendam kain beberapa saat di air hangat, peras, lalu tempelkan pada perut dan punggung si kecil. Mandi air hangat juga bisa membantu bayi mengeluarkan gas di perutnya. Selain lebih mudah, cara mengatasi perut kembung pada bayi ini membantu perut bayi menjadi lebih nyaman.

6. Biarkan bayi tengkurap agak lama

Jika bayi sudah bisa tengkurap maka Anda bisa membantu perut kembung bayi menjadi lebih mudah. Cara mengatasi perut kembung pada bayi pada langkah ini adalah dengan membiarkan bayi tengkurap lebih lama.

Kita bisa mengamati apakah bayi merasa sakit, nyaman atau wajah yang aneh. Dengan posisi bayi yang tidur tengkurap akan membantu gas perut mendapatkan tekanan dari berat badan.

Kemudian bayi bisa buang angin dengan bersendawa atau buang angin dari bawah. Selain itu cobalah untuk mengajak bayi berkomunikasi agar bayi mau membuka mulutnya.

7. Biarkan bayi bergerak aktif

Saat perut bayi kembung, jangan membatasi gerakan bayi meskipun merasa khawatir. Berbagai gerakan yang sesuai dengan pola perkembangan bayi dan kemampuan fisik bayi berguna sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Usahakan untuk tidak terlalu sering menggendong bayi karena bayi bisa menjadi kurang aktif. Kita bisa mengajak bayi untuk bermain atau belajar sesuai dengan fisiknya. Berbagai gerakan ini akan membantu bisa bersendawa. Cara mengatasi perut kembung pada bayi ini penting dilakukan setelah bayi minum ASI atau minum susu formula.

8. Gerakkan kaki bayi seperti bersepeda

Membuang gas perut untuk bayi memang menjadi hal yang menantang untuk semua ibu. Jika kita telah melakukan berbagai cara mengatasi perut kembung pada bayi namun tidak berhasil, maka cobalah cara ini.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah kita bisa menggerak-gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda. Lakukan secara lembut sambil ajak bayi untuk tertawa atau berkomunikasi. Gerakan kaki akan menekan bagian perut yang mendorong gas perut bergerak ke atas hingga kerongkongan bayi. Langkah ini juga bisa membantu mengatasi rasa lelah berlebihan pada bayi.

Semoga tips diatas membantu masalah saat bayi kita mengalami kembung. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips kesehatan. tips atasi perut kembung pada bayi
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
15 April 2019 12:00:02

Biasa Kenakan Baju Baru tanpa Dicuci, Ini Akibatnya

 
KESEHATAN
08 November 2017 13:35:55

Cara Menjaga Imunitas secara Alami

 
KESEHATAN
16 January 2019 13:00:02

8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
02 January 2018 11:40:16

Tetap Sehat Meskipun Sibuk

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284