ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 27 Oktober 2020 | 11 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

9 Manfaat Granola untuk Kesehatan

27 December 2018 06:26:02
Manfaat Granola untuk Kesehatan, Granola?
Granola (source: thepioneerwoman)

ChanelMuslim.com - Granola terdiri dari gandum yang digiling, yang merupakan gandum yang telah dipanggang dengan tambahan madu , kacang-kacangan hingga renyah dan kemudian dapat dibawa ke mana saja dengan nyaman untuk camilan penambah energi.

Paling umum, granola secara teratur digunakan oleh orang-orang di perjalanan, serta oleh pejalan kaki, berkemah, dan orang-orang berorientasi luar yang tidak akan memiliki lemari es untuk makanan mereka dan tidak ingin khawatir tentang stok makanan mereka.

Ketika dimakan di rumah, granola sering dikombinasikan dengan yogurt, madu, stroberi, pisang dan jenis buah lainnya , atau dicampur dengan sereal lain untuk meningkatkan nilai gizinya.

Nilai Gizi Granola

Granola dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki gizi tinggi diantaranya natrium , kalium, seng, fosfor, magnesium, kalsium dan zat besi. Vitamin termasuk vitamin E , vitamin C , niasin , vitamin E, dan tiamin.

Granola yang kaya gizi ini, ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut Manfaat Granola bagi kesehatan dilansir laman organicfacts:

1. Peningkatan Pencernaan

Granola biasa dikonsumsi oleh orang yang ingin meningkatkan asupan seratnya karena granola mengandung serat larut dan tidak larut. Granola bisa merangsang gerakan peristaltik, yaitu ketika otot-otot halus dalam kontrak sistem usus, dengan demikian memindahkan makanan lebih jauh, sementara juga menyebabkan pelepasan jus lambung dan pencernaan, sehingga menghilangkan stres pada seluruh sistem.

Serat larut baik untuk mengurangi gejala sembelityang dapat menyebabkan perkumpulan masalah kesehatan, termasuk kanker kolorektal, gangguan pencernaan, mulas, dan perut kembung berlebih.

Serat yang tidak larut dapat mengeraskan tinja yang longgar dan mengurangi terjadinya diare. Selain itu, serat dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan benar-benar membersihkan arteri dari kolesterol LDL berbahaya atau asam lemak omega-6 yang dapat menyebabkan kondisi jantung seperti aterosklerosis , serangan jantung, dan stroke.

2. Penurunan berat badan

Granola merupakan makanan ringan rendah kolesterol dan natrium, keduanya merupakan penyebab di balik obesitas kronis. Selain itu, serat dalam granola membuat tubuh terasa penuh karena menambah makanan dan menyerap air.

Karena itu, ia mengurangi nafsu makan dan menghambat pelepasan ghrelin, yang merupakan hormon yang membuat tubuh merasa lapar. Ini dapat membantu mencegah makan berlebih, yang biasa terjadi pada orang gemuk, serta mereka yang melakukan diet yang membuat mereka lapar pada waktu yang tidak biasa.

3. MengurangiKolesterol

Serat larut dalam granola adalah cara yang dikenal untuk mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya dan mempromosikan penyebaran kolesterol HDL.

Dengan Granola bisa mengurangi kolesterol berbahaya dalam aliran darah, Granola juga bisa mencegah perkembangan plak di arteri dan vena. Jenis plak ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan tekanan pada sistem kardiovaskular .

4. Penambah Energi

Alasan lain mengapa banyak pejalan kaki dan berkemah di luar ruangan mengambil granola dalam perjalanan mereka adalah bahwa itu adalah bentuk energi terkonsentrasi , dan akan membantu memberi dorongan ekstra saat kitamembutuhkannya.

Granola tidak mengisi tubuh dengan gula penyebab utama badan jatuh dan merasa lemas. Sebaliknya Granola memberi kita mangan , yang merupakan salah satu mineral yang paling sedikit dibicarakan tetapi merupakan mineral integral di tubuh.

Ini penting untuk hati, ginjal, dan aktivitas metabolisme. Granola merangsang jaringan dan distribusi sumber daya yang tepat ke seluruh tubuh. Fungsi metabolisme yang tepat berarti tubuh kita bekerja secara efisien, dan kebutuhan energi kita dapat diperhitungkan.

5. Pencegahan Kanker

Granola mengandung kadar vitamin C rendah, yang merupakan antioksidan alami yang umumnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang sel darah putih, dan dapat mencegah kanker dari pembentukan atau metastasis. Namun, hubungan nyata yang menjadi fokus para peneliti saat ini adalah pentingnya mangan dalam pencegahan kanker.

Kandungan mangan tinggi dari granola terbukti memiliki sifat antioksidan utama. Antioksidan adalah senyawa bermanfaat yang mencari radikal bebas, produk sampingan dari metabolisme sel yang mengubah sel sehat menjadi sel kanker dengan mengubah struktur DNA.

Dengan menghilangkan radikal bebas dengan antioksidan seperti mangan, kita dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker, penyakit jantung, dan banyak kondisi berbahaya.

6. Pencegahan Anemia

Anemia adalah suatu kondisi yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi banyak dari mereka tidak menyadari bahwa mereka menderita.

Pada dasarnya, ini adalah kekurangan zat besi dalam darah, yang merupakan bagian penting dari membangun sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan kelelahan berlebih, sakit kepala, kerusakan fungsi kognitif, depresi dan gangguan usus.

Granola memiliki signifikan jumlah zat besi, sehingga melawan banyak gejala anemia.

Beberapa granola yang sudah jadi bahkan lebih diperkaya dengan suplementasi zat besi, dibandingkan granola yang dibuat di rumah.

Orang sering mengatakan bahwa sarapan adalah makanan yang paling penting dan membuat otak kita bekerja sepanjang hari.

Itu terutama benar jika kita menambahkan granola karena itu mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

7. Darah rendah

Efek Granola dalam mengurangi tekanan darah jelas membantu kesehatan jantung, dengan menghilangkan ketegangan pada sistem kardiovaskular, dan juga menurunkan kemungkinan aterosklerosis, stroke, dan kondisi yang berpotensi mematikan lainnya.

Kita bisa menambah kandungan kalium granola dengan buah segar, kombinasi yang lezat dan umum untuk sarapan atau saat menjadikan camilan.

8. Perawatan kulit

Granola adalah sumber vitamin E yang baik, juga dikenal sebagai alfa-tokoferol, dan satu porsi dapat memberi Anda hampir 20% dari kebutuhan harian kita. Vitamin E mempengaruhi sejumlah proses tubuh, termasuk melindungi kulit dari penuaan dini, sengatan matahari dan kerutan.

Granola juga memperkuat dinding kapiler dan meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan aliran darah ke ekstremitas sehingga folikel rambut dan kuku mempertahankan integritasnya.

Jika kita terkena sengatan matahari, ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan yang terkait. Secara keseluruhan, sejumlah besar vitamin E dalam granola saja menjadikannya pilihan yang bagus untuk penambah sarapan.

9. Gula Darah Teratur

Kandungan mangan di granola sangat tinggi dan efeknya pada tubuh sangat mengesankan. Dalam hal manajemen diabetes, mangan adalah pengatur gula darah dalam tubuh dan dapat merangsang atau menghambat pelepasan insulin.

Dengan mengatur kadar gula darah, ini dapat mengurangi kemungkinan lonjakan dan tetes yang dapat membuat hidup jadi sulit bagi penderita diabetes .

Selain pengaruhnya terhadap diabetes, mangan juga merupakan kofaktor dalam produksi energi dari makanan.

Ini juga memainkan peran utama dalam produksi faktor pembekuan darah untuk meningkatkan kecepatan penyembuhan luka , produksi dan regulasi hormon seks , serta produksi jaringan baru untuk mempercepat perbaikan sel dan organ.

Meski banyak manfaat, Granola disarankan dikonsumsi secara tepat tidak berlebihan. Dan bagi yang alergi makanan baiknya konsultasi dengan dokter.

Semoga bermanfaat.(Jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat granola untuk kesehatan
granola?
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
02 March 2019 09:30:02

Tips agar Tetap Sehat saat Liburan

 
KESEHATAN
12 June 2019 12:42:43

Tetap Sehat Pasca Lebaran, Terapkan Tips Berikut

 
KESEHATAN
22 March 2019 08:00:03

Ini 5 Biji Sehat yang Harus Dikonsumsi

 
KESEHATAN
14 January 2018 20:15:51

Obati Sakit Gigi dalam Sekejap dengan Biji Pala

 
KESEHATAN
04 December 2019 21:01:41

Cegah Stunting dengan Intervensi Edukasi Gizi

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284