ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

6 Manfaat Kesehatan Konsumsi Paprika

02 January 2019 07:00:01
Manfaat kesehatan paprika, manfaat mengkonsumsi Paprika,
Paprika (source: guardian.org)

ChanelMuslim.com - Meski Paprika berharga mahal, tetapi paprika memilki banyak manfaat bagi kesehatan.

Semua paprika ditanam sebagai paprika hijau atau capsicum. Mereka mulai berubah warna secara bertahap menjadi kuning, oranye dan akhirnya menjadi merah - tergantung pada berapa lama paprika ini bertahan di batangnya.

Nama ilmiah untuk paprika adalah Capsicum annuum L. Selain itu, warna Paprika menentukan kematangannya; warna yang lebih gelap mengindikasikan kandungan nutrisi yang dikandungnya juga.

Satu paprika ukuran sedang (kuning, oranye, merah) mengandung nutrisi Tembaga 2 mg, Serat 2 g, Folat 4 mcg, Mangan 2 mg, Magnesium 11mg, Kalium 349 mg, Fosfor 3 g, Protein 2 g, Selenium 9 mg, Vitamin B6 3 mg dan Vitamin C 341 mg.

Paprika sendiri selain dijadikan salah satu sayuran untuk salad juga digunakan untuk aneka tumisan, topping pizza atau dikreasikan dengan telur yang dipanggang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat konsumsi Paprika untuk kesehatan dilansir laman naturalfoodseries:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Dari Paprika kita bisa mendapatkan jumlah karotenoid yang memadai seperti beta-karoten dan lutenoid dari paprika. Komponen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

Ahli gizi telah mengungkapkan bahwa paprika mengandung sejumlah beta-karoten yang mirip dengan wortel dan cukup manjur untuk meningkatkan penglihatan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita melakukan fungsi-fungsi penting seperti menangkal bakteri menular untuk melindungi tubuh Anda dari efek buruknya. Untuk meningkatkan kondisi sistem kekebalan tubuh, kita perlu memasukkan makanan yang kaya akan vitamin C.

Paprika kaya akan vitamin C , dan konsumsi sayuran secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ahli gizi merekomendasikan memasukkan paprika ke dalam rutinitas kita apalagi jika kita menderita kekebalan tubuh yang lemah.

3. Bergizi untuk Janin

Ahli gizi merekomendasikan mengonsumsi folat untuk ibu hamil karena memberi nutrisi pada janin. Kita dapat menuai banyak nutrisi bersama dengan kandungan folat yang tinggi dari paprika untuk perkembangan janin yang sehat. Mengkonsumsi paprika mentah atau dimasak selama kehamilan dikatakan efektif untuk ibu hamil; Namun, mengkonsumsi makanan setelah berkonsultasi dengan dokter biasanya kita disarankan secara khusus selama kehamilan.

4. Ideal untuk Menurunkan Berat Badan

Sayuran serba guna berpotensi mengubah karbohidrat yang dikonsumsi menjadi energi. Dengan cara ini, tubuh tetap tidak terpengaruh oleh karbohidrat buruk yang terutama mengakibatkan obesitas dan kegemukan. Memasukkan paprika ke dalam diet sangat disarankan karena lebih sedikit kalori dan kandungan nol lemak. Oleh karena itu, mereka dapat menjadi pilihan bergizi dan berwarna untuk salad.

5. Untuk Kesehatan Pencernaan

Fungsi pencernaan yang tidak tepat menyebabkan diare, mual, muntah, dll. Yang sangat mengiritasi dan menguras. Ahli gizi merekomendasikan memasukkan paprika ke dalam makanan sehari-hari karena kandungan niasin yang tinggi ditemukan di dalamnya.

Niacin adalah vitamin B yang penting untuk meningkatkan kondisi sistem pencernaan Anda. Pencernaan makanan yang tepat akan memungkinkan tubuh kita menyerap mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang dikonsumsi setiap hari. Karenanya, tambahkan beberapa paprika ke salad dan pertahankan masalah pencernaan.

6. Antioksidan

Paprika dapat berfungsi sebagai antioksidan. Anda membutuhkan banyak antioksidan karena mereka memerangi sel kanker dan radikal bebas di tubuh untuk melindunginya dari penyakit kronis seperti kanker. Jika tidak dikonsumsi secara memadai, organ tubuh Anda juga dapat mengalami kerusakan oksidatif yang bisa berakibat fatal. Namun, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan manfaat antioksidan yang ditemukan dalam paprika pada pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Nah, masih ragu konsumsi Paprika?

Semoga bermanfaat. (jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat kesehatan paprika
manfaat mengkonsumsi paprika
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
02 December 2019 12:00:01

Manfaat dan Batasan Mengkonsumsi Belut yang Tepat

 
KESEHATAN
25 April 2019 09:00:03

7 Tips Ramadan agar Lebih Sehat

 
KESEHATAN
26 August 2019 06:06:56

5 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284