ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 14 November 2019 | 17 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KELUARGA

Ramadan dan Muatan Keharmonisan Keluarga

24 May 2018 22:33:30
Ramadan
Ilustrasi, foto: National Geographic.

ChanelMuslim.com- Ramadan tentu tidak semata sebagai bulan ibadah, atau hubungan antara manusia dengan Allah swt. Tapi juga sarat dengan pembinaan individu sebagai anggota keluarga. 

Muatan-muatan Ramadan yang begitu kental dengan pembinaan keluarga begitu tampak dan berbekas. Setidaknya, dalam ayat tentang Ramadan ini, Allah menyebut dua hal yang berhubungan dengan hal privasi hubungan suami isteri. 

Ayat pertama tentang seorang sahabat yang mengadu kepada Rasul untuk mengungkapkan taubatnya karena sudah berhubungan suami isteri di malam bulan Ramadan. Waktu itu, di malam hari memang masih dilarang berhubungan suami isteri. 

Dari kasus inilah, Allah swt. mengabarkan kepada sahabat itu, melalui Rasulullah saw., bahwa larangan itu sudah dihapus. Dan, Allah swt telah memaafkan dan menerima taubat sahabat tersebut.

Ayat kedua adalah berkenaan dengan kegiatan i’tikaf yang dilakukan Nabi saw. di bulan Ramadan. Di ayat itu, Allah melarang Nabi untuk berhubungan intim di malam bulan Ramadan dengan isteri beliau saw. Hal itu karena beliau saw. sedang melaksanakan ibadah i’tikaf, ibadah yang tidak pernah ditinggal Nabi sejak ayat tentang kegiatan bulan Ramadan ini diturunkan. 

Bahkan, Rasulullah saw. memperpanjang ibadah i’tikaf beliau hingga dua puluh hari dari yang biasanya sepuluh hari di saat tahun terakhir kehidupan beliau saw. 

Selain dari dua singgungan di atas sebagai hubungan antara Ramadan dengan kehidupan berkeluarga, berikut ini bisa menjadi hal yang bisa memberikan muatan tersendiri antara Ramadan dengan keluarga. Antara lain.

1. Target utama Ramadan, yaitu ketakwaan, merupakan inti dari mutu seorang hamba Allah swt. Baik ia sebagai individu maupun sebagai anggota keluarga dan masyarakat. 

Sebagai anggota keluarga, takwa menjadikan siapa pun: suami, isteri, dan anak, memiliki karakter yang utuh dan berkualitas. Tidak suka bermanipulasi atau amanah sebagai anggota keluarga. 

Pembinaan ketakwaan selama satu bulan ini, akan sangat berbekas untuk individu muslim dalam posisinya dalam keluarga. Dan hal itu menjadi bekal untuk sebelas bulan berikutnya.

2. Momen Ramadan yang nyaris tak luput dalam kegiatan keluarga adalah makan bersama. Yaitu, pada kesempatan buka puasa dan sahur. 

Kesempatan ini menjadi sangat langka dan hanya ada di bulan Ramadan saja. Betapa sulitnya saat ini, di tengah kehidupan yang dinamis, adanya kesempatan seluruh anggota keluarga makan bersama dalam suasana yang begitu penuh berkah. 

Momen makan bersama ini begitu efektif untuk menjadi sarana mempererat jalinan keharmonisan keluarga: komunikasi, saling berbagi, dan lainnya.

3. Bulan Ramadan menghidupkan suasana keluarga yang menjadi dekat dengan Alquran. Ayah, ibu, dan anak-anak saling berlomba memperbanyak bacaan Alquran mereka. Lantunan Alquran menjadi begitu semarak di hampir tiap ruang rumah. 

4. Di bulan Ramadan pula, qiyamul lail atau salat malam menjadi agenda tersendiri keluarga. Sebuah momen yang sangat berbekas untuk semua anggota keluarga, khususnya anak-anak. 

5. Di akhir Ramadan, sebagai budaya Indonesia, ada momen untuk keluarga yang begitu spesial. Yaitu, momen silaturahim di awal Idul Fitri. Momen ini menjadi begitu indah dan sangat bersinergi dengan muatan keluarga.

Silaturahim berasal dari kata jalinan dan rahim. Atau dengan kata lain, penguatan jalinan keluarga besar satu kakek atau nenek, dan seterusnya. 

Kata rahim inilah yang menjadi pengarah kemana kunjungan dilakukan. Yaitu, kepada anggota keluarga besar. Bukan sekadar kepada teman, tetangga, atau yang lain. (mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
ramadan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KELUARGA
10 April 2018 14:47:20

Menjadi Ibu Seperti Awan

 
KELUARGA
06 February 2019 12:57:10

Sebegitu Mudahnya Wanita Masuk Surga

 
KELUARGA
28 July 2018 09:10:02

Tantangan Berat Orang Tua Zaman Now

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284