ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 14 Agustus 2020 | 25 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Bullying in Dinner

25 September 2017 10:57:54
Bullying in Dinner

ChanelMuslim.com - Dinner.

 Undangan dinner seharusnya menyenangkan, acara makan dan kumpul-kumpul. Tapi, di situ kerap saya melihat adanya bullying. Misal, antara teman, antara atasan pada bawahan, junior dan senior, acara kumpul-kumpul dan tertawa-tawa biasanya jatuh pada mentertawakan orang.

Saya yakin dalam pertemuan biasanya ada hati yang merasa tidak nyaman dengan sebab apapun. Tapi, itu adalah resiko pergaulan, semakin banyak membuka pertemuan dan pertemanan semakin banyak hal yang menyakitkan dan melihat wajah sakit.

Bullying terjadi pada;

1. Wanita cantik dan famous tapi orang ingin dekat cuma gak tahu gimana caranya, kadang hanya membuly dengan sindiran-sindiran, mengangkat sedikit kekurangannya agar orang peka bahwa dia ada kekurangan agar dia tidak tampak terlalu cantik. Biasanya ada unsur iri.

2. Siapa saja yang baik hati dan biasanya enak di bully karena hatinya baik dan selalu tersenyum mau diomongin apa saja. Tapi, saya baru tahu, hati-hati orang baik hati sekalipun, dia juga memendam ketersinggungan. Namun, bedanya dia mudah memaafkan karena baik hatinya itu dan juga karena baik hatinya itu, kemudian dia di bully lagi.

3. Kalau yang heboh sudah pasti kena bully juga dan biasanya untuk memeriahkan suasana, tapi tahukah kamu dibalik senyum sumringahnya dia tampak pasrah dan tetap ada raut wajah tak sedap kalau di bully keterlaluan walau tampaknya dia menikmati dan ikut tertawa dan membalas sesekali ketika jadi objek bully-an itu.

4. Bullying biasanya kalau orang iri hati, atau merasa diri lebih. Hati-hati untuk sebuah kebaikan, misalnya memberitakan kita mau umrah atau anak ada yang lulus dengan nilai baik, sifat iri tetap ada. Dan, siap-siap untuk di-bully atau diomongin di belakang.

Ya…, pertemuan tanpa bullying cuma pertemuan yang niatnya karena Allah, bicara tentang Allah dan berakhir karena Allah.

Maka, tak heran ada beberapa orang yang lebih ingin berteman dengan Al-Qur'an, sendirian tanpa ada bullying yang menyakitkan. Mengikuti tadabur Al-Qur'an atau halaqah Al-Qur'an malah hati jadi nyaman bukan rasa tak tenang berkepanjangan. Apalagi dengan adanya pertemuan tambahan di WhatsApp group (maaf yaa tadi maksud aku ngomong begini, karena...). 

Saat lunch atau dinner akan nyaman bila kita yang hadir punya tekad untuk menyenangkan kawan bukan menyenangkan diri sendiri dan mem-bully kawan. Aku termasuk yang suka mengajak lunch dan dinner tapi aku termasuk yang gak suka dengan suasana lunch dan dinner. Mungkin karena aku baperan atau tergolong wanita berhati lembut tak tahan guncangan pertemuan

Wahai orang-orang yang beriman janganlah salah satu kaum dari kalian menghina kaum yang lain, bisa jadi kaum yang dihina lebih baik dari pada yang menghina…” (QS. Al-Hujurat [49]: 11)

Wallahu'alam.

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
01 January 2020 14:53:09

Venezia, Kota Banjir Setiap Tahun

 
JENDELA HATI
03 January 2018 15:11:58

Nikmatnya Daurah

 
JENDELA HATI
24 May 2018 14:18:37

Rezeki Itu Adalah

 
JENDELA HATI
05 July 2018 10:34:45

Mujahid Tidak Ada Libur

 
JENDELA HATI
02 February 2019 13:15:03

Tidak Pura-Pura

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga