ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
EKONOMI

Banyak Kemudahan dalam Tabungan Haji BNI Syariah

15 October 2020 19:15:23
Talk Show Sharia Banking Online Festival pada Rabu (14/10/2020)
Banyak Kemudahan dalam Tabungan Haji BNI Syariah dalam Talk Show Sharia Banking Online Festival pada Rabu (14/10/2020)

ChanelMuslim.com- Tabungan haji menjadi satu jalan mudah untuk bisa mewujudkan niat besar menunaikan ibadah haji. BNI Syariah menawarkan kelebihan mengapa harus memilih rekening bank syariah, di antaranya selain peraturan, secara spiritual dan cara menyimpan dana serta mendapatkan dananya pun harus sesuai syariah.

Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah, Endang Rosawati menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu diketahui nasabah untuk memilih saat membuat tabungan bank syariah, hal ini diungkapkan dalam acara Talk Show Sharia Banking Online Festival pada Rabu (14/10/2020) melalui Zoom meeting.

Di dalam istilah perbankan syariah, akad adalah kesepakatan perjanjian atau sebuah ikatan antara nasabah dengan pihak bank. Ada beberapa hal perlu kita ketahui dalam memilih tabungan perbankan syariah.

"Pertama, yang membuat sah transaksi itu berawal dari akadnya, akad dalam bank syariah terdiri dari dua akad, ada Wadiah berupa titipan, Wadiah ini memberi keluasaan kepada bank mengelola dan untuk pembukaannya mulai dari Rp100.000," kata Endang.

Kemudian yang kedua, Mudharabah, yaitu bagi hasil, bank mengelola uang nasabah

dan bagi hasil, untuk pembukaan dimulai Rp500.000," ungkap Endang.

Sementara kelebihan lainnya yang terdapat dalam tabungan haji bank syariah adalah fasilitasnya yang tidak dimiliki bank konvensional yaitu fasilitas pengamanan dana dengan US$.

"Ini merupakan fasilitas yang disiapkan oleh bank, kemudian mendapat kemudahan dalam sistem, kemudahan dalam penggunaan keuangan saat di tanah suci. Hal itu harus diperhatikan pada saat memilih tabungan haji," kata Endang.

Misalkan nasabah ingin berhaji khusus, sementara haji khusus itu biayanya menggunakan US$, sementara kita ketahui kurs dollar terhadap rupiah itu fluktuatif nilainya, kadang naik kadang turun.

"Kalau kita ingin mengamankan dana itu supaya cukup untuk biaya haji khusus, maka disarankan untuk membuka rekening yang US$, jadi sampai tahun keberangkatan pun, nilai tetap terjaga, ini untuk haji khusus, dan pada saat pelunasan, nasabah akan diberikan ATM yang dapat digunakan di tanah suci dan tidak dikenakan biaya rekening karena biaya ini khusus untuk ibadah," jelasnya.

Endang mengungkapkan alasan yang paling mendasar mengapa harus memilih bank syariah.

"Kenapa harus BNI Syariah? Dasarnya adalah peraturan pemerintah nomor 4 tahun 2018, bank syariah ditunjuk sebagai penerima setoran oleh Kementerian Agama, dan mewajibkan pendaftaran haji harus menggunakan tabungan dari bank syariah. Kalau ada yang menyimpan uang di bank konvensional, harus dipindahkan dulu ke bank syariah," ujar Endang.

Endang menjelaskan bagaimana jika nasabah dari BNI konvensional ingin berpindah ke BNI Syariah, ternyata proses pemindahannya tidak memerlukan proses yang rumit. Nasabah BNI cukup datang ke cabang terdekat untuk membuat tabungan tersebut.

"Jadi nasabah BNI bisa datang ke BNI tempat membuat tabungannya, dan minta dibuatkan rekening BNI Syariahnya karena BNI Syariah dan BNI konvensional punya kerja sama untuk melayani nasabah yang ingin membuka rekening BNI Syariah," tutupnya.

Acara Sharia Banking Online Festival ini dihadiri lebih dari 200 peserta dan diakhiri dengan pembagian hadiah kepada seluruh peserta yang bisa menjawab pertanyaan-pertannyaan seputar bank syariah.[ind/Walidah]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
talk show sharia banking online festival pada rabu (14/10/2020)
 
BERITA LAINNYA
 
 
EKONOMI
22 September 2020 09:03:14

Poin Kritis RUU Bank Indonesia

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284