ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 05 Juli 2020 | 15 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
EDITORIAL

Ketika Anies Baswedan Dahulukan Masjid Sebelum Mal dan Toko

05 June 2020 08:33:14
anies baswedan, corona, dki jakarta
Anies Rasyid Baswedan dan Masjid, foto: padangkita.com

ChanelMuslim.com- Pemprov DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB. Berbeda dengan PSBB sebelumnya, periode pasca 4 Juni ini merupakan masa transisi menuju ‘new normal’ atau kebiasaan baru. Penerapan masa transisi ini akan berakhir akhir Juni.

Ada yang menarik dari kebijakan Pemprov DKI ini. Bukan sekadar dari kebijakan masa transisi yang belum terdengar di wilayah lain sebagai kehati-hatian naiknya kembali angka penyebaran corona. Tapi, pada pemilihan sektor mana yang didahulukan dan mana yang dikemudiankan.

Pada hari pertama masa transisi, beberapa sektor sudah diperbolehkan beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Antara lain, fasilitas olah raga outdoor dan rumah ibadah yang di dalamnya masjid.

Sementara, pertokoan, perkantoran, perindustrian, pergudangan, museum, galeri, dan ojek pengangkut penumpang baru bisa beroperasi pada 8 Juni. Kapan mal dibuka? Mal dan pasar non pangan baru dibuka pada tanggal 15 Juni, atau sepuluh hari setelah rumah ibadah diizinkan beroperasi.

Kebijakan ini berbeda dengan wilayah lain di mana mal lebih dahulu dibuka sebelum masjid. Bahkan ada juga wilayah yang membiarkan mal tetap beroperasi selama PSBB, tapi masjidnya ditutup.

Sejumlah tafsiran bisa diambil dari kebijakan PSBB masa transisi di DKI Jakarta ini. Antara lain, DKI Jakarta ingin memperlihatkan kepada seluruh wilayah lain di Indonesia bahwa rumah ibadah yang di dalamnya masjid merupakan hal yang sangat prioritas sebelum membuka sektor lain, termasuk sektor yang berurusan dengan duit dan makan.

Membuka masjid sebelum perkantoran, mal, dan toko; menyiratkan bahwa hal yang paling dibutuhkan oleh bangsa Indonesia di saat musibah wabah ini adalah pemenuhan kebutuhan ruhani. Dari sinilah, umat bisa beribadah dan berdoa kepada Yang Maha Berkehendak untuk bisa dilindungi dan diselamatkan dari bahaya wabah ini.

Inilah pengamalan dari Pancasila yang tanggal kelahirannya dirayakan bangsa ini 1 Juni lalu. Sila pertama dari Pancasila bukan soal ekonomi dan politik. Melainkan, hubungan yang dekat antara manusia dengan tuhannya, Allah swt.

Kedua, recovery atau penyembuhan dari hantaman musibah wabah yang dialami bangsa ini, setidaknya selama 3 bulan terakhir, harus diawali dengan penyembuhan mental spiritualnya. Bukan pada kantongnya, apalagi perut dan syahwatnya.

Ketiga, kebijakan membuka masjid sepuluh hari lebih awal dari membuka toko dan mal oleh Pemprov DKI Jakarta menunjukkan bahwa sang pemimpin tertinggi di daerah tersebut tidak tersandera oleh cukong dan konglomerat. Pemprov DKI lebih mengutamakan keselamatan dan kesehatan warganya daripada memberikan kepuasan kepada para cukong dan konglomerat.

Inilah salah satu bentuk independensi seorang pemimpin dan pejabat publik. Bahwa, kepentingan dan kemaslahatan warganya jauh lebih utama dari tekanan dan godaan para cukong dan politisi busuk.

DKI Jakarta kini menjadi sorotan dan teladan untuk wilayah lain di Indonesia bagaimana memulai ‘new normal’ yang sebenarnya. Bahwa pendekatan spiritual melalui penyegeraan membuka rumah ibadah benar-benar terwujud dalam kebijakan nyata, bukan pencitraan dan basa basi yang kini marak dilakukan para pemimpin bangsa ini.

Kami ucapkan selamat dan hormat kepada Pemprov Jakarta. Selain telah berhasil melindungi warganya dari bahaya wabah, juga telah meneladani tetang langkah yang jauh lebih utama di masa ‘new normal’ yang akan diterapkan. Bukan mal dan toko. Tapi, rumah ibadah. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
anies baswedan
corona
dki jakarta
 
BERITA LAINNYA
 
 
EDITORIAL
03 February 2020 10:40:09

Selamat Jalan, Guru Bangsa, KH Sholahuddin Wahid

 
ADVERTORIAL
05 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
EDITORIAL
22 June 2020 08:59:27

Ultah 493: Jakarta Bebas 'PKI'

 
EDITORIAL
20 January 2020 15:13:00

Bully dan Budaya Keluarga Kita

 
EDITORIAL
21 August 2019 15:59:05

Ceramah UAS dan Penistaan Agama

 
EDITORIAL
23 July 2019 18:45:27

Maraknya Penolakan RUU PKS

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284