ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 16 Juli 2020 | 26 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Multaqa Ulama Asia Tenggara Tuntut Ulama Bekerjasama Sebarkan Ajaran Islam Rahmatan lil Alamin

20 November 2019 16:53:03
Multaqa Ulama Asia Tenggara Tuntut Ulama  Bekerjasama Sebarkan Ajaran Islam Rahmatan lil Alamin

ChanelMuslim.com - Ulama dituntut agar membumikan konsep maqasid syariah dalam tataran realitas kehidupan bernusantara dan beragama, serta bekerjasama dalam konteks kawasan Asia Tenggara untuk membawa kemakmuran melalui gagasan Rahmatan Lil ‘Alamîn. Demikian disampaikan oleh Menteri di Jabatan Perdana Menteri (Agama), Datuk Seri Dr. Mujahid Yusof, pada pembukaan Multaqa Ulama Asia Tenggara, Senin (18/11) di Sepang Malaysia.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Dakwah Islam Malaysia (YADIM) sekaligus penanggungajwab Pelaksana Multaqa Ulama Asia Tenggara 2019, Nik Omar Nik Abdul Aziz, bahwa pertemuan ini merupakan agenda perdana yang digagas oleh YADIM bertujuan menghimpun para ulama, ilmuwan, professional, dan aktivis dakwah di Asia Tenggara agar memberikan ide terbaik ke arah mewujudkan kemakmuran dan keamanan masyarakat berasaskan gagasan Islam rahmatan lil ‘alamin.

“Forum ini diselenggarakan berasaskan pada perintah Allah SWT untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan yang diwujudkan melalui program perluasan kebajikan MABIMS ke dunia luar, dan akan kita mulai pada tahun 2020 dari negara terdekat yang ada di kawasan Asia Tenggara antara lain Thailand, Kamboja, Myanmar, Laos, Filipina, dan Vietnam.” Lanjut Ketua YADIM.

Multaqa Ulama Asia Tenggara ini terdiri dari dua agenda, yaitu musyawarah dan mudzakarah. Sesi musyawarah dilaksanakan secara terbatas pada negara anggota MABIMS yang membincangkan agenda-agenda strategis dalam mengenalkan MABIMS dan programnya ke Dunia Luar tahun 2020. Musyawarah ini menghasilkan 4 (empat) program unggulan, yaitu: 

Pertama: Mensosialisasikan MABIMS ke dunia luar yang difokuskan pada negara-negara Asia Tenggara. Kedua: Memperluas kebajikan MABIMS dengan memberikan pelatihan bagi calon guru ngaji dan imam masjid di Thailand, Vietnam dan Kamboja. (Adapun pembagian tugas pelaksanaan program ini akan ditentukan oleh Sekretariat MABIMS) Ketiga: Melaksanakan pelatihan dakwah bagi da’i belia MABIMS dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. (Indonesia ditunjuk sebagai pelaksana) Keempat: Menyelenggarakan Multaqa Ulama Sedunia tahun 2020 di Malaysia.

Sedangkan agenda mudzakarah diikuti oleh seluruh perwakilan negara Asia Tenggara dan 450 tokoh agama Islam Malaysia. Mudzakarah ini mengambil tema “Wawasan Kemakmuran dan Kedamaian Rahmatan lil ‘Alamin” yang dibahas dalam 6 sesi dengan menghadirkan para ulama dan cendekiawan muslim yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara antara lain: Dr. Anwar Ibrahim (Malaysia), Prof. Dr. Mohammad Kamal Hassan (Malaysia), Prof. Madya Dr. Ismail Lutfi Japakiya (Thailand), dan Drs. Muhammad Siddik, MA (Indonesia).

Dalam mudzakarah ini, Anwar Ibrahim menyampaikan isu islamophobia yang tidak asing bagi negara barat, tetapi jarang muncul di negara-negara Asia. Menurutnya, perlu disadari bahwa Islam mendapatkan serangan dari lini politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, menurutnya, dakwah harus diberikan ruang yang lebih terbuka untuk memberikan pemahaman tentang konsep ekonomi, konsep keadilan, konsep politik, konsep maqashid syariah, dan konsep rahmatan lil ‘alamin.

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
ADVERTORIAL
16 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
BERITA
10 December 2017 06:13:53

Ayah Bunda Waspadai Ancaman Difteri Pada Anak

 
BERITA
25 March 2019 13:37:43

Festival Indonesia 2019 di Skotlandia

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga