ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 14 Desember 2019 | 17 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
BERITA

Mendirikan Koperasi Syariah untuk Melawan Rentenir

14 August 2019 16:54:41
Mendirikan Koperasi Syariah untuk Melawan Rentenir
Foto: Official

ChanelMuslim.com - Pendirian koperasi di Indonesia secara umum bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan turut serta menciptakan tatanan perekonomian yang berkeadilan. Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 pasal 3, tujuan penciptaan koperasi di Indonesia adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tantangan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Koperasi Bersatu Kerabat Pulo Kambing (KBKPK) yang terletak di RW 02 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung Kota Jakarta Timur merupakan salah satu koperasi yang didirikan oleh sekelompok warga setempat dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Di mana kondisi ekonomi masyarakatnya adalah pengusaha produksi Meubeul serta sebagian besar lagi adalah buruh, baik buruh pabrik ataupun buruh cuci gosok sehingga kalau dirata-ratakan, kondisi perekonomian masyarakat sekitar masuk dalam kategori Pra Sejahtera (miskin).

Kemiskinan dan pendapatan mayoritas masyarakat yang berprofesi sebagai buruh ini menerima upah di bawah UMR, sehingga mendorong mereka untuk mengajukan pinjaman pada rentenir demi memenuhi kebutuhan hidup. Keinginan untuk mengubah kebiasaan warga yang terjerat Rentenir atau Bank Keliling serta untuk mensejahterakan warga pulokambing, maka pada tanggal 8 Januari 2014 didirikanlah Koperasi BKPK dengan anggota awal berjumlah 20 orang. Jumlah anggota tersebut terus bertambah hingga saat ini sudah mencapai 1.152 orang anggota.

Sejak tanggal 8 Juni 2016, Koperasi Besatu Kerabat Pulo Kambing menyatakan untuk merubah sistem operasional menjadi koperasi syariah. Namun baru mendapatkan legalitas resmi pada tahun 2018 dengan akte notaris nomor 180 Tahun 2018. Di mana fokus bisnis yang dijalankan adalah memberikan pembiayaan kepada UMKM untuk tujuan produktif baik modal kerja maupun investasi. Di antara produk-produk yang dimiliki oleh Koperasi Besatu Kerabat Pulo Kambing adalah:

1. SimBer (Simpanan Bersatu)

2. IMB ( Investasi Mudharbah Berjangka )

3. NyiMas (Nyicil Emas)

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
04 June 2019 04:52:42

Lebaran, BAZNAS Buka Layanan Posko Mudik

 
BERITA
03 September 2017 11:56:50

Aksi Solidaritas Rohingya di CFD Jakarta

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284