• Tentang Kami
  • Iklan
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Kamis, 13 Agustus, 2026
No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah
Chanelmuslim.com
No Result
View All Result
Home Berita

Konsumsi Oat Bantu Kurangi Kolesterol Jahat dalam Darah

13/07/2021
in Berita
Resep Ikan Bakar Sambal Kecap

Foto: Pexels

81
SHARES
625
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsappTelegram
ADVERTISEMENT

Chanelmuslim.com – Oat atau gandum merupakan salah satu pilihan menu sarapan sehat. Selain mengenyangkan, oat juga bisa bantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Demikian disampaikan oleh tim peneliti dari St. Michael’s Hospital, Toronto, berdasarkan hasil pengamatannya terhadap 58 hasil studi klinis yang melibatkan 4 ribu responden.

Beberapa penelitian difokuskan pada LDL alias kolesterol ‘jahat’. Namun studi terbaru menemukan bahwa oat juga berdampak pada dua penanda lainnya yakni kolesterol non-HDL dan apolipoprotein B (apoB). apoB sendiri merupakan sebuah lipoprotein yang membawa kolesterol jahat dalam darah.

“Studi meta-analisis secara acak ini menyimpulkan bahwa makan oat bisa mengurangi semua tiga penanda yakni kolesterol LDL, kolesterol non-HDL, dan apoB. Ini informasi yang sangat penting bagi orang-orang dengan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2,” tutur peneliti.

Menurut mereka, pasien dengan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2 sebagian besar biasanya tidak mengalami peningkatan kadar kolesterol LDL.

Dalam studi ini, peneliti Vladimir Vuksan dan rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap 58 uji klinis yang melibatkan sekitar 4 ribu responden dari seluruh dunia. Ditemukan bahwa diet dengan 3,5 gram serat beta-glukan dari gandum dalam sehari membantu menjaga kadar kolesterol LDL, kolesterol non-HDL dan apoB.

Kajian ini menemukan bahwa secara keseluruhan, kolesterol LDL berkurang 4,2 persen, kolesterol non-HDL 4,8 persen, dan apoB 2,3 persen.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa makan 3 gram serat oat setiap hari, yang terdapat pada semangkuk oatmeal, dapat menurunkan kadar kolesterol total sebanyak 23 persen. “Hasil studi kali ini melengkapi hasil studi sebelumnya,” imbuh Vuksan, dalam hasil studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal British Journal of Nutrition tersebut.(ind/dethealth)

Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM
Previous Post

Resep Tahu Bulat, Gurih-gurih…Nyoiii

Next Post

Minoritas Muslim di Kamboja Mulai Bebas Jalankan Ibadah

Next Post

Minoritas Muslim di Kamboja Mulai Bebas Jalankan Ibadah

Mengenal Niujie, Masjid Tertua di Kota Beijing Cina

Mengenal Niujie, Masjid Tertua di Kota Beijing Cina

Kiat Atasi Ruam pada Ketiak Sehabis Mencukur

Kiat Atasi Ruam pada Ketiak Sehabis Mencukur

  • Bun, Yuk Kenali Gangguan Pencernaan pada 1.000 Hari Pertama Bayi

    124 Nama Sahabiyat untuk Bayi Perempuan

    9088 shares
    Share 3635 Tweet 2272
  • Doa Tolak Bala di Akhir Bulan Safar dan Keutamaannya

    204 shares
    Share 82 Tweet 51
  • Pagelaran Fashion Muslim Modest Wear Ramadan in Style

    660 shares
    Share 264 Tweet 165
  • HOKA Ungkap Keunggulan Sepatu dengan Maksimum Cushioning dan Pilihan untuk Beragam Aktivitas

    69 shares
    Share 28 Tweet 17
  • Ashanty, Anang dan Azriel Rayakan Wisuda Bersama di Universitas Airlangga

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Ayat Al-Qur’an tentang Traveling

    1184 shares
    Share 474 Tweet 296
  • Doa Ibu yang Mengubah Nasib Anak

    4116 shares
    Share 1646 Tweet 1029
  • Mandi Junub Menggunakan Shower

    5226 shares
    Share 2090 Tweet 1307
  • Bukan Hanya untuk Diet, Ini Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan Kulit

    67 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Doa Rabithah dan Keutamaan Membacanya

    2417 shares
    Share 967 Tweet 604
Chanelmuslim.com

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga

Navigate Site

  • IKLAN
  • TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
  • REDAKSI
  • LOWONGAN KERJA

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga