ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 04 Juli 2020 | 14 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

DMC Dompet Dhuafa Susur Wilayah Terparah Banjir di Bengkulu

30 April 2019 11:35:02
Dompet Dhuafa

ChanelMuslim.com- Hujan deras yang mengguyur seluruh wilayah di Bengkulu, Kamis hingga Sabtu (27/4) telah menyebabkan banjir besar yang juga menyebabkan longsor di beberapa wilayah Bengkulu. Dampak banjir dan longsor di Bengkulu hingga Senin (29/4) mengakibatkan di 8 kabupaten Bengkulu masih tergenang banjir.

“Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC) menurunkan para relawan untuk menyisir lokasi terdampak dan mengevakuasi para korban dengan cepat memberikan pertolongan. Selain melakukan evakuasi para korban, para tim DMC mencatat kebutuhan para korban antara lain yaitu Selimut, alas tidur, obat-obatan, perlengkapan bayi, hygiene kit, peralatan masak dan tempat tenda," ujar Imam Rulyawan MARS, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi, Selasa (30/04).

Sulitnya akses air bersih sangat menyuklitkan para korban, maka dari itu air bersih serta sarana sanitasi sangat dibutuhkan. Kebutuhkan pokok makan dan minuman yang sangat paling dibutuhkan korban banjir longsor Bengkulu.

Data yang diperoleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai hari Ahad (28/4) terdapat 13 ribu jiwa yang terkena dampak banjir dan 12 ribu jiwa di antaranya harus mengungsi. Banjir longsor di Bengkulu  yang terjadi di 9 kabupaten atau kota menyebabkan 29 jiwa meninggal dunia, 13 jiwa hilang, 2 jiwa luka berat dan 2 jiwa luka ringan.

Banjir tersebut bukan merenggut korban jiwa saja banyak juga infrastuktur menjadi hancur. Terdapat 40 titik infrastruktur rusak seperti akses jalan tertutup material longsor, 4 sekolah rusak serta 184 rumah tinggal rusak akibat banjir longsor.

DMC Bersama TNI, Polri serta BASARNAS membantu mengevakuasi warga, serta medirikan bantuan dasar keapada pengungsi. Belasan ribu warga yang mengungsi kini membutuhkan bantuan Mulai dari makanan siap santap, selimut, air bersih hingga obat-obatan. Dampak bencana susulan yang mungkin terjadi ialah munculnya penyakit kulit dikarenakan minimnya air bersih, gangguan ISPA dan masih banyak lagi.

“Tidak ada satu orangpun yang dapat memperediksi datangnya bencana alam. Terjadinya banjir dan longsor yang melanda Bengkulu sangat memperihatinkan mengingat seminggu menjelang datangnya bulan Ramadan,  mereka diberikan cobaan yang cukup berat. Sudah menjadi kewajiban kami Dompet Dhuafa bersama tim relawan siap turun kelapangan membantu dengan cepat dan sigap para korban banjir serta longsor tersebut," pungkasnya. [

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
dompet dhuafa
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
04 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
BERITA
10 July 2018 20:40:11

Merajut Ukhuwah, KDSM Kunjungi Ustaz

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284