ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 16 Oktober 2019 | 17 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Jangan Sia-siakan Ramadhan Kita

30 April 2019 10:31:07
jangan,sia-sia,ramadhan
pexels.com

ChanelMuslim.com - Alhamdulillah bulan Ramadhan sebentar lagi datang. Seperti yang kita ketahui, ini adalah bulan di mana rahmat Allah turun ke bumi tanpa batas. Kasih sayang Allah inilah yang memberi kita kekuatan untuk menahan diri dari makanan dan minuman di siang hari dan kemudian berdiri untuk shalat dan berdoa sampai larut malam. Faktanya, semua kebaikan yang dijanjikan kepada kita di bulan Ramadhan memperjelas bahwa Allah ingin kita mengambil manfaat yang maksimal dari bulan ini dan menggunakannya untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik. Namun, kita terkadang menyesali Ramadhan kita yang telah lalu karena pada kenyataannya, kita tidak melakukan ibadah sebanyak yang seharusnya kita lakukan. Banyak dari kita menjalankan hidup setelah Ramadhan dengan sedikit atau bahkan tanpa perubahan. Di bawah ini adalah beberapa poin yang akan menjadi motivasi agar kita menggunakan waktu sebaik mungkin di bulan suci Ramadhan kali ini.

1. Persiapan

Bersiaplah untuk bulan Ramadhan jauh sebelum Ramadhan tiba. Pastikan kita siap secara fisik dan mental untuk bulan ini. Bagi Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, segera mencari saran secara medis dan hukum syariat terkait dengan puasa di bulan Ramadhan.

2. Konsistensi

Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HR. Muslim)

Untuk menjaga konsistensi buatlah jadwal. Bagi mereka yang bekerja, bedakan antara hari kerja dan hari libur. Pada hari-hari kerja, istirahatlah yang cukup, tidak tidur terlalu malam, taap pada tujuan ibadah harian Anda seperti shalat tarawih dan tilawah quran. Buatlah jadwal yang realistis dengan kondisi Anda.

3. Ramadhan adalah bulan quran

"Bulan Ramadhan di mana Al quran diturunkan" (QS.Al baqarah:185)

Bulan Ramadhan adalah bulan quran. Mereka yang tidak bisa membaca Al quran dengan lancar, pastikan Anda belajar membaca Al quran pada bulan ini. Ingatlah tugas Anda untuk belajar melafalkan dengan benar, jadi temukan seseorang yang dapat mengajar Anda. Mereka yang dapat membaca dengan benar, tekadkanlah untuk mengkhatamkan al quran setidaknya sekali. Ikuti panduan yang menunjukkan berapa banyak yang harus dibaca dalam sehari, dan masukkan ke dalam jadwal Anda.

4. Hindari berbuat dosa

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thabrani)

Semoga kita tidak termasuk ke dalam orang-orang yang disebutkan dalam hadits ini. Semua ibadah tidak akan berhasil jika kita melakukan dosa saat berpuasa. Hindari tempat-tempat yang tidak perlu karena dapat menyebabkan fitnah, dusta, dan buang-buang waktu.

5. Perbanyak doa

"Dua adalah inti dari ibadah" (HR. Tirmidzi)

Tetapkan waktu untuk berdoa, khususnya waktu sebelum berbuka puasa. Sibukan diri kita dan keluarga untuk menyiapkan berbuka puasa 10-15 menit sebelum adzan berkumandang. Begitu waktu berbuka tiba sibukan diri kita dengan permohonan kepada Allah karena waktu berbuka adalah waktu dimana doa-doa kita dikabulkan Allah. Perbanyak doa agar hidup kita penuh keberkahan, rezeki yang halal, ibadah yang diterima oleh Allah dan semoga kita mampu menjalankan kehidupan sesuai dengan kehendak Allah. Jangan lupakan umat Islam di seluruh dunia dalam doa-doa kita.

Semoga Allah menerima puasa dan doa kita, dan semoga Dia menghilangkan penderitaan umat melalui keberkahan Ramadhan. [Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
jangan
sia-sia
ramadhan
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
24 July 2018 07:00:02

Ketika Kita Melesat Lebih Jauh

 
SUAMI ISTRI
26 November 2018 09:18:04

Adab Mulia Istri di Rumah

 
SUAMI ISTRI
26 July 2018 14:40:40

Sayur Asem dan Ikan Asin

 
SUAMI ISTRI
17 October 2018 19:48:46

Istri Qanaah dan Harta yang Berkah

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284