ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 11 Agustus 2020 | 22 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
AYAH BUNDA

Mengenal Skizoafektif yang diderita Perempuan Bawa Anjing ke Masjid

04 July 2019 16:23:11
gangguan skizoafektif

ChanelMuslim.com - Tim medis gabungan Rumah Sakit Polri Kramatjati memastikan jika SM, perempuan yang membawa anjing ke dalam masjid, menderita gangguan jiwa skizofrenia tipe paranoid dan skizoafektif.

Selama diperiksa, sikap SM cepat berubah dan sering mengamuk. Kesimpulan terhadap kondisi kejiwaan SM melibatkan dokter jiwa dari sejumlah rumah sakit yang selama ini merawat pelaku. Dalam tayangan video viral saat SM masuk masjid sambil membawa anjing pun terlihat bagaimana ia mengamuk hingga menendang orang lain.

Skizoafektif adalah salah satu jenis penyakit mental yang sering disangka sebagai “gila” atau kesurupan. Gangguan skizoafektif adalah gangguan mental di mana seseorang mengalami gabungan gejala skizofrenia, seperti halusinasi atau delusi, dan gejala gangguan suasana hati seperti depresi atau mania.

Ada dua jenis gangguan penyakit mental ini adalah tipe bipolar yang meliputi mania dan depresi berat, dan tipe depresi yang hanya mencakup gejala depresi saja.

Faktor penyebab munculnya skizoafektif hingga sekarang tidak diketahui dengan pasti. Namun ada beberapa penyebab yang ditenggarai sebagai penyebab utama munculnya penyakit ini, yaitu Faktor genetik dalam keluarga yang memiliki  gangguan skizoafektif, skizofrenia atau gangguan bipolar, mengalami stres berlebihan, atau mengonsumsi obat psikoaktif dan psikotropika.

Gejalanya masing-masing penderita berbeda-beda, tergantung pada jenis gangguannya, apakah tipe bipolar atau tipe depresi. Seseorang yang mengalami gangguan skizoafektif biasanya akan mengalami sebuah siklus gejala. Ada saat di mana mereka mengalami gejala berat dari gangguan ini, lalu diikuti dengan membaiknya gejala. Berikut gejala yang biasa ditunjukkan oleh seseorang yang mengalami gangguan skizoafektif:

- Delusi. Memiliki kesadaran palsu dari pemaknaan kenyataan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.
- Halusinasi. Sering mendengar suara atau melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada.
- Gejala depresi. Sering kali merasa hampa, sedih, dan tak berharga.
- Gangguan suasana hati. Terjadi perubahan suasana hati atau peningkatan energi secara tiba-tiba yang tidak sesuai dengan perilaku atau karakter.
- Gangguan komunikasi. Jika diberikan pertanyaan hanya akan menjawab sebagian pertanyaan atau malah memberikan jawaban yang sama sekali tidak berhubungan dengan pertanyaan.
- Tidak bisa melakukan aktivitas keseharian. Mengalami penurunan dalam produktivitas kerja dan prestasi di sekolah.
- Tidak peduli dengan penampilan. Seseorang yang mengalami gangguan ini, tidak bisa merawat dirinya sendiri dan tidak peduli dengan kebersihan.

 

Gangguan skizoafektif yang tidak segera mendapatkan pengobatan dan perawatan akan menyebabkan berbagai masalah dalam melakukan tugas sehari-hari, termasuk penurunan dalam produktivitas kerja dan prestasi di sekolah akibat gejala-gejala penyakit mental ini. [Maya/sumber: hellosehat.com dan liputan6.co.id]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
gangguan skizoafektif
 
BERITA LAINNYA
 
 
AYAH BUNDA
03 December 2018 16:20:37

Ayah Bunda, Kenali Faktor Terjadinya Kekerasan pada Anak

 
AYAH BUNDA
15 August 2019 22:45:10

Wahai Ayah Bunda Engkau Muaddib (Bag. 2)

 
AYAH BUNDA
20 December 2017 15:38:41

Ibu, Madrasah Pertama dan Utama

 
AYAH BUNDA
21 December 2017 21:22:43

Bahagia Rekayasa

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga