ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Panduan Orang Tua Membaca Untuk Batita

23 February 2018 13:07:12 orang tua, membaca, batita, pintar, cerdas, alquran, tumbuh kembang
Foto: Readingrockets

ChanelMuslim.com – Di artikel sebelumnya ‘Manfaat Membaca Kepada Batita’, orang tua sudah tahu bahwa membaca kepada batita memiliki banyak sekali manfaat. Meskipun terdengar masih asing dan sangat tidak mungkin, orang tua memang sebaiknya mulai sering melatih diri membaca kepada batita. Tentu saja, orang tua mengalami kesulitan memulai membiasakan diri membaca kepada batita.

Namun, jangan khawatir, dilansir dari Boldsky, beberapa panduan orang tua untuk membaca kepada batita, ulasannya bisa disimak berikut ini.

1. Waktu tepat mulai membaca kepada batita

Tidak ada waktu yang tepat untuk mengenalkan batita pada kegiatan membaca. Orang tua bisa membaca kepada batita sejak dalam kandungan. Bisa juga memulai membaca segera setelah batita lahir. Walaupun belum tahu apa yang orang tua bicarakan tetapi batita bisa mendapatkan manfaat membaca dari mendengarkan. Suara dan irama bacaan orang tua akan membantu batita memiliki kemampuan mendengarkan lebih baik ketika telah dewasa. Hal ini juga membantu menstimulasi indra pendengarannya.

2. Membaca dengan suara berirama

Baca juga : Manfaat Membaca Kepada Batita

Kegiatan membaca kepada batita ditujukan untuk membantunya memahami irama dan bahasa suara. Bukan hal yang penting terkait apa yang orang tua bacakan namun hal yang penting ketika membaca dengan irama. Cobalah untuk berbicara dengan jelas dan perlahan untuk membantu batita mengambil nada dan suara. Pengulangan irama merupakan hal lain yang harus diingat. Hal tersebut akan membantu dalam membangun bahasa batita. Orang tua juga dapat mencoba berbagai nada atau menggunakan suara yang berbeda untuk setiap karakter dalam bacaan. Perilaku tersebut akan membuat batita tertarik.

3. Berinteraksi dengan batita saat membaca

Jangan membaca secara monoton. Coba dan sertakan batita dengan gerakan. Ajukan juga pertanyaan dengan nada bertanya meskipun batita belum cukup umur untuk mengerti dan menjawab. Namun, jangan benar-benar berharap batita akan menjawab, orang tua bisa menjawab sendiri pertanyaan tersebut. Hal ini hanya bagian dari membangun interaksi dan menarik perhatian batita.

4. Jangan mencoba menyelesaikan buku setiap hari

Baca juga : Tips Kembangkan Imajinasi Anak

Tidak perlu berhasrat menyelesaikan satu buka bacaan setiap hari. Orang tua bisa hanya membaca bagian halaman atau satu dua huruf pun tidak masalah. Selalu perhatikan setiap ciri kebosanan atau kegelisahan yang ditunjukan batita. Jika terjadi ciri tersebut, orang tua dapat menghentikan kegiatan membaca. Sebaiknya, membaca dilakukan dengan menyenangkan dan bukan dengan memaksa batita untuk dibacakan.

Demikianlah ulasan panduan orang tua untuk membaca kepada anak. Orang tua bisa memulai dengan membacakan Alquran. Lantunan bacaan Alquran akan dimengerti batita melalu irama dan suara. Lakukanlah sedini mungkin bahkan saat masih dalam kandungan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (Wnd)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
orang tua
membaca
batita
pintar
cerdas
alquran
tumbuh kembang
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
TUMBUH KEMBANG
12 December 2017 05:59:43

Artikulasi dan Baby Talking



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga