ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Tips Membawa Anak-Anak ke Mall

01 May 2018 20:50:32 #parenting #anak #tempatumum #anak hilang
twenty20.com

ChanelMuslim.com - Membawa anak-anak ke tempat keramaian seperti mall, pasar, stasiun, dan terminal sangat berisiko. Orang yang banyak dan berlalu lalang bisa membuat perhatian siapapun terpecah. Apalagi anak-anak, mereka akan mengikuti sesuatu yang menarik perhatiannya. Sudah banyak kasus yang terjadi ketika anak lepas dari pengawasan orangtua.

Yang harus menjadi perhatian kita sebagai orangtua adalah, pengawasan terhadap anak merupakan kewajiban kita. Jika kita lalai pada kewajiban ini akibatnya bisa sangat fatal dan akan membuat kita menyesal seumur hidup.

Kejadian yang sering dialami orangtua saat membawa anak ke tempat keramaian seperti anak yang hilang, merusak barang, bahkan sampai kecelakaan. Kita harus benar-benar menyadari, ketika membawa anak ke tempat umum yang dipenuhi beragam orang yang asing bagi kita akan banyak kemungkinan yang terjadi. Bukan sekedar hilang dan merusak barang tapi juga perkara kesehatan dan kriminal. Dengan begitu banyaknya orang pada ruang terbuka, akan memudahkan bagi beberapa penyakit menular menyebar dan beberapa kasus criminal seperti pencurian dan penculikan.

Semua kejadian buruk di atas terjadi saat perhatian orangtua sedang lemah. Banyak sebab yang membuat pengawasan orangtua menjadi lemah.  Zaman serba digital begini membuat banyak orangtua disibukan dengan gadgetnya. Asyik chating dengan teman sampai tidak sadar jika anaknya sudah nyemplung di kolam ikan di taman kota. Asyik Selfie sampai tidak tahu jika anaknya memukul anak orang lain.

Sebab lain adalah saat orangtua disibukan dengan kegiatan belanja. Asyik pilih-pilih barang sampai tidak tahu jika anaknya berlari-lari di sepanjang lorong display barang dan kemudian anak kita berhasil menjatuhkan beberapa barang atau menabrak pengunjung lain.

Baca juga : Mengajarkan Keterampilan Kedewasaan

Untuk mengantisipasi beragam kejadian buruk yang bisa menimpa anak-anak, ada beberapa tips yang bermanfaat untuk Ayah Bunda saat mengajak ananda jalan-jalan di tempat umum.

1.Bekali anak dengan pengetahuan tentang ruang informasi dan petugas keamanan. Informasi ini bermanfaat untuk anak-anak saat kejadian buruk seperti terpisah dari orangtua.

2. Latih anak untuk menghafal namanya, nama orangtua dan alamat rumah. Ajarkan kepada mereka untuk memberikan informasi ini hanya kepada petugas keamanan.

3. Ingatkan anak untuk tidak mudah percaya dengan orang asing atau orang yang tidak dikenal. Segera menghindar dari orang asing itu.Latih mereka agar tidak mudah terkena bujuk rayu atau iming-iming apapun agar anak kita mau mengikuti orang asing itu.

Baca juga : Kurikulum Pembelajaran Islam yang Komprehensif

4. Jangan pergi ke tempat umum hanya dengan anak-anak tanpa ditemani oleh orang dewasa lain. Pergi mengajak anak-anak ke tempat umum tanpa ditemani orang dewasa lain itu sangat merepotkan. Ayah dan bunda bisa berbagi tugas pengawasan ketika di tempat umum.

5. Matikan gadget atau minimalkan penggunaan gadget saat Ayah Bunda berada di tempat umum bersama anak-anak.

6. Untuk anak usia hingga TK atau belum mampu berkomunikasi dengan baik dan pergi bersama rombongan sekolahnya, misalnya Outing Day ke Ancol, bekali anak dengan identitas diri dan alamat rumah atau sekolah.

Tanggung jawab pengawasan anak berada di tangan ayah bundanya. Namun ada satu hal penting yang perlu selalu kita minta, pengawasan dan penjagaan Allah Subhanallahu wa Ta’ala. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
parenting
anak
tempatumum
anak hilang
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
31 May 2018 13:26:54

Tugas Perkembangan Masa Remaja

 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
17 October 2018 12:44:52

Berkahnya Memiliki Anak Perempuan

 
PARENTING
22 February 2018 07:38:34

Doa Orangtua Pelita bagi Anak

 
PARENTING
17 September 2018 11:33:52

Sekolah Pertama itu Dinamakan Ibu


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga