ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 16 Desember 2019 | 19 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
WISATA

Afrikanya Pulau Jawa, Ini 5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Taman Nasional Baluran

19 November 2019 06:22:06
Wisata, taman nasional Baluran, alamat taman nasional Baluran? wisata keluarga di Jawa timur
Taman Nasional Baluran Facebook

ChanelMuslim.com - Masya Allah, sahabat muslim. Keindahan alam di timur Pulau Jawa ini begitu mempesona. Ciptaan Allah yang maha Indah di setiap sudutnya ini membuat kita ingin mengunjunginya. Bernama Taman Nasional Baluran yang juga sering dikenal Afrika nya Pulau Jawa.

Dilansir laman nativeindonesia menyebutkan bahwa Taman nasional adalah sebuah kawasan yang digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna.

Di banyuwangi, kurang lebih ada 3 taman nasional yang berdiri dan dijadikan sebagai objek wisata unggulan. Salah satunya adalah Taman nasional Baluran yang mendapatkan julukan sebagai little Africa ini Java.

Luas kawasan ini kurang lebih 25.000 ribu hektar. Di kawasan ini sahabat muslim aakan disuguhkan dengan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alam.

Layaknya Taman Nasional, di Baluran kita akan menemui jalan yang natural dan hewan-hewan yang bebas berkeliaran dan tidak ada listrik.

Tapi, ini lima Destinasi yang bisa kita kunjungi di Taman Nasional Baluran

1. TN Baluran Animals

Afrikanya Pulau Jawa,  Ini 5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Taman Nasional Baluran Facebook: Taman Nasional Baluran

Disini, kita bisa berkenalan dengan hewan-hewan yang dilindungi seperti banteng, kerbau, rusa, kera berekor panjang.

Mereka bebas berkeliaran di Padang rumput yang sangat luas.

2. Hutan Musim

Afrikanya Pulau Jawa,  Ini 5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Taman Nasional Baluran saat musim kemarau Foto: Facebook Taman Nasional Baluran

Hutan ini akan menyambut wisatawan yang datang ke sini setelah melewati pos penjagaan. Nah, yang dimaksud dengan hutan musim adalah hutan yang akan berubah-berubah sesuai dengan musimnya,

Saat musim penghujan, kita akan disuguhkan pesona hijaunya pepohonan. Tetapi,bila wisatawan datang pada musim kemarau, wisatawan akan dihibur dengan kondisi gersang. Warna coklat dengan dedaunan yang seakan rontok.

3. Hutan Evergreen

Afrikanya Pulau Jawa,  Ini 5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Taman Nasional Baluran Taman Nasional Baluran Facebook

Berbeda dengan kawasan Hutan Musiman, Hutan Evergreen akan selalu hijau dengan tanah yang subur. Ditambah aliran sungai yang berfungsi sebagai cadangan air untuk tumbuhan. Kawasan ini butuh waktu 3 km menikmatinya. Tetapi hawa sejuk dari hutan ini membuat hati jadi tenang dan damai.

4. Savana Bekol

Afrikanya Pulau Jawa,  Ini 5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Taman Nasional Baluran Facebook Taman Nasional Baluran

Di kawasan seluas 10.000 hektar ini, wisatawan akan disuguhi padang rumput serta pemandangan gunung nan esoktis.

Savana bekol memiliki sifat hampir sama dengan hutan musim. Dimana, saat musim penghujan, kawasan ini memiliki pesona hijau nan menawan. Biasanya, di saat musim penghujan ada banyak hewan yang bisa dilihat seperti rusa yang sedang makan rerumputan.

Disarankan, bagi wisatawan yang berkunjung ke sini untuk berhati-hati. Lantaran ini adalah alam bebas. Bisa-bisa bertemu dengan ular atau sekawanan banteng yang sedang datang. Lebih baik, sobat native berhenti dan biarkan mereka lewat terlebih dahulu. Atau jika, bertemu dengan ular tenang dan jangan panik

Jika, tidak ada halangan, kawasan ini memang mempesona. Tetapi, saat hewan datang tempat ini bisa membuat jantung berdebar dengan kencang. Salah satu kunci yang memang harus diperhatikan adalah jangan panik bila bertemu dengan hewan.

5. Pantai Bama

Afrikanya Pulau Jawa,  Ini 5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Taman Nasional Baluran Facebook: Taman Nasional Baluran

Sampailah kita di kawasan terakhir dari Taman Nasional Baluran. Pantai ini sangat sepi dan begitu nikmat dijadikan sebagai titik final dari petualangan di taman national baluran. Tetapi, ada satu hal yang harus diperhatikan disini, dengan hadirnya kawanan kera ekor panjang.

Mereka akan mengincar makanan yang akan dibawa. Kera disini cukup galak, jadi disarankan lagi untuk berhati-hati. Lebih baik. Menikmati pantai dengan putihnya pasir pantai dan ayunan yang tersedia disini. Apalagi, dengan pohon-pohon yang menjalar dan bisa dijadikan sebagai salah satu spot foto nan menarik.

Dilihat dari segi ombaknya pun tidak begitu kencang. Jadi, wisatawan bisa dengan aman berenang di kawasan ini. hanya jangan terlalu ke tengah ya. .

Alamat Taman Nasional Baluran berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. Kawasan ini memang perbatasan antara kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.

Meski kawasan ini begitu mempesona, jika berencana mengajak keluarga ke Taman Nasional Baluran. Usahakan membawa guide dan merencanakan jauh-jauh hari. Ditambah karena kawasan ini alami. Kita tidak bisa bermalam disana. Disarankan jam 3 sore sudah keluar dari kawasan ini.

Masya Allah. Selamat merencanakan liburan bersama keluarga tercinta. [jwt/nativeindonesia]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
wisata
taman nasional baluran
alamat taman nasional baluran? wisata keluarga di jawa timur
 
BERITA LAINNYA
 
 
WISATA
24 April 2019 09:00:02

Semua Warga Ibukota Wajib ke Bantar Gebang

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284