ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 03 Juli 2020 | 13 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

Marhaban Ya Ramadan

17 May 2018 07:09:49
Ustazah Wiwi Wirianingsih, marhaban ya Ramadhan, Ramadan 2018
Ilustrasi Ramadan (Foto: Investor Place)

ChanelMuslim.com - MARHABAN YA RAMADHAN

Di dalam hadits yang diriwayatkan dari Salman al-Farisi Radhiallahu'anhu; Bahwasannya Rasullullah ﷺ memberikan khotbah di hari-hari terakhir dibulan Sya’ban. Beliau Bersabda :

يا أيها الناس قد أظلكم شهر عظيم ، شهر مبارك ، شهر فيه ليلة خير من ألف شهر ، جعل الله صيامه فريضة ، وقيام ليله تطوعا ، من تقرب فيه بخصلة من الخير كان كمن أدى فريضة فيما سواه ، ومن أدى فريضة فيه كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه ، وهو شهر الصبر ، والصبر ثوابه الجنة ، وشهر المواساة ، وشهر يزاد في رزق المؤمن ، من فطر فيه صائما كان له مغفرة لذنوبه ، وعتق رقبته من النار ، وكان له مثل أجره من غير أن ينقص من أجره شيء .

"Wahai manusia sungguh kalian dinaungi oleh suatu bulan yang agung, bulan penuh berkah, bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan , bulan yang Allah ﷻ telah menjadi-kan puasaNya suatu kewajiban dan Qiyam (shalat) pada malam harinya suatu ibadah sunnah. Barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah ﷻ dengan suatu pekerjaan kebajikan (sunnah) di dalamnya, (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan kewajiban (fardhu) di bulan yang lain. Dan barang siapa yang menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, (ia diganjar pahala) sama dengan orang yang mengerjakan 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain. Ramadhan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga. Ramadhan itu adalah bulan menolong sesama dan bulan dimana Allah ﷻ menambah rizki para mukmin di dalamnya. Siapa saja yang pada bulan itu memberikan makanan berbuka kepada orang yang puasa, maka perbuatan itu menjadi pengampunan atas dosa-dosanya, pembebasan dirinya dari api neraka, dan ia mendapatkan pahala seperti pahala orang berpuasa yang diberinya makanan berbuka itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.”

[HR Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman]

Hadits diatas juga diriwayatkan oleh Al-hafidz Ibnu Khuzaimah dalam kitab sahihnya

[التهنئة بشهر رمضان]

أخرج الأصبهاني في الترغيب عن سلمان الفارسي قال: ( «خطب رسول الله صلى الله عليه وسلم في آخر يوم من شعبان فقال: أيها الناس إنه قد أظلكم شهر عظيم، شهر مبارك، شهر فيه ليلة خير من ألف شهر» ) - الحديث قال ابن رجب: هذا الحديث أصل في التهنئة بشهر رمضان.

Diriwayatkan oleh Imam Al-Asbihani di dalam At-Targhib

Dari Salman Al-farisi berkata; Rasullullah ﷺ berkhotbah di hari-hari terakhir di bulan sya'ban beliau bersabda; wahai manusia sungguh kalian dinaungi oleh suatu bulan yang agung, bulan penuh berkah, bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan (Al-hadits)

Berkata Ibnu Rajab; Hadits ini merupakan Hujjah bagi ucapan tahniah dibulan ramadhan.

Wallahu a'lam.

------

Madrasah Ramadhan

Aktivitas keagamaan dan kesadaran beragama kaum muslimin meningkat di bulan Ramadhan. Kaum muslimin berlomba-lomba melaksanakan ibadah dan berbuat kebajikan untuk orang lain.

Beginilah cara Allah mendidik hamba-Nya agar menjadi insan yang mulia. Selama satu bulan penuh kaum muslimin diwajibkan berpuasa agar raih derajat taqwa.

Karenanya para ulama, da'i dan pegiat kebaikan bertebaran di muka bumi untuk menyebarkan nilai-nilai ibadah di bulan Ramadhan : sahur, berpuasa, tilawah qur'an, shalat tarawih, qiyamullail, infak sedekah, memberi makan orang yang berbuka, mengokohkan keluarga, i'tikaf di sepuluh terakhir, zakat fitrah, dll.

Seharusnya praktek beramal ibadah di bulan Ramadhan berdampak kepada kesalehan pribadi dan kesalehan sosial di bulan-bulan lainnya. Insan bertaqwa jauh dari perilaku korupsi, santun, penuh kasih sayang, peduli, menjaga kedamaian, mampu wujudkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah, mengokohkan persatuan bangsa, dan semakin baik kualitas ibadahnya kepada Allah. Semoga Allah kabulkan doa-doa kita.

Wallahu a'lam.

Catatan Ustazah Wiwi Wirianingsih di akun Facebook 16 Mei 2018 Pukul 08.27

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah wiwi wirianingsih
marhaban ya ramadhan
ramadan 2018
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
30 May 2018 06:03:23

Mengurangi Bicara

 
ADVERTORIAL
03 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
USTADZAH
27 October 2019 05:41:04

9 Kiat Menumbuhkan Kecintaan Anak pada Masjid

 
USTADZAH
19 September 2019 06:29:30

Dakwah dengan Keteladanan

 
USTADZAH
23 September 2019 04:29:27

Budaya Prank

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284