ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 15 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

Cara Menghilangkan Perasaan Berat untuk Memaafkan Lagi

02 October 2020 08:00:01
Ustazah Aan Rohanah, Muhasabah, Adab-Adab Muhasabah, parenting anak,
Ilustrasi (source: Vickie champion)

ChanelMuslim.com - Hidup bersama pasangan itu terasa indah jika ia bisa selalu membahagikan. Namun selama hidup di dunia rasanya sulit untuk selalu bahagia, karena pasangan itu adalah manusia biasa yang memiliki banyak kekurangan.

Karena itu, terkadang akan merasa kecewa dan tersakiti oleh prilaku pasangan. Namun keluarga harus bisa menjaga keharmonisan, maka yang bersalah jangan merasa berat untuk minta maaf sehingga ia harus bisa menurunkan rasa egois dan rasa malunya untuk bisa minta maaf kepada pasangannya dan berusaha memproses dirinya agar berubah menjadi pribadi yang lebih baik , agar tidak berlarut-larut menyakiti perasaan orang yang dicintainya dan segera melepaskan diri dari murka Allah Subhanallahu Wa Taala.

Allah berfirman : " Dan bersegeralah mencari ampunan dari Tuhan kalian dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi ... " ( 3 : 133 ).

Terkadang terasa berat memaafkan kesalahan yang berulang kali, karena sudah terlanjur hati ini terluka , tersakiti dan sangat kecewa, namun ia harus menjaga ikatan pernikahan tetap kokoh, sehingga harus bisa tetap sabar dan rela memaafkan sekalipun harus berulang kali agar hati tetap tenang, bisa mengendalikan emosi, berlapang dada, menerima dan memahami kekurangan pasangan, dan memaafkan kesalahan-kesalahannya sambil berharap mendapatkan kemuliaan dari Allah Subhanallahu Wa Taala.

Jika berinteraksi dengan pasangan itu selalu dilandasi oleh ketakwaan kepada Allah, maka jiwa akan merasa lapang saat harus memaafkan pasangannya.

Karena bagi dirinya memaafkan pasangan itu ibadah dan menjadi amal shaleh yang berpahala di sisi Allah Subhanallahu Wa Taala.

Allah berfirman : " Hendaklah kalian memaafkan ( kesalahan ) itu lebih dekat kepada takwa" ( 2 : 237 ).

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak

[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
muhasabah
adab-adab muhasabah
parenting anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
09 March 2018 06:52:07

Gemar 2018, Catatan tentang Prestasi Anak Zaman Now

 
USTADZAH
04 November 2019 08:00:01

9 Amalan Keluarga Ahli Surga

 
USTADZAH
17 May 2018 07:09:49

Marhaban Ya Ramadan

 
USTADZAH
01 January 2019 18:32:04

Hargai Waktu

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284