ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 12 Desember 2019 | 15 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
TIPS

Tips Ramadhan Agar Waktu Tak Terbuang di Dapur

16 June 2015 07:16:40
Tips Ramadhan Agar Waktu Tak Terbuang di Dapur

ramadhanblessChanelMuslim.com - Setiap hari di bulan Ramadhan merupakan tantangan bagi istri keluarga muslim, mereka akan disibukkan dengan bagaimana mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka, sehingga memasak menjadi salah satu target dalam ramadhan.

Namun terkadang kita sulit untuk mempertahankan semangat agar dapat melakukan semua pekerjaan rumah juga melakukan ibadah-ibadah tambahan sebagai amalan ramadhan kita. Kita tentu ingin mengkhatamkan Quran selama bulan Ramadhan, melakukan shalat tarawih, serta ibadah lainnya. Tetapi kita juga ingin melakukan pekerjaan rumah seperti biasa, menjaga anak-anak, membersihkan rumah dan pakaian dan juga menyiapkan makanan istimewa saat sahur dan berbuka. Dan terkadang menyiapkan makanan berbuka dan sahur ini lebih banyak menyita waktu dan seringkali menjadi prioritas bagi banyak kaum ibu.

Pada akhirnya banyak para wanita yang kemudian tersadar ketika di penghujung ramadhan atau di saat-saat menjelang tidur bahwa waktunya lebih banyak dihabiskan di dapur dan menyesal tidak banyak waktu untuk membaca Quran atau ibadah lain. Memang menyiapkan makanan untuk keluarga adalah juga salah satu bentuk ibadah dan memiliki pahala disisi Allah. Tetapi tentu sebagai muslimah ingin juga dapat meraih pahala-pahala dari keutamaan di bulan ramadhan seperti membaca Quran, shalat terawih,  dan lainnya.

Berikut ini ada tips yang dapat diikuti sehingga para ibu dapat mengatur waktu dan tidak menghabiskan lebih banyak waktu di dapur.

1. Siapkan bumbu dasar

Berikut ini ada tips yang dapat diikuti sehingga para ibu dapat mengatur waktu dan tidak menghabiskan lebih banyak waktu di dapur.

1. Siapkan bumbu dasar

Bersihkan dapur dan lemari es dengan baik, singkirkan semua hal yang tidak diinginkan untuk memberikan ruang bagi stok makanan ramadhan.

Siapkan bahan yang berbeda untuk makanan selama minggu, sehingga kita hanya melakukan langkah-langkah akhir dari hari ke hari. Misalnya, siapkan di lemari es bawang merah, bawang putih, dan saus tomat  atau bumbu-bumbu inti yang telah dihaluskan. Simpan daging dan ayam yang telah dicuci dan dibumbui. Atau makanan lain yang dapat kita simpan di kulkas seperti tahu dan tempe yang telah diolah untuk beberapa macam masakan dan lainnya.

Siapkan beberapa minuman buatan sendiri seperti teh manis, atau minuman special lainnya.

2. Membuat Daftar Belanja

Tuliskan semua yang kita butuhkan untuk satu minggu atau bahkan satu bulan dalam daftar dan membeli semuanya dalam sekali atau dua kali. Cobalah untuk tidak berlebihan dan tidak boros.

3. Mengatur Prioritas

Masukan rencana harian Anda dimulai dengan tugas pokok diikuti oleh yang kurang penting bagi Anda. Termasuk juga rencana kapan kita tilawah, membaca hadits, memasak, olahraga ringan dan lainnya.

5. Membuat Checklist

Ceklist akan membantu  mengatur pekerjaan mana yang terlebih dulu harus dilakukan dan mana target yang harus dicapai serta apa yang belum dikerjakan. Daftar ceklist ini akan membuat kita mengetahui berapa lama kita mengerjakan suatu pekerjaan dan apakah kita membuat rencana harian yang terlalu banyak atau mungkin terlalu sedikit.

6. Membuat Rancangan Menu

Buat catatan dalam kalender masakan yang akan dibuat per harinya dan buat sesuai yang telah dijadwalkan. Dan siapkan bahan masakan agar siap masak dari setiap seminggu sekali seperti memotong-motong sayuran untuk siap olah dan simpan di kulkas, juga bumbui ayam atau rebus daging kemudian simpan di freezer.

Hal ini akan benar-benar menghemat waktu Anda memasak dan memberi waktu lebih untuk Anda melakukan ibadah tambahan di Ramadhan.

7. Buatlah Sederhana

Jangan berlebihan dalam membuat daftar menu yang akan membuat repot memasak. Hal yang terpenting adalah memasak makanan yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Bulan ramadhan ini juga sebagai latihan, agar kita tidak berlebihan dalam memenuhi hawa nafsu kita terhadap makanan.

8. Mengolahan Makanan Sisa

Jangan pernah membuang makanan di sampah, cobalah untuk menggunakan sisa makanan untuk diolah menjadi makanan lain atau memberikannya kepada orang miskin.

Nabi  Muhammad SAW selalu berbuka puasa dengan kurma, susu, dan makanan ringan berikutnya dalam semangat mendisiplinkan asupan makanan.

Makan sederhana. Makan buah untuk pencuci mulut. Hal ini sehat untuk tubuh Anda dan juga mempersingkat waktu Anda di dapur.

9. Kebersihan Rumah

Membersihkan rumah saat Ramadhan akan menguras tenaga dan waktu. Jadi pastikan saat Anda memasak  tetap bersih. Waktu sangat berharga di bulan Ramadhan ini. Langsung bersihkan dapur setelah memasak dengan melap kompor dan meja, bersihkan kotoran di kamar mandi yang terlihat saat tengah mandi seperti mencicil pekerjaan.

10. Makan yang Benar

Makanan sehat akan memberikan energi untuk bekerja, beribadah, dan melakukan semua tugas Anda.

Hindari makan junk food dan makanan dengan jumlah lemak yang tinggi sebanyak yang Anda bisa, makanan tersebut akan membuat Anda lebih mengantuk dan malas di samping bahaya kesehatan.

11 - Akhinya, Waktunya beristirahat

Jam tidur yang cukup sangat penting bagi agar dapat menyelesaikan seluruh hari di Ramadhan dengan ritme yang sama. Tetapi juga jangan kebanyakan tidur karena akan menurunkan semangat.  [wn/onislam]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
22 October 2018 02:45:01

Tips agar Buncis Tetap Hijau dan Renyah

 
TIPS
01 October 2019 05:25:10

Tips Menyimpan Kayu Manis agar Tahan Lama

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284