ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 29 Mei 2020 | 7 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Tips Mengatur Belanja saat Pandemi Covid-19 agar Tak Sering Keluar Rumah

02 April 2020 11:00:01
Tips mengatur belanja dapur, tips belajar saat pandemi Covid-19,
Ilustrasi (Supermarket News)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, kebijakan yang menganjurkan kita untuk tetap #DiRumahSaja tentu saja membuat gerak langkah terbatas, termasuk urusan dapur. Kita bahkan merasa khawatir untuk keluar terlalu sering karena potensi penyebaran akan semakin besar jika sering datang ke keramaian termasuk pasar. Sementara kita harus memenuhi kebutuhan makanan pokok kita setiap harinya.

Nah, agar belanja dapur aman selama masa Social Distancing dan Isolasi Diri, berikut tips yang bisa diterapkan:

1. List Daftar Kebutuhan Bulanan dan Mingguan

Mendata kebutuhan bulanan dan mingguan akan sangat memudahkan kita dalam berbelanja. Catatlah kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan dapur. Pisahkan dan mulai checklist satu per satu.

2. Tentukan Menu Selama Satu Bulan

Cara ini sangat tepat bagi yang memiliki gaji bulanan. Tulislah menu selama satu bulan dan mulailah catat daftar belanja bahan makanan tersebut. Bagi yang tidak memiliki budget bulanan, tetap bisa menerapkan hal ini dengan cara meminjam uang tabungan keluarga terlebih dahulu yang nantinya bisa dibayarkan setiap memiliki uang.

Tips Mengatur Belanja saat Pandemi Covid-19 agar Tak Sering Keluar Rumah 123rf

3. Tentukan tempat berbelanja

Setelah semua terdata dengan baik dan dengan budget yang telah disiapkan. Sekarang tentukan tempat berbelanja apakah di pasar atau di supermarket. Pastikan tempat berbelanja kecil dari resiko kerumunan orang. Jika memilih pasar tradisional, pilihlah berbelanja pada pagi hari. Selain segar, orang yang berbelanja juga tidak terlalu banyak. Tapi jangan lupa tetap gunakan alat pelindung diri mulai dari masker, sarung tangan. Usahakan jaga jarak dengan orang lain dan selalu berhati-hati.

Alternatif lain bisa dengan belanja online atau ke warung langganan.

Jika tetap ke supermarket, usahakan pilihlah supermarket yang memperhatikan kenyamanan dan keselamatan pelanggan selama pandemi Covid-19.

Tips Mengatur Belanja saat Pandemi Covid-19 agar Tak Sering Keluar Rumah Living Loving

4. Mulai terapkan Food Preparation

Tahap berikutnya tinggal merapikan seluruh bahan makanan yang telah dibeli ke dalam beberapa wadah makanan. Menulis kapan pembelian akan sangat bagus. Tatalah sesuai daftar menu agar memudahkan mengambilnya saat akan dimasak. Untuk bahan-bahan sayuran dan buah-buahan segar bisa dibeli sekali seminggu.

5. Tentukan Jadwal memasak

Hal paling penting berikutnya adalah tentukan jadwal memasak agar tidak bentrok dengan urusan lainnya. Selain itu kita bisa mengajak anak-anak terlibat dalam aktifitas memasak agar bisa meningkatkan bonding dan bisa menghilangkan jenuh dengan rutinitas yang sama.

Jika sudah menerapkan tips diatas, kita bisa memasak kapanpun yang diinginkan dengan tenang dan tentunya tetap bisa bekerja dari rumah serta tetap bisa mendampingi buah hati School From Home. Semoga bermanfaat sahabat muslim. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips mengatur belanja dapur
tips belajar saat pandemi covid-19
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
TIPS
26 October 2018 06:09:27

Tips Mengupas dan Memotong Bawang ala Koki

 
TIPS
06 February 2019 09:48:24

Pengganti Alkohol dalam Masakan

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284