ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

Tidak Nyaman dengan Noda di Alat Dapur? Ini Tips Membersihkannya

28 January 2019 08:00:02
Tips dapur, cara membersihkan noda alat dapur
Kitchen (source: MyRecipes)

ChanelMuslim.com - Aktivitas memasak merupakan aktivitas yang dikerjakan setiap hari. Sehingga dapur akan menjadi kotor, begitu juga dengan peralatan dapur yang menumpuk bisa menjadi peluang bau tidak sedap dan sumber kuman. Noda membandel tentunya akan hadir jika tidak dibersihkan segera.

Berikut 5 Tips membersihkan Peralatan Dapur dilansir laman wikiHow:

1. Bersihkan Kompor dengan Air Hangat

Cara mudah untuk membersihkan kompor sisa memasak adalah dengan melepas pembakar gas dari kompor dan dicuci dengan menggunakan sabun serta air hangat.

Selanjutnya, lepaskan juga tombol kontrol gas dan cuci bersih menggunakan air hangat serta sabun. Hindari menggunakan sabun yang mengandung abrasive atau amonia di dalamnya karena akan membasuh tanda pada kenop. Terakhir, usap permukaan kompor menggunakan spons untuk menghilangkan noda sisa makanan yang tertinggal.

Cara ini bisa diterapkan sekali sebulan.

2. Gunakan Handuk Kertas basah untuk Bersihkan Microwave

Cara tercepat membersihkan microwave adalah dengan menempatkan beberapa handuk kertas basah dan nyalakan pada suhu tinggi selama 3 – 5 menit. Uap dari handuk akan melunakkan kotoran di dalam microwave. Setelah kertas handuk dingin, gunakan untuk membersihkan bagian dalam pemanggang.

Kemudian juga dapat menghilangkan bau dengan mencampurkan satu cangkir air dengan setengah cangkir air jeruk lemon. Panaskan pada suhu tinggi selama 3-5 menit. Diamkan di dalam microwave selama 4-10 menit sebelum dibersihkan.

3. Gunakan Garam untuk Bersihkan Wajan

Sebagian dari kita tahu jika tidak disarankan menggunakan sabun cair dan menggosok wajan anti lengket dengan benda kasar di permukaan wajan. Karena hal ini dapat menyebabkan wajan menjadi lengket jika digunakan.

Kita bisa menggunakan garam. Jika wajan tidak bisa bersih dengan air dan lap piring lembut, gosok beberapa sendok makan garam dan handuk kertas, kemudian bilas. Tuang setetes minyak goreng agar permukaan dalam wajan tetap licin.

4. Bersihkan Kulkas dengan Baking Soda

Jika ingin membersihkan lemari es, ada baiknya untuk mengeluarkan semua makanan yang ada di dalamnya. Buang barang apapun yang sudah kadaluarsa. Kemudian urutkan semua bahan makanan yang akan disimpan di dalam lemari es.

Untuk membersihkan noda yang tertinggal di permukaan lemari es dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan satu liter air. Masukkan spons ke dalam larutan tersebut, kemudian bersihkan seluruh permukaan lemari es dengan menggunakan spons. Terakhir, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan setiap permukaan.

Jika lemari es bau, tinggalkan sekotak baking soda lalu buka dan biarkan didalamnya.

Baking soda akan menyerap bau dan membuat kulkas tetap terasa segar.

5. Membersihkan Wastafel dengan Sikat Gigi

Usai mencuci piring, pastikan juga membersihkan wastafelnya. Hal ini untuk menghindari jamur atau noda air. Bersihkan permukaan wastafel menggunakan sabun dan spons, lalu bilas dengan air hangat.

Selain wastafelnya, juga harus membersihkan krannya. Gunakan sikat gigi yang dimasukkan ke dalam air hangat dan diberi sabun untuk membersihkan celah dalam kran.

Nah, semoga tips berikut bermanfaat untuk dapur yang bersih dan sehat. (Jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
tips dapur
cara membersihkan noda alat dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
15 April 2019 07:05:02

Tips Memilih Margarin yang Bagus dan Aman

 
TIPS
06 February 2019 09:48:24

Pengganti Alkohol dalam Masakan

 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284