ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Takut Bahaya, Ini 5 Tips Menggunakan Presto agar Aman

30 December 2019 10:00:01
Tips menggunakan presto, tips
Ilustrasi pressure cooker (Source: WMV)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, meski Presto sangat membantu aktifitas masak memasak di dapur terutama saat memasak ayam, daging atau bahan lainnya agar cepat empuk. Tapi jika kita tidak bisa menggunakan dengan baik maka Presto akan membahayakan kita lho sahabat muslim. Apalagi tekanan panas yang dihasilkan oleh pressure cooker ini jika tidak tahu caranya akan meledak dan hawa oanas atau sisa air dan makanan menyembur keluar.

Nah agar presto tidak membahayakan dan bisa digunakan secara tepat, berikut tipsnya:

1. Perhatikan kunci penutup presto dengan benar

Jika ingin makanan dimasak hingga matang dan empuk, pastikan penutup panci terkunci dengan baik. Biasanya ada karet yang menjaga penutup panci terkunci rapat. Jika penutup panci presto tidak rapat, efek mengempukkan tidak akan berhasil meski dimasak dengan waktu lama.

2. Jangan mencoba memegang dengan tangan kosong

Uap yang dikeluarkan panci presto bisa sangat panas, jadi jangan coba-coba menyentuh bagian panci yang sedang mengeluarkan uap dengan tanpa perlindungan atau dengan tangan kosong.

Jika ingin menekannya, gunakan alat bantu seperti spatula atau yang lainnya, yang cukup panjang sehingga memberi jarak cukup jauh antara tangan dengan uap panas.

Takut Bahaya, Ini 5 Tips Menggunakan Presto agar Aman Times Food

3. Kecilkan api ketika panci sudah mendesis

Jika sudah mendesis karena tekanan di dalam panci, kecilkan api untuk menghemat gas. Umumnya, daging yang dimasak di dalam sudah matang. Besarnya api tak akan mempengaruhi kematangan daging di dalam panci.

4. Biarkan hingga uapnya hilang jika ingin membuka penutup

Jangan langsung membuka panci saat masih mendesis mengeluarkan uap panas. Lagipula panci juga susah dibuka jika uap panasnya belum sepenuhnya hilang.

Jika dibuka secara paksa tekanan uap panas justru akan melukai anggota badan. Jadi, tak perlu buru-buru membuka atau mengangkat panci yang masih mendesis, biarkan suhu uap panasnya hilang. Jika sudah tenang dan suhu menurun, panci bisa dibuka perlahan.

Takut Bahaya, Ini 5 Tips Menggunakan Presto agar Aman WMV

5. Siram dengan air mengalir

Alternatif lain jika terburu-buru karena waktu. Sahabat muslim bisa menaruh presto di air mengalir. Hingga uap panas dari presto habis ditandai dengan terbukanya kunci dan presto bisa dibuka dengan aman.

Itulah 5 tips aman menggunakan presto. Semoga bermanfaat sahabat muslim. [jwt/fimela]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips menggunakan presto
tips
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
15 April 2019 07:05:02

Tips Memilih Margarin yang Bagus dan Aman

 
 
TIPS
07 December 2018 08:00:02

Tips Memilih Nanas Matang Saat Membeli

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284