ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 25 September 2020 | 8 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Sambut Idul Adha di Masa Pandemi, Ini Enam Persiapan Keluarga Muslim

22 July 2020 09:09:37
Tips persiapan idul adha, tips dapur
Muslim Council

ChanelMuslim.com - Hari raya Idul Adha adalah satu dari dua hari besar umat Islam. Tentunya disambut dengan penuh suka cita. Jika hari raya Idul Fitri identik dengan mudik sementara idul adha sangat familiar dengan sebutan hari raya kurban.

Hari raya tahun ini berbeda karena wabah Pandemi mengharuskan kita mengikuti aturan protokoler kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Meski bagi sebagian muslim idul adha tak semeriah penyambutan Lebaran Idul Fitri biasanya pada hari raya ini, keluarga Muslim lebih banyak menyantap makanan dari olahan daging kurban bersama-sama.

Sebelum datangnya hari raya idul adha, berikut persiapan yang perlu dilakukan keluarga muslim di masa Pandemi:

1. Ketahui aturan pemerintah mengenai tata cara sholat idul adha dan kurban di daerah kita

Berbeda tahun ini sholat Idul Adha tak seperti biasa. Seperti edaran dari Kementerian Agama yang mengimbau pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dengan menyesuaikan pelaksanaan tatanan kenormalan baru atau New Normal.

Cari informasi mengenai pelaksanaan sholat di daerahmu. Jangan lupa patuhi protokoler kesehatan dari pemerintah. Siapkan seluruh hygine kita mulai dari masker, hand sanitizer dan lainnya.

Sehari sebelum pelaksanaan idul adha, jika memutuskan melaksanakan sholat tentukan lokasi sholat berjamaah dan siapkan pakaian keluarga. Agar pada pagi hari sudah siap tanpa kerempongan mempersiapkan hal-hal kecil. Kenakan pakaian yang bersih dan wangi agar sholat kita diterima Allah.

2. Amalan 10 Hari Pertama Dzulhijjah dan Puasa Sunnah Arafah

Jika di bulan Ramadan keutamaan sepuluh malam terakhir Ramadan maka Dzulhijjah Keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah juga banyak sekali dan amalan kita dilipat gandakan.

Amalan pada masa tersebut sebagaimana sabda Nabi ﷺ,

"Tidak ada amal shalih yang lebih dicintai Allah ﷻ pada suatu masa daripada hari-hari sepuluh ini (awal Dzulhijjah). Para sahabat bertanya,

"Tidak pula jihad di jalan Allah? Beliau ﷺ menjawab,

"Tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seorang lelaki yang berjihad dengan jiwa dan hartanya kemudian ia tidak kembali sedikitpun.""

Salah satu puasa yang diutamakan bagi umat muslim yang tidak melaksanakan haji adalah puasa Arafah, dimana salah satu keutamaannya adalah Allah ampuni dosa kita dan jangan lupa doakan agar wabah Covid-19 diangkat Allah.

Nabi shalallahu 'alaihi wassalam bersabda:

يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim, no. 1162)

Sambut Idul Adha di Masa Pandemi, Ini Enam Persiapan Keluarga Muslim Muslim Council

3. Persiapan Menu Hidangan saat Idul Adha

Jangan sampai kumpul keluarga menjadi garing karena tidak dipersiapkan dengan maksimal. Berdiskusi dengan mereka mau hidangan apa saat idul adha.

Sambut Idul Adha di Masa Pandemi, Ini Enam Persiapan Keluarga Muslim Bangka Pos

4. Menyembelih Hewan Kurban sesuai protokoler pemerintah

Jika sudah berencana berkurban pastikan kita menyaksikan langsung jika disalurkan di dekat komplek rumah. Apalagi disunnahkan untuk memotong hewan kurban kita sendiri.

“Nabi shallallahu’alaihi wa sallam berkurban dengan dua ekor kambing yang putih kehitaman (bercampur hitam pada sebagian anggota tubuhnya), bertanduk, beliau menyembelih keduanya dengan tangan beliau sendiri, beliau mengucapkan bismillah serta bertakbir dan meletakkan kaki beliau di badan kedua hewan tersebut.”[HR. Al-Bukhari dan Muslim]

5. Ajang Edukasi Anak tentang Kurban di Masa Pandemi

Biasanya pada hari raya idul Adha kita akan libur dan waktu dengan keluarga lebih banyak. Ini waktu yang tepat juga mengedukasi anak mengenai kurban dan hikmah kurban. Apalagi kali ini berbeda karena Pandemi.

Ajak mereka menyaksikan langsung. Terutama yang sudah baligh dan semoga memotivasi mereka juga untuk berkurban.

Sambut Idul Adha di Masa Pandemi, Ini Enam Persiapan Keluarga Muslim Archana Kitchen

6. Menu persiapan daging kurban

Biasanya kita akan mendapatkan daging kurban pada saat idul adha secara cuma-cuma. Biasanya banyak rencana menu yang akan dimasak. Agar lebih terarah, diskusikan menu yang akan dimasak diantaranya sate kambing, rendang, tongseng, sup atau menu lainnya.

Tentunya hari raya menjadi momentum terbaik bagi keluarga untuk menguatkan tujuan keridhoan Allah dan bersama-sama sampai Syurga.

Selamat berkumpul dengan keluarga tercinta dan selamat menyambut idul adha dengan suka cita meski di tengah Pandemi. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips persiapan idul adha
tips dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
18 September 2018 09:39:56

Tujuh Tips Memasak bagi Pemula

 
TIPS
18 July 2018 08:39:10

Tips Hilangkan Noda Kopi di Dasar Cangkir

Senandung Akbar
 
 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284