ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Luar Biasa, Ini Lima Manfaat Baking Soda untuk Angkat Noda Peralatan Dapur

03 October 2020 06:23:58
Tips dapur, manfaat baking soda untuk peralatan dapur,
Healthline

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, akhir pekan waktunya membersihkan dapur dari noda-noda membandel dan tahukah baking soda selain untuk membuat memasak juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur yang memiliki noda membandel. Ayo buktikan dan rasakan manfaatnya sahabat muslim.

Berikut Lima Manfaat Baking Soda untuk membersihkan peralatan dapur dikutip dari berbagai sumber:

1. Baking Soda Bisa Bersihkan Wajan Gosong dan Berkerak

Wajan yang gosong bisa dibersihkan menggunakan baking soda lho. Caranya sangat mudah. Siapkan satu liter air, 2 sendok makan soda kue, sendok kayu dan handuk kering.

Cara Membersihkan: Tempatkan panci di atas kompor, tuangkan satu liter air ke dalam panci, nyalakan api, setel ke api sedang. Saat air sudah mendidih, tambahkan dua sendok baking soda kemudian aduk dengan sendok kayu.Biarkan campuran mendidih selama beberapa menit Kemudian matikan kompor, dan mulai kikis baking soda yang menempel dengan sendok kayu, ini akan mengangkat bagian gosong pada wajan. Noda akan terlepas sepenuhnya dan sebagian akan mengambang di air. Terakhir, buang semua kotoran dalam wajan, bilas panci dengan air panas, lalu lap hingga kering. Pastikan tidak ada sisa baking soda yang menempel ya sahabat muslim.

2. Bersihkan Noda dari Alat Makan

Siapkan peralatan dan bahan-bahan ini:

1 sendok makan baking soda

1 sendok makan garam laut

1/2 cangkir cuka putih

1 gelas air mendidih

Wadah atau loyang

Cara Membersihkan: Campurkan baking soda dan garam laut ke dalam wadah atau loyang. Tambahkan cuka putih, kemudian tambahkan air mendidih, tuang dengan hati-hati.Rendam peralatan alumunium seperti sendok dan garpu ke dalam campuran tersebut. Pastikan seluruh bagian terendam penuh. Biarkan berendam selama 30 detik. Untuk sendok dengan noda kuat, rendam lebih lama, mungkin butuh beberapa menit. Kemudian gosok dengan kain bersih. Bilas, kemudian keringkan. Pastikan kering sebelum menyimpan di dalam laci tertutup agar tidak berkarat.

Luar Biasa, Ini Lima Manfaat Baking Soda untuk Angkat Noda Peralatan Dapur Castles in The Ground

3. Baking Soda Bisa Bersihkan Wastafel

Wastafel dengan noda yang menumpuk bisa dibersihkan menggunakan baking soda lho. Siapkan bahan: air panas atau mendidih, soda kue secukupnya, air perasan lemon secukupnya dan sendok atau corong.

Cara Membersihkan: Bilas bagian wastafel dengan air panas, taburi bakin soda perlahan, sedikit demi sedikit. Kemudian tambahkan air perasan lemon. Ini akan menyebabkan reaksi kimia, seperti munculnya gelembung. Diamkan beberapa menit. Gosok wastafel perlahan. Kemudian bersihkan dengan air mengalir. Lakukan hal ini sekali sebulan sekali. Tapi alangkah baiknya kebiasaan membersihkan wastafel setiap habis memasak akan sangat membantu merawat kebersihan wastafel lho.

4. Baking Soda Bisa Hilangkan Noda di Gelas Kopi dan Teh

Gelas kopi dan teh seringkali meninggalkan noda hitam dan kadang kita bingung untuk membersihkannya. Padahal dengan sedikit baking soda bisa menghilangkan noda membandel tersebut lho.

Berikut caranya: Taburkan sedikit baking soda ke bagian bawah cangkir atau botol bernoda, tambahkan air secukupnya untuk membentuk pasta, kemudian gosok bagian yang ada bekas noda. Kemudian bilas dan cuci seperti biasa.

Luar Biasa, Ini Lima Manfaat Baking Soda untuk Angkat Noda Peralatan Dapur HDTV.com

5. Baking Soda Bisa Bersihkan Noda dan Bau di Wadah Plastik

Kadang kita sering bingung membersihkan noda di kotak bekal apalagi bau yang tertinggal sering tidak hilang setelah dicuci. Padahal baking soda bisa dimanfaatkan untuk masalah ini lho.

Caranya mudah, cukup cuci wadah plastik dengan sabun cuci piring yang ditambahkan baking soda. Atau, jika noda sangat bandel, campurkan baking soda dengan air hangat, kemudian rendam wadah plastik tersebut. Tunggu sampai beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan gunakan cuci lagi menggunakan sabun cuci piring biasa dan noda hilang tak berbekas.

Jadi jangan sampai lupa stok baking soda ya. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips dapur
manfaat baking soda untuk peralatan dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
25 October 2018 14:00:02

3 Trik Membuka Kacang Pistachio

 
TIPS
26 February 2019 08:30:01

Cara Terbaik Menyimpan Alpukat agar Tetap Segar

 
TIPS
17 April 2019 11:09:45

Ini Cara Mudah Membersihkan Sedotan Stainless

 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284