ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 14 Juli 2020 | 24 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Lima Tips Jadikan Lebaran Istimewa Meski Tanpa Silaturahmi

21 May 2020 13:00:01
Tips sambut lebaran Pandemi, lebaran istimewa tanpa silaturahmi, ide lebaran Pandemi , mendekorasi rumah di masa Pandemi
Pinterest

ChanelMuslim.com - Lebaran tahun ini akan kita lalui secara berbeda dengan tradisi tahun-tahun sebelumnya. Qodarullah, kita lebih disarankan untuk menjaga jarak satu sama lain untuk memutus penyebaran Covid-19 ini lebih luas lagi terutama untuk orang-orang tercinta di sekitar kita. Tahun ini lebaran akan kita lewati hanya dengan keluarga inti tanpa ada silaturahmi dengan keluarga besar lainnya.

Tapi meski kita hanya melewati lebaran dengan keluarga kecil, tetap jadikan lebaran tahun ini istimewa dan disambut dengan sukacita. Berikut tips sambut lebaran penuh suka cita meskipun tanpa silaturahmi:

Lima Tips Jadikan Lebaran Istimewa Meski Tanpa Silaturahmi

1. Hias rumah sambut Lebaran seperti biasa

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, menghias rumah serta membersihkan rumah dengan nuansa baru sudah jadi tradisi. Meskipun tahun ini tanpa tamu, menata rumah dengan suasana baru tetap bisa menjadikan lebaran serasa istimewa. Bisa dengan memulai mengganti gorden pintu dan jendela, menata ruang tamu dan meja makan keluarga, menggelar karpet dan ide lain sesuai dengan kondisi rumah masing-masing. Cara ini akan menjadikan lebaran kita tetap istimewa.

Lima Tips Jadikan Lebaran Istimewa Meski Tanpa Silaturahmi

2. Siapkan menu istimewa khas Lebaran

Tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia lainnya yang tidak pernah ketinggalan adalah makanan dan sajian khas lebaran. Diantaranya ketupat, opor ayam dan aneka kue kering dan camilan khas masing-masing daerah.. Usahakan tetap menyajikan ini untuk keluarga kita. Bahkan kita juga bisa berkirim makanan dengan keluarga besar tanpa harus bersilaturahmi.

Lima Tips Jadikan Lebaran Istimewa Meski Tanpa Silaturahmi

3. Berkirim Hadiah dan THR

Jika kita memiliki kelebihan harta, kita bisa menyiapkan aneka hadiah dan THR untuk keluarga besar tercinta. Terutama bagi anak-anak kecil yang setiap tahun selalu mendapatkan uang lebaran dari keluarga lainnya. Tradisi ini tetap bisa dilakukan meski di masa Pandemi. Tetap jadikan momentum ini sebagai ajang semakin mendekatkan keluarga besar satu sama lain. Momentum untuk mensyiarkan Idul Fitri sebagai hari raya besar umat muslim dan kita sambut penuh dengan suka cita.

Lima Tips Jadikan Lebaran Istimewa Meski Tanpa Silaturahmi

4. Tetap bangun pagi-pagi, bertakbir dan sholat Ied bersama keluarga tercinta

Seperti Sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam dalam menyambut Idul Fitri dengan bertakbir, mandi dan sholat Sunnah dul Fitri, meski #DiRumahAja kita tetap bisa melakukan hal tersebut. Jika telah menyiapkan baju baru untuk keluarga, kenakanlah baju tersebut lengkap dengan aksesoris dan wangi-wangian yang disunnahkan. Bertakbirlah dan sholat Sunnah-lah bersama keluarga tercinta jika berada di zona merah. Pilihan ini akan menyelamatkan satu sama lain.

Lima Tips Jadikan Lebaran Istimewa Meski Tanpa Silaturahmi

5. Tetap saling mendoakan dengan Komunikasi Jarak Jauh

Salah satu Sunnah saat Idul Fitri adalah saling mendoakan satu sama lain agar ibadah kita selama Ramadan diterima Allah Subhanallahu Wa Taala dengan ucapan "Taqaballahu Minna Wa Minkum, Wa Shiama Wa Shiamakum". Jangan tinggalkanlah Sunnah ini. Meski tak berjabat tangan langsung, kecanggihan teknologi membuat jarak bukan lagi jadi batasan. Kita bisa berkomunikasi menggunakan Video Call. Apalagi hampir semua keluarga memiliki gadget. Tetap berkomunikasi dan saling mendoakan meski jarak jauh.

Nah, itulah lima tips menjadikan lebaran istimewa meskipun tanpa silaturahmi. Semoga menginspirasi sahabat muslim. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips sambut lebaran pandemi
lebaran istimewa tanpa silaturahmi
ide lebaran pandemi
mendekorasi rumah di masa pandemi
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
14 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
TIPS
01 October 2016 20:33:30

Kiat Memberi Hukuman Pada Anak

 
TIPS
12 October 2018 05:54:25

Tips Agar Cokelat Leleh Lembut dan Tidak Gosong

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga