ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 01 Desember 2020 | 16 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Ini Delapan Bahan Dapur yang Ampuh Hilangkan Bau Amis pada Daging

23 October 2020 09:30:01
Tips hilangkan bau amis pada daging, tips dapur
Istockphoto

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, meski masakan olahan daging ayam, sapi atau ikan sangat lezat tapi kadang bau amis pada daging tersebut membuat cita rasa masakan menjadi kurang sedap di makan.

Tahukah bahwa bau amis pada daging bisa diatasi dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Berikut delapan bahan dapur yang bisa hilangkan bau amis pada daging:

1. Jeruk Nipis

Aroma khas jeruk nipis mampu menghilangkan bau amis dari berbagai jenis daging secara alami. Kandungan asamnya bisa menghilangkan bakteri penyebab pembusukan.

Oleh karena itu, jeruk nipis adalah buah yang paling sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging.

Cara menghilangkan bau amis pada daging menggunakan jeruk nipis juga mudah. Cukup lumuri daging dengan perasan air jeruk nipis sesuai selera, sebelum diolah. Diamkan sejenak dan bersihkan di air mengalir sebelum diolah

2. Jahe

Jahe juga merupakan bumbu dapur yang bisa menghilangkan bau amis di dapur. Caranya bisa dengan menyiapkan jahe yang sudah dihaluskan atau diparut, lalu dibalurkan ke daging untuk kemudian dicuci bersih. Atau biasanya jahe digunakan saat merebus daging atau saat memasaknya.

Ini Delapan Bahan Dapur yang Ampuh Hilangkan Bau Amis pada Daging Food Navigator

3. Garam

Garam merupakan bahan paling familiar digunakan untuk menghilangkan bau amis.

Caranya sangat mudah. Tinggal cuci bersih daging ikan, lalu lumuri dengan garam. Diamkan sekitar lima menit, lalu cuci bersih ikan dengan menggunakan air kran atau air mengalir. Untuk daging bisa digunakan saat mengolah daging saja karena daging disarankan disimpan dalam keadaan mentah.

4. Cuka

Cuka dengan zat asamnya juga ampuh menghilangkan bau amis lho sahabat muslim.Caranya siapkan dan larutkan cuka dengan air secukupnya.

Lalu, rendam daging dalam larutan tersebut selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air yang mengalir.

5. Asam Jawa

Begitu juga asam Jawa. Bumbu dapur satu ini juga sering digunakan menghilangkan bau amis terutama pada ikan.

Caranya remas asam jawa lalu balurkan ke daging sampai merata. Diamkan dulu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir.

Ini Delapan Bahan Dapur yang Ampuh Hilangkan Bau Amis pada Daging Times of India

6. Nanas

Nanas juga sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan lho. Selain buahnya enak juga ampuh menghilangkan bau amis lho.

Cara menghilangkan bau amis daging dengan nanas cukup mudah.Lumuri daging terlebih dulu sebelum memasak dengan buah nanas yang sudah diparut atau dipotong kecil-kecil. Kemudian diamkan daging selama 1 jam, lalu daging siap untuk diolah.

Ini Delapan Bahan Dapur yang Ampuh Hilangkan Bau Amis pada Daging A Head of Time

8. Air Lemon

Seperti jeruk nipis, lemon juga ampuh menghilangkan bau amis. 1 buah Lemon terdiri dari 5% kandungan asam sitrat. Maka dari itu, buah ini punya rasa yang asam dan mengeluarkan aroma yang sangat segar.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam dan ikan adalah dengan membalut daging ayam atau ikan menggunakan air perasan lemon, kemudian diamkan selama beberapa saat. Agar air lemon tidak merubah rasa, bilas ayam atau ikan dengan air bersih terlebih dulu sebelum diolah.

8. Daun Jeruk

Seperti buahnya, daun jeruk juga ampuh menghilangkan bau amis. Aroma kulit jeruk yang khas membuat bau amis pada daging terutama ikan akan hilang.

Caranya rebus daun atau kulit jeruk dengan air sampai mendidih. Kalau air rebusan sudah dingin, gunakan air ini untuk mencuci ikan.

Dengan cara ini, bau amis pada ikan pun akan hilang atau berkurang. Saat memasak ikan, masukkan juga 1 atau 2 lembar daun jeruk ke dalam masakan.

Masya Allah, sangat mudah sekali bukan? Semoga informasinya bermanfaat dan bisa dipraktekkan. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips hilangkan bau amis pada daging
tips dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
TIPS
18 November 2017 14:34:59

Mau Wajan Gosong Jadi Kinclong? Ini Caranya

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284