ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

Ingin Anak Cinta Alquran Berikut Tipsnya

07 September 2016 16:00:21
Ingin Anak Cinta Alquran Berikut Tipsnya

image[/caption[caption id="" align="alignleft" width="471" caption="Foto: kabarmuslimah.net"]image[/caption]

ChanelMuslim.com - Melihat anak-anak yang hafal Alquran tentu sangat membagakan. Memiliki anak penghafal Quran bukan hanya kebahagiaan dunia, karena Allah menjanjikan kebahagiaan akhirat bukan saja demi sang anak, tetapi juga bagi orang tuanya. Namun, para alim (orang yang berilmu) menyarankan agar sebelum anak diminta menghafal Alquran, terlebih dulu tumbuhkanlah kecintaannya pada Alquran.

Untuk dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak pada Alquran maka keteladanan orang tua adalah yang utama. Anak-anak diusia 1-7 tahun adalah pengamat dan peniru hebat. Sehingga jika kita ingin anak mencintai Alquran, maka hal pertama yang harus orang tua lakukan adalah mencintai dan menunjukkan pada anak bahwa kita mencintai Alquran.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menunjukkan kecintaan pada Alquran adalah :

1. Membaca Alquran dalam keadaan rapih memperhatikan adab-adab membaca Alquran. Bagi perempuan baiknya membaca dengan tetap menutup aurat, karena ketika bertemu dengan ayat sajadah kita harus sujud tilawah.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menunjukkan kecintaan pada Alquran adalah :

1. Membaca Alquran dalam keadaan rapih memperhatikan adab-adab membaca Alquran. Bagi perempuan baiknya membaca dengan tetap menutup aurat, karena ketika bertemu dengan ayat sajadah kita harus sujud tilawah.

2. Membaca dengan suara lembut dan tartil. Membaca Alquran dengan tartil adalah perintah Allah. Perintah membaca Alquran dengan benar terdapat dalam Quran Surat Al-Baqarah 121 :

Orang-orang yang telah Kami beri Kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Dan barang siapa yang ingkar kepadanya, mereka itulah orang-orang yang rugi.

Membaca sebagaimana mestinya adalah membaca sesuai dengan ketika nabi membacakan pada para sahabatnya dan sahabat membacakan pada generasi selanjutnya.

3. Mengaitkan kejadian sehari-hari dengan Alquran. Ustadzah Sarmini menceritakan bagaimana ia menunjukkan kecintaan pada Alquran dengan kejadian sehari-hari seperti saat pulang dari luar ia mengatakan, "ummi lelah diluar macet, mana Alquran ummi mau baca biar tenang dan capenya ilang." Disaat mendapat kiriman masakan dari tetangga ia pun mengatakan, "Alhamdulillah dapat rizki dari Allah melalui tetangga kita, ini karena kita tadi sudah membaca Alquran."

4. Bercerita kisah-kisah dalam Alquran. Alquran berisi banyak kisah para Nabi, orang-orang sholeh yang penuh hikmah. Menceritakan kisah dengan pendahuluan asbabun nujul pun dapat menjadi sarana bagi para orang tua mendekatkan anak dengan Alquran.

5. Mentadabburi Alquran melalui alam dan ciptaan Allah. Allah menceritakan kejadian alam dalam Alquran, seperti proses pergantian malam dan siang, bulan, matahari, gunung dan lainnya. Tunjukkan pada anak-anak Allah menciptakan gunung, siang dan malam dengan berbagai hal yang menyertainya. Contohnya Allah menciptakan malam untuk istirahat, bagaimana jika Allah tidak menciptakan malam dan matahari terus bersinar tentu kita menjadi sangat lelah. Atau bagaimana Allah menciptakan tumbuhan dan tidak ada sehelai daun yang gugurpun kecuali Allah maha mengetahui dan berkehendak.

Itulah beberapa ikhtiar yang dapat dilakukan kita sebagai orang tua untuk mendekatkan anak pada Alquran dan mencintai Alquran. Namun tentu semua usaha itu harus didahului dengan niat dan doa yang tulus. Niat kita mendekatkan anak pada Alquran adalah untuk menggapai ridha Allah dan menjauhkan keluarga dari api neraka. Doa kita untuk anak-anak agar senantiasa menjadikan Alquran sebagai sahabat dan dapat menghafal dan mangamalkan apa yang ada dalam Alquran. (w)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
18 July 2018 08:39:10

Tips Hilangkan Noda Kopi di Dasar Cangkir

 
TIPS
11 December 2018 16:22:07

Tips Mengajak Keluarga Cinta Alquran

 
TIPS
25 April 2019 12:00:01

4 Panduan Memasak Selama Ramadan

 
TIPS
15 April 2019 07:05:02

Tips Memilih Margarin yang Bagus dan Aman

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284