ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 25 Januari 2020 | 30 Jumadil Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

Hindari 4 Kebiasaan Ini Di Pagi Hari

02 April 2015 09:10:01
Hindari 4 Kebiasaan Ini Di Pagi Hari

downloadChanelMuslim.com - Apa yang menjadi kebiasaan kita dipagi hari? Olah raga, atau minum kopi sambil membaca/menonton berita, mungkin dua hal itu banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Tetapi, ternyata kebiasaan-kebiasaan pagi hari berikut ini justru dapat menimbulkan beberapa penyakit.

Apa saja kebiasaan itu, mari simak;

1. Minum Kopi

1. Minum Kopi

Minum kopi di pagi hari ternyata bisa meningkatkan kadar stres. Sebuah penelitian di Amerika mencatat, kadar kortisol meningkat pada pukul 8-9 pagi. Di antara waktu tersebut, asupan kafein bisa meningkatkan berbagai macam penyakit.

Di sisi lain, seorang neuroscientist di Bethesda, Maryland Steven Miller, mengatakan, waktu terbaik untuk minum kopi adalah antara pukul 09.30-11.30.

2. Sikat gigi

Prof Dr drg Melanie S Djamil, MBiomed FICD Lab BioCORE dari Fakultas Kedokteran Gigi Trisakti mengatakan, kesalahan yang paling banyak dilakukan keluarga Indonesia adalah menyikat gigi setelah bangun tidur.

"Menyikat gigi itu setelah sarapan. Kebiasaan ini untuk mencegah bakteri tumbuh seharian. Selanjutnya, sikat gigi sebelum tidur malam," katanya.

3. Olahraga

Ini yang menarik. Banyak orang beranggapan, olahraga paling baik dilakukan di pagi hari mengingat oksigen yang belum terkontaminasi polusi.

Tapi menurut asisten profesor kedokteran di Albany Medical College di New York, Dr Boris Medarov, paru-paru kita 20 persen lebih kuat pada pukul 5 sore daripada di siang hari. Sedangkan kekuatan otot cenderung paling baik di antara pukul 14.00-16.00.

Di luar negeri, waktu tersebut biasanya dipergunakan atlet untuk meningkatkan kekuatan dalam berlatih olahraga.

4. Merokok

Sebagian besar dari Anda mungkin telah mengetahui rokok itu berbahaya. Tapi merokok di pagi hari itu benar-benar bisa merusak paru-paru dan berisiko kanker.

Para peneliti di The Pennsylvania State University menemukan tingginya kandungan NNAL, zat yang dihasilkan ketika tembakau masuk ke dalam tubuh. Ada dua penelitian ketika itu. Penelitian pertama melibatkan 4.775 pasien kanker paru dan 2.835 perokok lain yang tidak memiliki kanker paru-paru. Mereka yang merokok 30 menit setelah bangun tidur berisiko 1,79 kali lebih tinggi menderita  kanker paru-paru dibandingkan dengan mereka yang menunggu lebih dari 60 menit.

Sementara itu, orang-orang yang merokok 31-60 menit setelah bangun pagi memiliki risiko 1,31 kali dibandingkan dengan mereka yang menunggu setidaknya satu jam.

Penelitian kedua melibatkan 1.055 orang dengan kanker otak dan leher serta 795 orang yang merokok tetapi tidak menderita kanker otak dan leher. Mereka yang merokok dalam waktu 30 menit saat bangun berisiko 1,59 kali menderita kanker otak dan leher dibandingkan dengan mereka yang menunggu satu jam. Adapun risiko perokok yang merokok 31-60 menit setelah bangun.

sumber :http://m.goriau.com/riau-sehat/4-kebiasaan-di-pagi-hari-ini-ternyata-sangat-membahayakan-kesehatan.html#sthash.G3KHwwpg.dpuf

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
26 February 2019 08:30:01

Cara Terbaik Menyimpan Alpukat agar Tetap Segar

 
TIPS
30 July 2018 10:00:03

Tips Merawat Rice Cooker agar Tahan Lama

Bantu Korban Banjir Jakarta bersama CHANELMUSLIM
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284