ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 19 November 2019 | 22 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

7 Cara Mudah Memilih Kepiting Berkualitas dan Segar

24 October 2019 06:09:49
Cara memilih kepiting segar, tips dapur,
Crab (Sour:. producerbanner)

ChanelMuslim.com - Kepiting merupakan salah satu makanan laut yang sangat bagus kandungan nutrisinya. Daging kepiting kaya akan lemak menyehatkan dalam bentuk omega-3. Bahkan, cukup dengan mengonsumsi 100 gram daging kepiting, kita sudah memenuhi 45% kebutuhan omega-3 dalam sehari.

Nah, meski kepiting kaya akan gizi, tidak semua kita ahli dalam memilih kepiting yang segar, berdaging tebal dan berkualitas bagus. Tapi jangan putus asa, dilansir laman idn.times berikut tips memilih kepiting yang berkualitas bagus dan berdaging tebal:

1. Perhatikan Pergerakan Kepiting

Memilih kepiting yang masih hidup adalah pilihan terbaik. Perhatikan pergerakan kepiting saat hendak membeli. Pegang lah kepiting dan perhatikan pergerakannya. Jika kepiting agresif saat disentuh, berarti kepiting masih memiliki stamina yang bagus, sehat dan kuat.

2. Perhatikan Warna

Usahakan menghindari memilih kepiting yang terang dan mengkilap. Pilihlah kepiting dengan cangkang yang berwarna kusam dan tergores. Kepiting dengan warna cangkang yang lebih kusam dan bergores menunjukkan siap ganti kulit dan punya daging yang padat.

3. Periksa matanya

Pilihlah kepiting yang kedua matanya masih utuh dan bergerak. Mata yang masih sehat menandakan kepiting tersebut masih segar.

4. Tekan bagian siku

7 Cara Mudah Memilih Kepiting Berkualitas dan Segar

pixabay.com

Coba tekan bagian sikunya. Kepiting memiliki bagian siku yang lembut. Jika bagian tersebut ditekan dan kembali seperti semula, itu tandanya daging yang ada dalam cangkang berisi penuh.

5. Periksa capitnya

Tanda kepiting dewasa adalah capit yang besar dan digunakan dengan baik. Periksalah capit bagian kanan yang biasanya digunakan untuk menyerang mangsa, apakah bergigi tumpul atau tajam.

6. Periksa badan bagian bawah

Periksa badan kepiting bagian bawah atau perut untuk memilih kepiting jantan atau betina. Jika bagian perut menunjukkan alur membentuk segitiga dan runcing, maka kepiting tersebut jantan. Jika cenderung membulat, artinya kepiting betina.

Selain itu, coba tekan perut kepiting. Kalau keras sekali, kepiting itu punya daging yang padat.

Sebaliknya, kalau ditekan terasa kopong atau tidak kembali ke semula, maka bisa dikatakan daging bagian badan kurang padat atau kopong.

7. Aroma

Kepiting yang segar tidak memiliki bau. Hindari membeli kepiting dengan aroma yang tidak sedap atau amis. Selain itu, hindari juga membeli kepiting yang berbau amonia.

7 Cara Mudah Memilih Kepiting Berkualitas dan Segar

Nah, jika sudah mengetahui tipsnya. Kita bisa membeli kepiting dan mengolah menjadi aneka menu laut sesuai selera keluarga. Semoga bermanfaat sahabat muslim. [jwt/idn.times]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
cara memilih kepiting segar
tips dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
 
TIPS
09 September 2019 06:30:41

Wajib Tahu, Ini Beda Blender dan Food Processor

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284