USTAZ, mohon izin bertanya mengenai hukum shalat ghaib, apakah shalat ghaib itu tidak boleh dilaksanakan setelah shalat ashar dan shalat subuh?
Misalnya habis shalat subuh berjamaah di masjid langsung dilanjutkan dengan shalat ghaib?
Baca Juga:ย Hukum Shalat Sunnah Hajat
Hukum Shalat Ghaib/Jenazah Setelah Shalat Ashar
Oleh: Ustaz Farid Nu’man Hasan
Tentang shalat terhadap jenazah setelah ashar, baik secara ghaib atau tidak, ada perbedaan para ulama.
Pihak yang memakruhkan
Dalilnya adalah keumuman hadits:
ูุงูย ุตููุงูุฉูย ุจูุนูุฏูย ุงูุตููุจูุญูย ุญูุชูููย ุชูุฑูุชูููุนูย ุงูุดููู ูุณูุย ูููุงูย ุตููุงูุฉูย ุจูุนูุฏูย ุงูุนูุตูุฑูย ุญูุชูููย ุชูุบููุจูย ุงูุดููู ูุณู
Janganlah shalat setelah subuh sampai terbitnya matahari, dan janganlah shalat setelah ashar sampai terbenamnya matahari. (HR. Al Bukhari No. 586)
Juga hadits dari ‘Uqbah bin’ Aamir al Juhani Radhiallahu ‘Anhu, katanya:
ุซูููุงุซู ุณูุงุนูุงุชู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููููููุงููุง ุฃููู ููุตูููููู ูููููููู ุฃููู ุฃููู ููููุจูุฑู ูููููููู ู ูููุชูุงููุง ุญูููู ุชูุทูููุนู ุงูุดููู ูุณู ุจูุงุฒูุบูุฉู ุญูุชููู ุชูุฑูุชูููุนู ููุญูููู ูููููู ู ููุงุฆูู ู ุงูุธูููููุฑูุฉู ุญูุชููู ุชูู ูููู ุงูุดููู ูุณู ููุญูููู ุชูุถูููููู ุงูุดููู ูุณู ููููุบูุฑููุจู ุญูุชููู ุชูุบูุฑูุจู
“Ada tiga waktu, yang mana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah melarang kita untuk shalat atau menguburkan jenazah pada waktu-waktu tersebut. (Pertama), saat matahari terbit hingga ia agak meninggi.
(Kedua), saat matahari tepat berada di pertengahan langit (tengah hari tepat) hingga ia telah condong ke barat, (Ketiga), saat matahari hampir terbenam, hingga ia terbenam sama sekali.” (HR. Muslim no. 831)
Sebagian para sahabat nabi, Ibnul Mubarak, Ahmad, dan Ishaq, memakruhkan shalat jenazah setelah Ashar.
Imam At Tirmidzi Rahimahullah mengatakan:
ููุงููุนูู ููู ุนูููู ููุฐูุง ุนูููุฏู ุจูุนูุถู ุฃููููู ุงููุนูููู ู ู ููู ุฃูุตูุญูุงุจู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุบูููุฑูููู ู ููููุฑูููููู ุงูุตููููุงุฉู ุนูููู ุงููุฌูููุงุฒูุฉู ููู ููุฐููู ุงูุณููุงุนูุงุชู ู ููุงูู ุงุจููู ุงููู ูุจูุงุฑููู ู ูุนูููู ููุฐูุง ุงููุญูุฏููุซู ุฃููู ููููุจูุฑู ูููููููู ู ูููุชูุงููุง ููุนูููู ุงูุตููููุงุฉู ุนูููู ุงููุฌูููุงุฒูุฉู ููููุฑููู ุงูุตููููุงุฉู ุนูููู ุงููุฌูููุงุฒูุฉู ุนูููุฏู
ุทููููุนู ุงูุดููู ูุณู ููุนูููุฏู ุบูุฑููุจูููุง ููุฅูุฐูุง ุงููุชูุตููู ุงููููููุงุฑู ุญูุชููู ุชูุฒูููู ุงูุดููู ูุณู ูููููู ูููููู ุฃูุญูู ูุฏู ููุฅูุณูุญููู ููุงูู ุงูุดููุงููุนูููู ููุง ุจูุฃูุณู ููู ุงูุตููููุงุฉู ุนูููู ุงููุฌูููุงุฒูุฉู ููู ุงูุณููุงุนูุงุชู ุงูููุชูู ุชูููุฑููู ูููููููู ุงูุตููููุงุฉู
Hadits ini diamalkan oleh sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan yang lainnya. Mereka membenci shalat jenazah pada waktu tersebut.
Ibnu Mubarak berkata; ‘Makna kalimat hadits ini “mengubur orang yang meninggal di antara kita” maksudnya adalah shalat jenazah.’ Dia membenci (makruh) shalat jenazah ketika matahari terbit, ketika tenggelam dan ketika pertengahan siang sehingga matahari condong.
Ini juga merupakan pendapat Ahmad dan Ishaq. Asy Syafi’i berkata; ‘Tidak mengapa shalat jenazah pada waktu yang dibenci untuk melakukan shalat di dalamnya’.” (Sunan At Tirmidzi no. 1030)
Pihak yang membolehkan
Ini adalah pendapat mayoritas sahabat nabi baik Anshar dan Muhajirin, berserta Imam Asy Syafi’i dan pengikutnya.
Mereka mengatakan larangan tersebut bukanlah larangan shalat jenazah, tapi larangan mengubur jenazah sebagaimana bunyi haditsnya.
Ada pun larangan shalat maksudnya adalah shalat sunnah muthlaq, sedangkan shalat yang ada sebab khusus, tidaklah termasuk larangan.
Imam Al Bukhariย Rahimahullahย meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah shalat setelah Ashar disebabkan oleh tidak sempatnya Beliau melakukan rawatib zuhur berikut:
ููููุงูู ููุฑูููุจู ุนููู ุฃูู ูู ุณูููู ูุฉู ุตููููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุจูุนูุฏู ุงููุนูุตูุฑู ุฑูููุนูุชููููู ููููุงูู ุดูุบูููููู ููุงุณู ู ููู ุนูุจูุฏู ุงููููููุณู ุนููู ุงูุฑููููุนูุชููููู ุจูุนูุฏู ุงูุธููููุฑู
Kuraib berkata, dari Ummu Salamah: โNabi Shallallahu โAlaihi wa Sallam shalat setelah ashar sebanyak dua rakaat.” Beliau bersabda: โOrang-orang dari Abdul Qais telah menyibukkanku dari shalat dua rakaat setelah zhuhur.โ
(Shahih Bukhari, diriwayatkan secara muโallaq dalam Bab Maa Yushalla Baโdal โAshri wa Minal Fawaa-it wa Nahwiha)
Imam Badruddin Al โAiniย Rahmahullahย berkata:
ูุงู ุงููุฑู ุงูู ููุฐุง ุฏููู ุงูุดุงูุนู ูู ุฌูุงุฒ ุตูุงุฉ ููุง ุณุจุจ ุจุนุฏ ุงูุนุตุฑ ุจูุง ูุฑุงูุฉ
Berkata Al Kirmani: โIni adalah dalil bagi Asy Syafiโi tentang kebolehan shalatย setelah โAshar jika memiliki sebab, sama sekali tidak makruh.โ (โUmdatul Qari, 8/19)
Menurut Imam Al Aini sendiri – dia Hanafi- itu kekhususan bagi Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam saja. Namun, Syafiโiyah mengoreksinya bahwa tidak ada dasar klaim kebolehan itu khusus Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam saja.
Apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam adalah berlaku umum sampai adanya dalil yang menunjukkan itu khusus baginya saja.
Imam An Nawawi Rahimahullah menjelaskan makna hadits ‘Uqbah bin’ Amir al Juhani sebelumnya:
ุฃูููู ุงููููููู ุฅููููู ูุง ูููู ุนูู ููุง ููุง ุณูุจูุจ ูููู ุ ููุฃูููู ุงููููุจููู ุตููููู ุงููููู ุนููููููู ููุณููููู ู ุตููููู ุจูุนูุฏ ุงููุนูุตูุฑ ุฑูููุนูุชููููู ููุถูุงุก ุณููููุฉ ุงูุธููููุฑ ุ ููุฎูุตูู ููููุช ุงููููููู ููุตููููู ุจููู ุฐูุงุช ุงูุณููุจูุจ ุ ููููู ู ููุชูุฑูู ุงูุชููุญููููุฉ ููู ุญูุงู ู ููู ุงููุฃูุญูููุงู ุ ุจููู ุฃูู ูุฑู ุงูููุฐูู ุฏูุฎููู ุงููู ูุณูุฌูุฏ ููููู ุงููุฌูู ูุนูุฉ ูููููู ููุฎูุทูุจ ููุฌูููุณู ุฃููู ูููููู ููููุฑูููุน ุฑูููุนูุชููููู ุ ู ูุนู ุฃูููู ุงูุตููููุงุฉ ููู ุญูุงู ุงููุฎูุทูุจูุฉ ู ูู ููููุน ู ูููููุง ุฅููููุง ุงูุชููุญููููุฉ
“Sesungguhnya larangan tersebut adalah bersifat umum, jika dilakukan TANPA SEBAB. Justru Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah shalat setelah ashar sebagai qadha shalat sunah zhuhur.
Maka larangan ini tidak berlaku jika shalat tersebut memiliki sebab, dan shalat tersebut tidaklah ditinggalkan dalam keadaan apapun.
Bahkan Rasulullah pernah memerintahkan ketika beliau sedang khutbah Jumat kepada orang yang masuk ke masjid dan duduk, untuk melaksanakan shalat dua rakaat. Padahal, shalat ketika khutbah adalah terlarang, kecuali tahiyatul masjid (ada sebab).” (Syarh Shahih Muslim, 5/226)
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata:
ูุชุฎุชูู ุนู ุณุงุฆุฑ ุงูุตููุงุช ุงูู ูุฑูุถุฉุ ูู ุฃูู ูุง ูุดุชุฑุท ูููุง ุงูููุชุ ุจู ุชุคุฏู ูู ุฌู ูุน ุงูุงููุงุช ู ุชู ุญุถุฑุชุ ููู ูู ุฃููุงุช ุงูููู
โShalat jenazah itu berbeda dengan semua shalat wajib lainnya, yakni dia tidak disyaratkan dilakukan pada waktu tertentu, bahkan dia boleh dilaksanakan di semua waktu sepanjang jenazah itu ada, walau di waktu dilarangnya shalat.โ (Fiqhus Sunnah, 1/522)
Imam An Nawawi juga menegaskan kebolehan shalat jenazah setelah Ashar adalah ijma’. (Al Majmu’ Syarh Al Muhadzdzab, 4/174)
Imam Abul Hasan al Mawardi menjelaskan bahwa tidak ada larangan berdasarkan ijma’, sebab para sahabat nabi pernah shalat jenazah setelah Ashar dan tidak yang mengingkari baik Anshar dan Muhajirin saat itu:
ููุงูู ุงูุดููุงููุนูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู : ” ููููุตููููู ุนูููู ุงููุฌูููุงุฆูุฒู ููู ููููู ููููุชู ” .
ููุงูู ุงููู
ูุงููุฑูุฏูููู : ููููุฐูุง ุตูุญููุญู ุ ุงูุตููููุงุฉู ุนูููู ุงููู
ููููุชู ููุง ููุฎูุชูุตูู ุจูููุง ููููุชู ุฏูููู ููููุชู ุ ููููุง ุชูููุฑููู ููู ููููุชู ุฏูููู ููููุชู ุ ููููุฌููุฒู ููุนูููููุง ููู
ุงููุฃูููููุงุชู ุงููู ูููููููู ุนููู ุงูุตููููุงุฉู ูููููุง ุ ููููุฑููู ุฃูุจูู ุญููููููุฉู ููุนูููููุง ููู ุงููุฃูููููุงุชู ุงููู ูููููููู ุนููู ุงูุตููููุงุฉู ูููููุง ุ ุจูููุงุกู ุนูููู ุฃูุตููููู ููู ุงูุตููููููุงุชู ุงูููุชูู ููููุง ุฃูุณูุจูุงุจู ุ ููุงุณูุชูุฏูููุงููุง ุจูุฑูููุงููุฉู ุนูููุจูุฉู ุจููู ุนูุงู ูุฑู ููุงูู : ููููุงููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู {ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู ู} ุฃููู ููุตูููููู ุซูููุงุซู ุณูุงุนูุงุชู ุ ููุฃููู ููููุจูุฑู ูููููุง
ู ูููุชูุงููุง : ุญูููู ุชูุทูููุนู ุงูุดููู ูุณู ุจูุงุฒูุบูุฉู ุญูุชูู ุชูุฑูุชูููุนู ุ ููุญูููู ุชููููู ู ุงูุธูููููุฑูุฉู ุญูุชููู ุชูู ูููู ุงูุดููู ูุณู ุ ููุญูููู ุชูุตูููุฑูู ููููุบูุฑููุจู ุญูุชููู ุชูุบูุฑูุจู ” . ููุงูู ุงููู ูุงููุฑูุฏูููู : ููุงูุฏููููุงููุฉู ุนููููููู ู ูุง ููุฏููู ูููุงูู ู ูุนููู ู ููู ุงููููููุงู ู ููู ุฃูุตููู ููุฐููู ุงููู ูุณูุฃูููุฉู ุ ุซูู ูู ู ููู ุงูุฏููููููู ุนูููู ุนููููู ููุฐููู ุงููู ูุณูุฃูููุฉู : ู ูุง ุฑููููู ุฃูููู
ุนูููููู ุจููู ุฃูุจูู ุทูุงููุจู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ู ูุงุชู ููุตููููู ุนููููููู ุงููู ูููุงุฌูุฑูููู ููุงููุฃูููุตูุงุฑู ุนูููุฏู ุงุตูููุฑูุงุฑู ุงูุดููู ูุณู ุ ููููู ู ููุนูููู ู ุฃูุญูุฏู ุฃูููููุฑู ุฐููููู ููููุงูู ุฅูุฌูู ูุงุนูุง ุ ููููุฃููููููุง ุตูููุงุฉู ููููุง ุณูุจูุจู ุ ููุฌูุงุฒู ููุนูููููุง ููู ุฌูู ููุนู ุงููุฃูููููุงุชู ููุงููู ูููุฑููุถูุงุชู ุ ููุฃูู ููุง ุญูุฏููุซู ุนูููุจูุฉู ููููุง ุญูุฌููุฉู ููููู ุ ููุฃูููููู ููููู ุนููู ููุจูุฑู ุงููู ูููุชูู ููู ููุฐููู ุงููุฃูููููุงุชู ุ ููุฐููููู ุบูููุฑู ู ูู ููููุนู ู ููููู ุฅูุฌูู ูุงุนูุง .
โBerkata Asy Syafiโi Radhiallahu โAnhu: โShalat terhadap jenazah dilakukan pada setiap waktu.โ
Berkata Al Mawardi: โIni benar, shalat terhadap mayit tidaklah khusus pada waktu tertentu saja tanpa waktu lainnya, dan tidak dimakruhkan melakukannya di waktu tertentu tanpa waktu lainnya, dan dibolehkan pula melaksanakannya pada waktu-waktu terlarang.
Tetapi Abu Hanifah memakruhkannya jika dilakukan pada waktu-waktu terlarang shalat, termasuk shalat-shalat yang pada dasarnya memiliki sebab untuk dilaksanakan, dalilnya adalah riwayat dari โUqbah bin Amir, dia berkata:
โRasulullah Shallallahu โAlaihi wa Sallam melarang kami shalat pada tiga waktu dan juga melarang menguburkan mayit pada waktu-waktu tersebut, yakni: ketika matahari benar-benar terbit hingga meninggi, ketika matahari tegak di atas hingga bergeser, dan ketika matahari bergerak terbenam hingga dia benar-benar terbenam.โ
Berkata Al Mawardi: โInilah dalil hukum asal masalah ini seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya. Kemudian dalil khusus untuk masalah ini adalah telah diriwayatkan bahwa โAqil bin Abi Thalib Radhiallahu โAnhu wafat,
lalu dia dishalatkan oleh kaum muhajirin dan anshar ketika matahari menguning (bergerak terbenam, pen), dan tidak diketahui adanya seorang pun yang mengingkarinya, maka ini telah menjadi ijmaโ (kesepakatan), dan shalat tersebut menjadi sebab (dalil) dibolehkannya.
Maka dibolehkan melakukan (shalat jenazah) di semua waktu seperti shalat-shalat wajib, dan hadits dari โUqbah bin Amir bukanlah alasan untuk melarangnya, karena itu merupakan larangan menguburkan ayat pada waktu-waktu tersebut. Dan hal ini (shalat jenazah) tidaklah dilarang berdasarkan ijmaโ.โ (Al Hawi Al Kabir, 3/95)
Pendapat yang MEMBOLEHKAN ini lebih kuat, karena kebolehan shalat di waktu terlarang JIKA ADA SEBABNYA terjadi berkali-kali di masa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, sahabat, dan tabi’in.
Dari Aisyah Radhiallahun ‘Anha:
ุฑูููุนูุชูุงููย ููู ูย ููููููย ุฑูุณููููย ุงููููููย ุตูููููย ุงููููย ุนูููููููย ููุณููููู ูย ููุฏูุนูููู ูุงย ุณูุฑููุงย ูููุงูย ุนููุงูููููุฉู:ย ุฑูููุนูุชูุงููย ููุจูููย ุตููุงูุฉูย ุงูุตููุจูุญูุย ููุฑูููุนูุชูุงููย ุจูุนูุฏูย ุงูุนูุตูุฑู
Dua rakaat yang Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya, baik secara diam-diam dan terang-terangan; yaitu dua rakaat sebelum shalat subuh, dan dua rakaat setelah shalat Ashar. (HR. Bukhari No. 592)
‘Atha bercerita:
ุฃููููย ุนูุงุฆูุดูุฉูุย ููุฃูู ููย ุณูููู ูุฉูย ููุงููุชูุงย ุชูุฑูููุนูุงููย ุจูุนูุฏูย ุงููุนูุตูุฑู
Bahwa Aisyah dan Ummu Salamah shalat dua rakaat setelah ashar. (Abdurrazzaq, Al Mushannaf No. 3969. Dari Ashim bin Abi Dhamrah bahwa _Ali Radhiallahu โAnhu shalat dua rakaat setelah ashar di tendanya. (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 7352)
Hisyam bin Urwah bercerita:
ูููููุง ููุตููููู ู ูุนู ุงุจููู ุงูุฒููุจูููุฑู ุงููุนูุตูุฑู ููู ุงููู ูุณูุฌูุฏู ุงููุญูุฑูุงู ูุ ููููุงูู ููุตููููู ุจูุนูุฏู ุงููุนูุตูุฑู ุฑูููุนูุชูููููุ ูููููููุง ููุตูููููููู ูุง ู ูุนููู ูููููู ู ุตููููุง ุฎููููููู
Kami shalat Ashar di masjidil haram bersama _Abdullah bin Az Zubair, saat itu dia shalat dua rakaat setelah ashar. Kami shalat juga bersamanya dengan membuat shafย di belakangnya. (Abdurrazzaq, Al Mushannaf No.ย 3979)
Ibnu Aun bercerita, โAku melihat Abu Burdah bin Abi Musa shalat dua rakaat setelah ashar.โ (Ibnu Abi Syaibah, Al Mushannaf No. 7347)
Selain Aisyah, Ali, Abdullah bin Az Zubeir Radhiallahu ‘Anhum, masih banyak lagi generasi tabiโin yang shalat dua rakaat setelah Ashar, seperti Abu Syaโtsa, Al Aswad bin Yazid, Amru bin Husein, Abu Wail, Masruq, Syuraih,ย dan lainnya. (Lihat dalam Al Mushannaf Ibni Ab Syaibah No. 7347, 7348, 7350)
Demikian. Wallahu a’lam.[ind]