ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Bolehkah Menerima Pesanan Makanan untuk Pembaptisan

06 October 2020 13:15:01
Bolehkah Menerima Pesanan Makanan untuk Pembaptisan
Bolehkah Menerima Pesanan Makanan untuk Pembaptisan (foto: pexels)

oleh: Ustaz Slamet Setiawan

ChanelMuslim.com - Ustaz, saya mau bertanya, bolehkah kita menerima pesanan dari orang kristen untuk acara makan-makan keluarganya setelah acara pembaptisan cucunya? Orang ini pesan untuk hidangan prasmanan.

Jawaban Lajnah Daimah:

Islam adalah agama yang mengajarkan toleransi, mudah dan longgar, Islam adalah agama yang mengajarkan keadilan. Hukum seorang muslim yang memberikan pelayanan kepada nonmuslim itu perlu dirinci tergantung maksud dari memberikan pelayanan.

Pertama, jika maksud dari memberikan pelayanan adalah maksud yang terpuji menurut syariat yaitu ingin membangun kedekatan hubungan dengan orang kafir tersebut sehingga terbukalah jalan untuk mendakwahkan Islam kepadanya dan menyelamatkannya dari kekafiran dan kesesatan maka ini adalah maksud yang mulia. Sedangkan di antara kaidah baku dalam syariat adalah hukum sarana itu sebagaimana hukum tujuan. Jika mewujudkan suatu tujuan hukumnya wajib, maka menjalankan sarana menuju kewajiban tersebut hukumnya adalah wajib pula. Sebaliknya, jika tujuannya adalah perkara haram, maka sarana yang mengantarkan kepada tujuan tersebut hukumnya juga haram. Demikian seterusnya.

Kedua, jika tidak ada tujuan yang terpuji menurut syariat dari memberikan pelayanan kepada non muslim itu, maka tidak boleh memberikan pelayanan (artinya, hukum menjadi pembantu rumah tangga di rumah non muslim hukumnya adalah haram, pen.). Dua rincian di atas berlaku jika pelayanan yang diberikan adalah pelayanan dalam perkara yang hukumnya mubah.

Ketiga, memberikan pelayanan kepada non muslim dalam bentuk menyajikan dan menyuguhkan makanan dan minuman yang haram semisal daging babi dan khamr, maka itu tidak diperbolehkan secara mutlak karena memuliakan mereka dengan melakukan hal tersebut adalah maksiat kepada Allah dan menaati mereka dalam maksiat serta lebih mengutamakan hak mereka, manusia kafir, dari pada hak Allah. Wajib bagi setiap muslim untuk berpegang teguh dengan ajaran agamanya.

Menyuguhkan makanan kepada mereka di siang hari bulan Ramadhan itu sama sekali tidak diperbolehkan karena tindakan tersebut tergolong membantu mereka untuk melakukan apa yang Allah haramkan. Suatu hal yang sudah dimaklumi dalam syariah bahwa orang kafir itu terbebani pokok syariah (yaitu masuk Islam) dan terbebani berbagai kewajiban agama. Tidaklah diragukan bahwa puasa Ramadhan itu termasuk rukun Islam, maka mereka non muslim memiliki kewajiban untuk puasa Ramadhan setelah memenuhi syarat sah puasa yaitu masuk Islam. Tidak boleh bagi seorang muslim untuk membantu mereka untuk meninggalkan kewajiban yang Allah bebankan kepada mereka.

Sebagaimana tidak boleh bagi seorang muslim untuk memberikan pelayanan kepada non muslim dalam bentuk merendahkan dan menghinakan dirinya sebagai seorang muslim semisal menyuguhkan makanan kepada mereka.

Fatwa ini ditandatangani oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Abdurrazzaq Afifi, Abdullah bin Ghadayan dan Abdullah bin Qaud. (Fatawa Lajnah Daimah, jilid:14 Hal. 474-475, fatwa no. 1850).[ind]

Sumber: www.manis.id

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
bolehkah menerima pesanan makanan untuk pembaptisan
 
BERITA LAINNYA
 
 
SYARIAH
26 August 2020 10:17:27

Cara Duduk Makmum Masbuk saat Tasyahud Akhir

 
SYARIAH
02 July 2020 22:44:10

Penjual Mematok Harga Seikhlasnya

 
SYARIAH
08 July 2020 21:04:25

Hukum Menggunakan Khadam

 
SYARIAH
13 September 2019 22:16:58

Di antara Adab Murid Kepada Guru adalah Mendoakannya

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284