ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 08 Juli 2020 | 18 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Pernikahan Adalah Perbudakan

09 April 2018 10:19:05
#marriage #suami #istri #islam
pexels.com

ChanelMuslim.com - Aisyah RA. Berkata, “Pernikahan itu perbudakan karena itu hendaklah seseorang memperhatikan di tempat mana ia lepaskan anak perempuannya.”

Ketika membaca judul dari tulisan ini, mungkin banyak yang akan melayangkan protesnya. Seolah tulisan ini akan mencela arti pernikahan. Tapi sebelumnya mari kita renungi dengan baik perkataan ibunda Aisyah RA di atas. Perkataannya itu semestinya menjadi sebuah perenungan besar bagi para muslimah. Sebelum ia menjatuhkan pilihan pada lelaki mana yang akan dia damping sepanjang usianya.

Setiap hari terdengar cerita istri-istri yang terluka hatinya karena ulah suaminya. Suami yang melakukan KDRT, suami yang selingkuh, suami yang pelitlah, dan beragam cerita lainnya. Mungkin ada benarnya jika para orangtua meminta kita untuk melihat bibit, bebet dan bobot seseorang ketika kita akan menikah. Namun yang lebih penting dari itu adalah penjagaan Allah SWT yang terus menerus kita pinta dalam bait-bait doa kita.

Siapa yang tidak ingin memiliki suami tampan, cerdas, kaya dan baik hati. Namun jangan lalu merendahkan standar keimanan laki-laki yang akan kita pilih sebagai suami. Karena tujuan pernikahan tidak terbatas hanya pada tujuan duniawi. Pernikahan itu hingga ke surga, in syaa Allah.

Pernikahan adalah ibadah. Dalam ibadah itu, muslimah memegang peranan penting dalam mendampingi suami. Bagaimana jadinya jika suami yang kita dampingi memiliki perangai yang buruk, hati yang kasar, perkataannya menyakiti dan tidak ada iman di dalam hatinya. Kesengsaraanlah jadinya.

Tetapkanlah iman sebagai standar dalam pilihan pasangan hidup. Suamilah yang akan memimpin keluarga. Ia harus beriman dan berakhlak baik. Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya dan orang yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik perlakuannya kepada istrinya (perempuan).” (HR. Tirmidzi)

Maka muslimah berhati-hatilah dalam memilih suamimu yang akan kau berikan ketaatanmu padanya. Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya’nya berkata, “Berhati-hatilah dalam menjaga hak anak perempuan. Sebab melalui pernikahan, dia akan menjadi budak yang tak gampang bisa lepas, sedangkan suaminya bisa bebas mentalaknya kapan saja ia suka.”

(Maya Agustiana)  

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
marriage
suami
istri
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
16 August 2018 13:51:37

Kesabaran Hajar Teladan untuk Para Istri

 
ADVERTORIAL
08 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
SUAMI ISTRI
17 June 2020 11:52:48

Alasan Suami Tidak Hadir Secara Emosional

 
SUAMI ISTRI
08 August 2019 10:01:23

LDR Selama Dua Tahun, Mas Yusuf Ditipu Calon Istri

 
SUAMI ISTRI
24 December 2019 23:34:15

Menangkap Bahasa Lain Perempuan (2)

 
SUAMI ISTRI
23 August 2018 12:19:34

Cinta itu Ujian

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga