ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 05 Juli 2020 | 15 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Setelah Perceraian Anak Saya Sering Merindukan Ibunya

03 June 2020 07:31:09
Anak,rindu,ibu,setelah,perceraian
aboutislam.net

ChanelMuslim.com -

As-salamu `alaikum,

Anak saya berusia 8 tahun. Ibunya dan saya bercerai ketika dia berumur satu tahun, dia tinggal bersama ibunya selama 4 tahun pertama tetapi seiring waktu saya telah berjuang untuk lebih banyak waktu dan sekarang kami berbagi pengasuhan hampir 50/50. Ketika dia kecil dia terkadang menangis untuk ibunya tetapi tidak lagi. Ibunya juga memiliki kesulitan untuk berpisah darinya - dia membuat perpisahan terlalu lama, menjadi emosional sendiri, dan umumnya menambah kesedihannya.

Saya sudah mencoba berbicara dengannya tentang itu tetapi tidak ada yang berubah. Malam ini anakku menangis menjelang tidur karena dia merindukan ibunya. Apakah ini normal pada jam 8?

Dan apa yang harus saya lakukan?

Saya katakan padanya tidak apa-apa untuk merindukannya tetapi saya juga berpikir itu terkait dengan dia mendapat masalah sebelum tidur.

Saya merasa sedih untuknya, tetapi saya ingin membantunya menikmati situasi keluarganya dan tidak merasa sebagai korban. Ada saran?

Hannah Morris seorang ibu dari 4 anak dan saat ini ia bekerja sebagai Penasihat dan Instruktur BSc. Psikologi di Islamic Online University (IOU). Dia memperoleh gelar MA dalam Psikologi dan memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman bekerja di pengaturan perawatan kesehatan dan sosial di Inggris, Amerika Serikat, dan Irlandia. Halaman Facebook pribadinya, ActiveMindCare, mempromosikan kesejahteraan psikologis di umat. Kali ini ia memberikan saran kepada seorang ayah tentang pengasuhan anak lelaki yang terpisah dari ibunya.

Terkadang pernikahan tidak berhasil dan berakhir dengan perceraian. Ketika ada anak-anak yang terlibat, ini dapat membuat segalanya menjadi jauh lebih sulit.

Namun, mungkin anak dapat memiliki pengasuhan yang jauh lebih baik dibesarkan oleh mereka secara terpisah karena Anda bersama mantan istri Anda daripada tinggal bersama dan memaparkan anak-anak pada hubungan orangtua yang buruk, yang dalam banyak kasus memiliki efek yang lebih buruk pada anak daripada perceraian!

Namun, mengelola hubungan ketika ada perceraian bisa jadi sangat menantang seperti yang Anda ketahui sekarang. Hal yang tak terhindarkan bisa jadi sangat sulit bagi anak yang terlibat dan mereka akan melalui serangkaian tekanan emosi juga dan mungkin tidak cukup tahu bagaimana mengelolanya, jadi mungkin, seperti yang dilakukan putra Anda, akhirnya banyak menangis ketika mereka merindukan orangtua yangvtidak tinggal bersamanya. Anda melakukan hal yang benar dengan meyakinkannya bahwa tidak masalah baginya untuk merindukan ibunya. Ini akan membantunya memahami bahwa Anda memahami perasaannya dan akan membuatnya lebih mudah untuk berbicara tentang emosinya kepada Anda selama masa sulit ini. Ini akan sangat membantu dia.

Namun, Anda juga menyatakan khawatir bahwa mungkin dia hanya mengatakan ini karena dia bisa sedikit nakal menjelang tidur. Ini mungkin juga terjadi, karena anak-anak dalam situasi ini juga dapat belajar, bahwa jika perpisahan tidak dikelola sedemikian rupa sehingga orangtua masih terus bekerja sama satu sama lain di luar perceraian maka mereka dapat mengambil keuntungan dari hal ini juga. Dengan mengingat hal ini, Anda harus memastikan bahwa setiap percakapan yang berpotensi akan sulit yang mungkin Anda miliki dengan ibunya tidak dilakukan di hadapannya. Misalnya, jika dia mendengar Anda mengatakan padanya untuk berhenti membuatnya berpisah begitu lama dan emosional maka ini mungkin berdampak pada perilakunya.

Cara Anda bisa mengatur perilakunya di waktu tidur adalah bahwa mungkin Anda bisa mengizinkannya menelpon ibunya sebelum ia pergi tidur sehingga ia mungkin tidak begitu sedih karena merindukannya sebelum ia tidur.

Anda juga bisa mengucapkan doa bersama sebelum tidur dan termasuk mengucapkan doa untuk ibunya juga dan biarkan dia merasa terhibur bahwa dia mengingat ibunya sebelum tidur dan bahwa dia telah meminta kepada Allah hal-hal baik untuknya.

Dengan cara ini dia tidak diperlakukan sebagai korban dan Anda masih bisa mengendalikan situasi, tetapi Anda masih menjawab kebutuhannya dengan cara yang memungkinkannya memikirkan ibunya dengan cara yang lebih positif sebelum tidur, daripada menangis. karena dia merindukannya. Sementara itu, teruslah memelihara lingkungan yang penuh kasih di rumah, mempertahankan peran Anda sebagai ayah sebagai kepala rumah tangga, tetapi juga bersenang-senang melakukan hal-hal yang ia sukai juga. Ini akan membantu menenangkan kecemasannya seputar situasi baru tahanan bersama ini. Namun, penting untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat agar Anda tidak memanjakannya untuk mengkompensasi kesulitan dibesarkan dalam perpisahan, atau ia mungkin menjadi anak yang manja dan mengambil keuntungan dari ini. Dia juga perlu tahu bahwa hidup bukan hanya tentang bersenang-senang. Ada waktu untuk duka dan kesulitan, tetapi dia juga memiliki tanggung jawab lain juga; untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya, mempelajari Alquran dan lainnya.

Perceraian adalah situasi yang sulit bagi kita semua, tetapi yakinlah bahwa jika hubungan itu tidak berhasil untuk Anda dan ibunya maka cara Anda membesarkannya sekarang lebih baik baginya.

Anda akan menghadapi kesulitan di sepanjang jalan, tetapi dengan kesabaran, Anda akan mengatasinya dan mempelajari pendekatan yang paling efektif untuk mengelola situasi yang terbaik bagi Anda, ibunya dan putra Anda.

Semoga Allah memberi Anda semua kemudahan selama masa-masa sulit ini dan semoga Allah memberi Anda kesabaran dan kekuatan untuk terus bertahan demi semua yang terlibat bahwa putra Anda akan tumbuh menjadi pemuda yang kuat dan saleh yang akan menjadi kesejukan mata Anda mata. [My/aboutislam.net]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
anak
rindu
ibu
setelah
perceraian
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
01 May 2018 20:50:32

Tips Membawa Anak-Anak ke Mall

 
ADVERTORIAL
05 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
PARENTING
12 March 2019 10:13:00

Mencari Teladan dari Seorang Ibu Single Fighter

 
PARENTING
29 May 2018 17:09:12

Kurikulum Pembelajaran Islam yang Komprehensif

 
PARENTING
03 December 2019 08:00:01

Persaingan antar Saudara

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284