ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 29 Mei 2020 | 7 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mengatasi Ribet dan Stresnya Di Rumah Saja

28 March 2020 08:09:49
corona,di,rumah,aja,stres
pexels.com

ChanelMuslim.com – Dengan terus bertambahnya kasus Covid 19 di negara ini, kita dihantui ketakutan. Pemberlakuan Bekerja dari Rumah dan Sekolah dari Rumah entah sampai kapan selesai masa berlakunya. Setiap hari jumlahnya semakin bertambah. Ya, Ini adalah masa yang tidak pasti dan menakutkan bagi kita semua.

Bagi orangtua yang menjadi perhatian adalah bagaimana membuat semua anggota keluarga tetap merasa nyaman di tengah pemberlakukan #dirumahaja dan social distancing ini. Mari kita urai persoalan yang tengah kita hadapi.

Anak-anak Mengalami Stres

Anak-anak kita mulai merasa bosan karena ruang gerak mereka dibatasi. Belum lagi kewajiban menyelesaikan tugas dari sekolah. Anak-anak mulai mengalami stres. Sebagai orang tua (dan mungkin terutama sebagai ibu) kita memiliki naluri untuk melindungi anak-anak kita dari betapa menakutkannya dunia ini.

Ketika virus pertama kali diumumkan, kita langsung memberi tahu anak-anak untuk selalu mencuci tangan dan ekstra hati-hati terhadap "orang sakit."

Ketika sekolah ditutup dan kita mencoba menjelaskan kepada anak-anak alasannya, anak-anak pun berkata, “Kami tahu. Itu karena coronavirus. "

Ini membuat kita sadar bahwa anak-anak mungkin tahu lebih banyak daripada yang kita sadari. Inilah saatnya untuk berbicara kepada mereka tentang mengapa kita merasa takut dan bertanya kepada mereka apakah mereka takut atau apakah mereka memiliki pertanyaan.

Ada baiknya kita mengajarkan anak-anak tentang iman kepada Allah dan juga memberitahu mereka bahwa rumah adalah tempat yang paling aman saat ini, maka harus dijaga. Kita mungkin akan terkejut melihat betapa lebih santainya anak-anak menghadapi kejadian ini setelah kita menjelaskan situasi ini pada mereka.

Saya harus bekerja! Bagaimana Saya Dapat Mendukung Studi Anak-Anak Saya?

Ini juga pertanyaan yang juga sering dilontarkan orang lain.

Pertama, apakah suami Anda bekerja? Jika dia juga di rumah, penting untuk membagi tugas di antara kalian berdua, karena pekerjaan Anda sama pentingnya dan akan sehat bagi anak-anak Anda untuk mendapatkan dukungan dari kedua orang tua.

Jika dia keluar dari pekerjaan saat ini, maka anak-anak harus menjadi fokus utamanya. Jika dia keluar dari rumah untuk bekerja, lakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan dan pada hari liburnya minta dia mengambil alih.

Ada saran praktis: tanyakan setiap homeschooler dan mereka akan memberi tahu Anda bahwa Anda tidak perlu mengisi hari anak-anak Anda dengan delapan jam akademisi.

Saya pribadi menyarankan Anda untuk memilih satu atau dua mata pelajaran sehari dan minta mereka melakukan beberapa jam untuk membantu di rumah. Pada saat-saat seperti ini, ketika tingkat stres semua orang tinggi, lebih penting untuk menjaga kesejahteraan emosional anak-anak Anda daripada akademisi.

Gagasan Praktis untuk Anak-anak dari Beberapa Usia Berbeda

Berikut adalah beberapa ide praktis untuk anak-anak dari berbagai usia;

Untuk anak usia 10 tahun buat mereka melakukan hal berikut:

- Untuk latihan menulis, buat jurnal tentang pemikiran / perasaan / pengalamannya bagaimana semuanya berbeda hari ini.

- Untuk membaca, berikan waktu yang hampir tidak terbatas pada buku dan gadgetnya, tetapi hanya untuk membaca - bukan untuk bermain game.

- Untuk studi sosial, minta mereka membaca berita yang sama dari dua sumber yang berbeda (misalnya: FOX vs CNN) dan membandingkan perbedaannya.

- Untuk fisik, minta mereka mengendarai sepedanya atau melakukan latihan kebugaran.

Untuk putri usia 6 tahun:

-Untuk menulis / membaca, minta dia menuliskan semua kata-kata yang dilihatnya untuk menambah kosa kata dan membacanya kembali.

-Untuk seni, biarkan dia menggunakan krayon atau pensil warna kesukaannya untuk menggambar keluarga.

-Untuk ilmu pengetahuan, membuat kue bersama dan berbicara tentang bahan-bahan yang jenisnya berbeda.

-Untuk latihan matematika, biarkan bermain game edukatif di tablet

Untuk anak usia 4 tahun:

-berlatih satu surat quran sehari dengannya

-Mengikuti video yoga anak-anak di YouTube untuk berolahraga

-Dia "membantu" melakukan pekerjaan rumah dan kemudian dijelaskan apa manfaatnya

Ayah bisa mengambil alih pelajaran membaca al quran dan pengetahuan Islam kepada anak-anak dan juga meninjau shalat anak-anak.

Sekali lagi, kegiatan ini tidak semuanya dilakukan setiap hari. Hanya satu atau dua hari setiap hari. Dan jangan khawatir jika anak-anak Anda mendapatkan lebih banyak waktu dengan gadget daripada biasanya.

Apa yang Dapat Saya Lakukan untuk Merasa Normal?

Hal terbaik yang harus kita lakukan adalah mengikuti pedoman dari Pemerintah di daerah Anda.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah mencoba memiliki waktu keluarga setiap hari. Berdoalah bersama, karena Anda semua di rumah bersama. Makan bersama. Nikmati film keluarga atau permainan keluarga. Ini adalah hal-hal yang akan diingat anak-anak Anda di tahun-tahun mendatang, bukan seberapa baik Anda menjaga mereka tetap belajar.

Banyak informasi buruk yang beredar di luar sana, jadi batasi aktifitasa bermedia sosial Anda. Jangan sholat berjamaah di masjid, meski beberapa orang mengatakan bahwa Allah akan menyelamatkan mereka karena mereka sedang sholat.

Ingat, Nabi (saw) memberi tahu orang-orang untuk shalat di rumah daripada datang ke sholat karena hujan. Jika cuaca buruk adalah alasan yang cukup baik untuk berdoa dari rumah, maka pandemi dengan tingkat kematian 1-3% tentu saja menjadi alasan yang sangat masuk akal.

Allah tidak menjamin bahwa manusia akan selamat hanya karena mereka sedang sholat. Sangat penting untuk menjaga pedoman jarak sosial. Anggap saja itu seperti mengikat unta Anda dan kemudian percaya pada Allah. Jangan melakukan kumpul-kumpul atau social activity. Lebih baik di rumah saja.

InsyaAllah saran ini akan membantu, Saudari. Dalam kondisi seperti ini, mempertahankan "kenormalan" itu sulit, tetapi jika kita semua melakukan bagian kita dan mematuhi pedoman yang ditetapkan untuk keselamatan publik, kita akan dapat kembali ke normal lebih cepat.

Tetap sehat dan semoga Corona segera pergi!

[My/aboutislam.net]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
corona
di
rumah
aja
stres
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
20 September 2018 11:09:31

Ibu, Mata Air Kehidupan

 
PARENTING
13 February 2020 19:32:22

Ayah Galau

 
PARENTING
10 July 2018 06:21:36

Melepas Anak “Merantau” ke Pesantren

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284